Feature

Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan

PC adalah sebuah platform gaming yang bisa dibilang multifungsi. Tidak cuma sekedar memainkan game saja, melainkan juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti mendengarkan lagu, nonton film, ataupun mengerjakan pekerjaan sehari-sehari. Hal tersebut mengapa banyak banget PC master race yang berjamuran di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain itu, faktor "harga terbaik" untuk performa yang maksimal adalah yang menjadi pertimbangan utama merakit sebuah PC gaming. Hal inilah yang ditawarkan AMD melalui prosesor Ryzen selama beberapa tahun belakangan ini.

Nah, pada artikel ini kru KotGa bakal memberitahukan nih kepada kalian, racikan yang paling pas jika kamu ingin merakit sebuah PC gaming dengan AMD Ryzen 3000. Pada artikel ini kru KotGa anggap kalian sudah memiliki keyboard, monitor, mouse, dan speaker ataupun headset. Tetap ngebut meski murah, inilah rekomendasi rakit PC gaming dengan AMD Ryzen 3000!

Baca ini juga :

» Bikin PC Kentang Nangis! Inilah 10 Game PC dengan Grafis Paling Fantastis Sejauh Ini
» Mabar Asyik! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Jangan Terpaku Nostalgia! Rekomendasi Game Farming yang Lebih Superior dari Harvest Moon BTN!
» Auto Denger Suara Step Musuh, Rekomendasi Earphone 300 Ribu Buat Main PUBG Mobile
» Banyak yang Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
Harganya terbilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah PC gaming dan hanya memerlukan budget sampai IDR 10 juta dan memiliki performa yang cukup memuaskan. Berikut rekomendasi spesifikasinya!

  • Prosesor: AMD Ryzen 5 3600XT = IDR 3.899.000
  • Motherboard: ASRock B450M-HDV = IDR 1.069.000
  • GPU: Zotac GeForce GTX 1660 SUPER 6GB DDR6 AMP Edition = IDR 3.625.000
  • RAM: GEIL DDR4 AMD EDITION EVO POTENZA 2666MHz 2x8GB = IDR 930.000
  • SSD: V-GeN SSD M.2 256GB = IDR 438.000
  • PSU: FSP HV PRO 550W 80+ = IDR 594.000
  • Casing: CUBE GAMING ZERV = IDR 420.000

Total: IDR 10.975.000
AMD resmi luncurkan prosesor baru AMD Ryzen 9 3900XT, Ryzen 7 3800XT, dan Ryzen 5 3600XT dengan memberikan peningkatan frekuensi yang dibuat khusus untuk para antusias dan gamer yang menginginkan performa terbaik dari seri yang sama dari sebelumnya.

Ryzen 5 3600XT memiliki 6 core dan 16 thread dengan kecepatan clock speed hingga 4.5Ghz. Salah satu fitur andalan Ryzen 3000 dan menarik perhatian adalah dukungan PCIe Gen4 yang akan membuat kartu grafis akan jauh lebih optimal dan ngebut. Disisi lain, fitur Precision Boost Overdrive dan XFR telah disempurnakan oleh pihak AMD.

Melalui spesifikasi yang dimilikinya, Ryzen 5 3600XT tidak hanya cocok untuk digunakan memainkan berbagai game kekinian, tetapi juga bagi para content creator yang cukup intens menggunakan pengolah grafis atau video, agar lebih cepat dalam me-render sebuah gambar ataupun video.

Dapur pacu untuk memainkan game kekinian? Kru KotGa memilih Zotac NVIDIA GeForce GTX 1660 Super. Kartu grafis terbilang cocok dengan spesifikasi ini dan memiliki performa di atas GTX 1070. Untuk spesifikasinya, GTX 1660 Super memiliki 1408 CUDA cores dengan memory 6GB GDDR6. Karena harganya yang lebih murah, tentu saja GTX 1660 Super tidak mendukung real-time ray tracing. Meski begitu, performa tanpa menggunakan fitur RTX tersebut tidak kalah hebatnya dengan RTX 2060.

Untuk urusan penyimpanan, zaman sekarang tidak menggunakan SSD? Segala macam aplikasi dan sistem operasi akan sangat lebih lancar dan optimal juga menggunakan SSD. Untuk sementara, menggunakan 240GB SSD sudah cukup untuk menyimpan sedikit game dan sistem operasi. Sisanya nanti kamu bisa menabung untuk membeli harddisk.

Untuk urusan PSU, kru KotGa memilih FSP HV PRO 550W 80+ karena kualitas dan brand yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Setidaknya dengan kemampuannya tersebut, kamu masih bisa menggunakannya untuk beberapa tahun kedepan dengan upgrade yang lebih canggih nantinya.

Untuk urusan casing sebenarnya bisa tergantung seleranya pengguna. Namun kru KotGa pribadi merekomendasikan Cube Gaming Zerv karena bentuknya yang terbilang minimalis dan keren dengan fitur tempered glass serta psu cover. Memang dari segi build quality terlihat meragukan karena harganya yang sangat murah, namun sudah lebih dari cukup untuk PC gaming dengan budget terbatas ini.

Baca ini juga :

» Bikin PC Kentang Nangis! Inilah 10 Game PC dengan Grafis Paling Fantastis Sejauh Ini
» Mabar Asyik! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Jangan Terpaku Nostalgia! Rekomendasi Game Farming yang Lebih Superior dari Harvest Moon BTN!
» Auto Denger Suara Step Musuh, Rekomendasi Earphone 300 Ribu Buat Main PUBG Mobile
» Banyak yang Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
Dengan spesifikasi diatas, kamu bisa memainkan game terkini menggunakan resolusi 1080p yang tentunya dengan settingan rata kanan hampir di semua game kekinian dengan framerate yang memuaskan tentunya.

  • Devil May Cry V: Ultra - 183 FPS
  • PUBG: Ultra - 99 FPS
  • Battlefield V: Ultra - 88 FPS
  • Assassin's Creed Odyssey : High - 90 FPS
  • The Witcher 3: Ultra - 63 FPS

Harga mantap, tidak pakai mahal, mungkin memang adalah kata yang tepat menggambarkan spesifikasi di atas. Meski harganya mencapai IDR 10 juta, performa yang ditawarkan cukup masuk akal dan akan bertahan setidaknya sampai dua atau tiga tahun kedepan jika kamu tidak merencanakan upgrade dalam waktu dekat.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru