Feature

Jangan Terpaku Nostalgia! Rekomendasi Game Farming yang Lebih Superior dari Harvest Moon BTN!

Halaman 2

Harvest Moon: A Wonderful Life

Meskipun kualitas grafisnya kurang maksimal dibandingkan beberapa game Harvest Moon yang keluar sebelumnya seperti Save the Homeland, Harvest Moon: A Wonderful Life menawarkan mekanisme gameplay paling realistis dan menarik pada saat itu. Salah satunya adalah fakta kalau waktu akan terus berjalan meskipun kamu berada dalam ruangan atau sedang mengobrol dengan karakter, dan juga seperti bagaimana kamu tidak bisa terus memerah susu sapi secara konstan dan harus menunggu momen sampai sapi tersebut kembali hamil.

Aspek farmingnya juga semakin disempurnakan dengan tambahan variasi bibit yang bisa ditanam termasuk menumbuhkan pohon buah. Tidak hanya itu, karakter yang kamu kendalikan bahkan juga bisa tumbuh dan bahkan meninggal di usia tua. Game ini sukses memberikan pengalaman role-playing Harvest Moon paling imersif dan sulit ditandingi game manapun di serinya.

Doraemon Story of Seasons

Doraemon Story of Seasons mengusung hampir semua elemen gameplay yang sangat khas dengan seri Harvest Moon klasik, khususnya dari seri Back to Nature. Kamu bisa mengurus kebun dengan menanam sayuran, membesarkan ternak, berinteraksi dengan penduduk kota, melakukan perdagangan, bahkan hingga bertemu dengan Harvest Goodess sekalipun. Karena melibatkan Doraemon, kamu pastinya bisa menggunakan beberapa gadget ajaib yang mempermudah aktivitas berkebun, inilah aspek yang paling membedakan game ini dengan seri Story of Seasons lainnya.

Baca ini juga :

» Mabar Asyik! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Rekomendasi Laptop Untuk Gaming Lancar Maksimal MENTOK Cuma Sampe 10 Jutaan!
» Mulai Budget 4 Jutaan Aja! Rekomendasi Laptop Murah Untuk Main Game Kekinian!
» Banyak RPG Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» HP Kentang Minggir! Inilah 7 Game Mobile dengan Grafis Fantastis

Stardew Valley

Memulai debutnya sebagai game farming yang terkesan biasa, Stardew Valley justru menawarkan pengalaman mengelola sebuah peternakan sekaligus interaksi dunia yang terasa sangat istimewa. Bagi pemain yang tumbuh bersama seri klasik Harvest Moon, game ini pastinya tidak akan mengecewakan dan akan kembali membawa kesan nostalgia yang berharga. Selain membawa banyak aspek farming yang familiar, game ini juga menghadirkan elemen RPG dan eksplorasi dungeon ala Rune Factory yang semakin memperkaya aspek gameplaynya. Game ini bahkan memuat konten cerita yang lebih pada dan menarik.

Animal Crossing: New Horizon

Tidak peduli apakah kamu pemain Nintendo Switch atau tidak, mungkin game yang satu ini sudah tidak asing lagi. Yup benar sekali, Animal Crossing: New Horizons adalah rilis game terbaru yang sudah menghebohkan jagat internet dan sosial media selama beberapa bulan lalu. Dari luar Animal Crossing: New Horizons memang terlihat seperti game life-simulation yang khas dengan franchise Harvest Moon, namun di dalamnya ada banyak sekali hal unik yang membuat game ini terasa lebih spesial dan tidak pernah lepas dari kejutan.

Terlepas dari mekanisme farming yang sangat sederhana dan tidak begitu kompleks, Animal Crossing: New Horizons menawarkan elemen social-simulation yang lebih menarik dimana kamu bisa bertemu dengan banyak pemain dari seluruh dunia, mengunjungi pulau mereka untuk sekedar bermain atau berdagang. Tergantung dari seberapa kreatif kamu dalam memanfaatkan sistem creaton di dalam gamenya, kamu bahkan bisa membangun rumah hingga desa yang memiliki desain sesuai imajinasi liarmu.

Nah, itulah list dari rekomendasi game berkebun yang lebih superior dari Harvest Moon BTN. Jadi apakah ada rekomendasi game lain yang juga tidak kalah menariknya? ataukah kamu masih berpikir kalau Harvest Moon BTN adalah game farming terbaik?

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru