Feature

Wibu Merapat! 15 Mobile JRPG Terbaik yang Wajib Kamu Coba Mainkan

Halaman 4

11. Avabel Lupinus


Asobimo adalah salah satu developer Jepang yang dikenal dengan berbagai macam MMORPG besutannya, terutama untuk perangkat mobile. Sukses dengan TORAM Online dan berbagai judul lainnya seperti Avabel, Stellacept, Celes Arca, hingga Alchemia Story, Asobimo masih terus menerus mengeluarkan JRPG terbarunya untuk perangkat mobile.

Avabel Lupinus adalah open-world MMORPG bergaya anime ala Asobimo dengan desain karakter 3D yang cukup menarik. Untuk saat ini, sudah ada 8 class yang bisa dipilih gamer sesuai dengan gaya bermain. Jika dilihat sekilas, sepertinya Avabel Lupinus mengambil konsep yang tidak jauh berbeda seperti TORAM Online, namun dengan pendekatan yang lebih kekinian.

12. Final Fantasy XV Pocket Edition


Square Enix telah telah merilis Final Fantasy XV: Pocket Edition pada tahun 2018 lalu. Final Fantasy XV yang diperuntukkan untuk perangkat mobile ini bisa menjadi alternatif gamer yang tidak memiliki konsol maupun PC tetapi sangat ingin mengetahui jalan cerita Final Fantasy XV dengan bermain game-nya.

Menariknya, episode pertama dari game ini akan ditawarkan secara gratis, agar para gamer dapat menilai kualitasnya sebelum membeli sisa episode lainnya. Episode 2 dan 3 akan dibanderol di harga 120 yen atau sekitar Rp. 14.000. Sementara episode 4 sampai 10 dibanderol masing-masing dengan harga 480 yen atau sekitar Rp. 57.000.

13. Valkyrie Profile: Lenneth


Square Enix memang dikenal sebagai salah satu developer JRPG terbaik di era 90-an dulu, tapi saat ini mereka lebih banyak membawa kekecewaan kepada para fans. Valkyrie Profile yang diharapkan hadir kembali di konsol, malah hadir di versi mobile. Namun, tentunya ini cukup menggembirakan bagi fans pendatang baru yang belum sempat memainkan game originalnya di PSP.

Jika kamu masih asing dengan seri ini, Valkyrie Profile: Lenneth adalah versi enhanced dari seri originalnya yang dirilis pada tahun 1999 lalu. Dalam game ini kamu berperan sebagai seorang Goddess Valkyrie bernama Lenneth, dimana dia harus melakukan perjalanan untuk mencari jiwa para pahlawan di seluruh tanah Midgard. Bersama pengikutnya, dia berusaha untuk menghentikan perang Ragnarok yang mengancam kehidupan dunia. Walaupun tidak cukup populer, franchise JRPG ini memiliki kualitas yang luar biasa dan fenomenal.

14. Dx2 Shin Megami Tensei Liberation


Dx2 Shin Megami Tensei Liberation adalah game mobile yang merupakan spin-off dari serial Megami Tensei. Layaknya game Shin Megami Tensei pada konsol, game mobile ini benar-benar mengadopsi mekanisme gameplay yang mirip dengan versi konsol, seperti demon negotiation, demon fusion, hingga Press Turn Battle system.

Pemain akan berperan sebagai karakter utama yang bergabung dalam sebuah organisasi yang dijuluki "Liberators". Tugas kamu adalah untuk menghadapi kelompok jahat yang bernama "Acolytes". Mereka menggunakan teknologi Devil Downloaders yang disebut juga sebagai Dx2. Dengan teknologi ini, kamu bisa memanggil demon melalui sebuah aplikasi dalam smartphone.

15. Tales of Crestoria


Diberi nama Tales of Crestoria, sejauh ini game tersebut memperlihatkan kualitas yang sangat menjanjikan untuk ukuran sebuah game mobile. Kombinasi antara pixel art dengan animasi 3D yang menawan membuat opening dari game ini terlihat luar biasa, dan bahkan lebih baik dibanding seri Tales lainnya.

Tales of Crestoria hadir dengan jalan cerita normal dan side stories yang melibatkan karakter ikonik dari semua seri Tales. Untuk gameplaynya sendiri, Tales of Crestoria akan mengusung sistem turn-based dengan tempo pertarungan cepat.

Baca ini juga :

» Auto Jago! Inilah Tips Bermain Tank di Mobile Legends ala Pro Player!
» Genshin Impact 2.3 Kian Mendekat, Ini Dia Deretan Tips Untuk Kamu Farming Primogem!
» Pick ini Auto Mythic! 7 Hero yang Paling Sering di Pick pada Mobile Legends Season 22!
» Kembali ke Dragonspine dan Arataki Itto Hadir! Rangkuman Update Genshin Impact versi 2.3!
» Pandemi Pun Masih Berjaya! 7 Game Esports Terbaik Dengan Prize Pool Tertinggi di 2021!
Nah, itulah 15 JRPG terbaik yang bisa kamu mainkan melalui perangkat mobile. Bagi kamu pecinta JRPG, rasanya kurang kalau belum mencoba semua game tersebut. Jika kamu memiliki tambahan JRPG favortmu, jangan ragu untuk menambahkannya pada kolom komentar ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru