Feature

Nostalgia Seru! Inilah 10 MMORPG PC Lawas yang Sudah Ada di Mobile

Halaman 2

5. Cabal Online

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Cabal adalah salah satu MMORPG PC lawas yang cukup digandrungi pada zamannya. Entah di seluruh dunia, ataupun Indonesia. Cabal Mobile dibawa langsung oleh developer sekaligus publisher utamanya yaitu ESTgames. Layaknya versi PC, Cabal Mobile memiliki konsep open-world MMORPG dengan berbagai class seperti Blader, Warrior, Archer, Force Blade, dan lain-lain.

Berbagai kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing class juga tidak terlalu berbeda dengan versi PC, bahkan ikonnya juga dimiripkan. Konten PvP dan PvE yang ditawarkan juga cukup lengkap layaknya versi PC. Tidak mengherankan memang karena sang developer menargetkan untuk tidak terlalu mengubah jauh di versi mobile agar kesan nostalgianya makin terasa.

6. World of Dragon Nest

World of Dragon Nest akan memiliki berbagai fitur utama. Yang paling menarik adalah konsep open-world yang dimilikinya. Para pemain bisa melakukan eksplorasi sepuasnya hingga melakukan aktivitas seperti memancing, menanam, menempa, dan masih banyak lainnya. Selain itu juga, akan ada fitur 200-Player PVP, dimana 4 tim dengan masing-masing 50 pemain akan dipertemukan dalam satu arena yang sama.

Beberapa fitur lainnya yang dihadirkan juga tidak kalah menarik, diantaranya adalah Selectable Gender, hingga New “Swap” Battle System, dimana masing-masing class nantinya bisa menggunakan dua senjata sekaligus secara bergantian. Karena kualitas animasi dan grafis yang ditawarkan cukup bagus, kamu membutuhkan smartphone dengan spesifikasi tinggi untuk memainkannya.

7. ROSE Online Mobile

Diberi judul "ROSE Online: Dreaming Goddess and Star’s Journey", game tersebut akan memiliki empat class utama seperti Rogue, Soldier, Mage, dan juga Gunner. Mekanisme yang ada di PC seperti Sistem Cart juga akan diimplementasikan di versi mobile ini. Sayangnya, fitur robot Castle Gear belum bisa dipastikan kehadirannya.

Bagi kamu yang masih asing atau lupa dengan ROSE Online, game tersebut adalah MMORPG yang bercerita tentang sebuah dunia yang memiliki tujuh planet dengan visualisasi dan tema yang terinspirasi dari cerita dongeng, fantasi, novel yang secara kesusastraan juga menyangkut perjalananan mencari arti kebenaran. Tujuan utama game Rose Online Evolution adalah melakukan sebuah petualangan yang mengasyikkan dengan kamu berperan sebagai seorang Visitor, dimana setiap aksi dan tindakan yang kamu lakukan akan mempengaruhi jalan cerita utama.

8. MU Origin

MU ORIGIN 2 dilisensikan oleh WEBZEN dan dikembangkan oleh tim yang sama dari game MU Origin. MU ORIGIN 2 menghidupkan kembali petualangan fantasi yang cukup memukau dan bervariasi. MU ORIGIN 2 sendiri menghadirkan pengalaman MMORPG 3D fantasi yang tentunya telah ditingkatkan dan menambahkan konten yang cukup banyak.

9. TERA Classic

Dengan menjamurnya game mobile saat ini dan banyak developer yang membawa seri andalannya dari konsol ke mobile, sepertinya juga tidak ada keraguan bagi para developer game online PC ternama untuk membawa game besutannya ke perangkat mobile. Tera Classic besutan Kakao Games akhirnya kini sudah resmi dirilis untuk Android dan iOS.

TERA Classic sendiri memiliki kualitas grafis yang fantastis karena dibangun dengan Unreal Engine 4. Menariknya, sang developer akan tetap mengimplementasikan berbagai fitur yang ada di versi PC ke versi mobile. Contohnya, seperti memfokuskan dengan pertarungan PvE dan PvP yang selalu dilakukan dengan party bersama teman dan diadakan dengan skala yang sangat besar. Jika kamu tidak masalah dengan bahasanya, kamu sudah bisa memainkannya sekarang.

10. Seal New World

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Seal Online adalah salah satu game online yang sangat ramai dimainkan oleh para gamer PC pada saat masa jayanya disekitar tahun 2006 hingga 2010. Tentu saja, kepopuleran tersebut membawa "nama" besar Seal Online hingga saat ini. Saat ini, Seal Online sendiri sudah ditutup di Indonesia dan hanya tersedia versi server global.

Ingin mencici versi mobilenya? Kamu bisa mencici Seal New World yang sudah tersedia. Namun jangan terlalu berharap kalau game tersebut mirip seperti versi PC. Game tersebut sangat berbeda, hanya saja nuansa Seal Online yang dimilikinya masih cukup terasa.

Baca ini juga :

» Siap Diborong! Inilah Jadwal Rilis Game Desember 2021!
» Auto Keren dan Ganteng! 7 Tips Setup PC/Laptop Agar Clean dan Enak dilihat!
» Penuh Dengan Tim Kuat! Prediksi Juara Valorant Champions 2021 versi Xccurate!
» #INDOPRIDE Bincang Hangat Bersama Xccurate: Bisakah Skena CS:GO Indonesia Kembali?
» Auto Jago! Inilah Tips Bermain Tank di Mobile Legends ala Pro Player!
Nah, itulah MMORPG PC lawas yang saat ini sudah tersedia di mobile. Walaupun kebanyakan yang kru KotGa sebutkan diatas tidak sepenuhnya mirip dengan versi PC, setidaknya beberapa game tersebut mungkin bisa kembali membuat kamu nostalgia ketika memainkannya.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru