Feature

PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu

Halaman 2

3. Aktifkan "High Performance" Pada Power Plan


Sumber: popularmechanics

Cara yang satu ini mungkin hanya berlaku bagi kamu gamer laptop gaming sebagai perangkat gaming. Biasanya, secara default sebuah laptop akan mengaktifkan "Power Saver" pada pengaturan power plan demi penggunaan baterai yang lebih irit. Makanya, kebanyakan orang merekomendasikan ketika memainkan game di laptop harus sambil charging. Padahal, tanpa charging juga bisa dan hanya perlu mengaktifkan "High Performance" melalui menu Power Plan di Windows.

4. Turunkan settingan grafis in-game


Sumber: Final Fantasy XV Windows Edition

Cara yang satu ini emang agak konyol, ya tapi emang harus dilakukan bagi kamu yang ingin memainkan game namun terkendala oleh spesifikasi PC yang kurang mumpuni. Pilihan kualitas grafis "low" memang diberikan oleh para developer agar pengguna dengan PC berspesifikasi kurang memadai tetap bisa memainkan game yang mereka rilis. Tapi tenang aja, beberapa game dengan grafis fantastis meski sudah menggunakan setting low, tetap menyuguhkan kualitas grafis yang tetap fantastis kok.

5. Overclock


Sumber: Doc. KotakGame

Menggunakan cara yang satu ini sepertinya sudah memasuki ranah yang rada ekstrim nih Kotakers. Mungkin beberapa dari kamu tidak berani menggunakan cara ini, tetapi cara ini bisa dibilang adalah cara yang ampuh. Beberapa komponen yang umumnya di overlock adalah kartu grafis, prosesor, ataupun RAM yang cukup memberikan dampak pada performa bermain game.

Nah, untuk meng-overlock komponen tersebut juga berbeda-beda. Misalnya kartu grafis yang bisa di overlock menggunakan MSI Afterburner. Untuk prosesor dan RAM memiliki cara-cara yang berbeda, tergantung platform yang digunakan. AMD atau Intel? Generasi ke berapa? Chipset apa? Emang ribet, tapi jika berhasil dinaikan sedikit, maka performanya akan cukup berdampak.

6. Bersihkan Cache yang Menumpuk

Sumber: CC Cleaner

Bagi kamu yang masih asing, cache adalah file yang tersimpan sementara di memory PC kamu, entah untuk software apapun yang tentunya membutuhkan ruang penyimpanan juga. File cache disini bisa akan terus menumpuk setiap saat seiring kamu memainkan menjalankan software/game atau terjadi update di Windows itu sendiri.

Maka dari itu, kru KotGa merekomendasikan untuk kamu rutin menghapus cache secara rutin agar game yang kamu mainkan tetap optimal. Jika kamu tidak mau ribet, kamu bisa menggunakan software seperti CCLeaner yang memiliki satu paket untuk membersihkan cache atau temporary files yang cukup menganggu.

7. Upgrade PC


Sumber: New York Times

Jika PC kamu memang sudaha mentok dan tidak bisa meningkat lagi performanya upgrade PC adalah jalan yang terbaik. Namun, upgrade PC untuk meningkatkan performa besar-besaran bukan berarti membutuhkan biaya yang besar. Untuk awal-awal, kamu bisa membeli SSD terlebih dahulu. SSD sendiri sekarang sudah terbilang murah dan bisa meningkatkan performa PC kamu berkali-kali lipat dalam urusan loading.

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
Nah, itu beberapa tips untuk kamu yang menggunakan PC yang biasa saja tau bahkan PC "kentang", agar setidaknya kamu bisa memainkan game berat yang diinginkan dengan lebih lancar dibanding sebelumnya.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru