Feature

[Kotak Game Editors Choice Award 2020] Best Esports Mobile Game in 2020

oleh: Cita Aditya

Halaman 2

3. Free Fire




Sumber: Garena Free FireIndonesia Youtube

Punya komunitas dengan jumlah yang banyak dan cukup kreatif. Hal ini yang menjadi nilai lebih game buatan Garena ini. Bersaing ketat dengan PUBG Mobile soal popularitas. Nyatanya Free Fire berhasil melakukan kolaborasi dengan beberapa serial bahkan Artis terkenal. Sebut saja Alok, K, Joe Taslim, Cristiano Ronaldo hingga Serial Money Heist. Hal ini membuat Free Fire menjadi populer dikalangan orang awam. Tak cuma itu, Free Fire juga memiliki liga berbayar layaknya Mobile Legends: Bang Bang.

Namun, tak seperti Mobile Legends: Bang Bang yang kurang dalam memperhatikan regenerasi pemain. Free Fire lebih ramah dalam regenerasi. Mereka memiliki liga hingga tingkat semi-pro yang membuat para pemain bisa dilirik oleh tim profesional. Tak hanya itu, Free Fire juga kerap melakukan balancing agar gamenya tetap seimbang. Meski dicaci maki oleh orang-orang, nyatanya Free Fire masih bisa bersaing dengan game lainnya. Sayangnya Free Fire masih kalah populer dengan PUBG Mobile jika kita menilik dari tingkat dunia.

Baca ini juga :

» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Auto Kaya! 7 Donasi Paling Menggemparkan di Jagat Streaming Indonesia!
» Transisi Scaramouche Menjadi Wanderer! Rangkuman Update Genshin Impact versi 3.3!

4. Arena of Valor




Sumber: Garena AOV Indonesia Youtube

Meski sedikit tersisihkan di Indonesia, namun nyatanya Arena of Valor juga memberikan kalian para penggiat esports untuk berkarir. Selepas dari beberapa drama yang ada antara para pemain dan manajemen, Arena of Valor alias AOV masih layak masuk dalam jajaran Best Mobile Esports Indonesia tahun 2020. Punya turnamen dengan jenjang ya jelas membuat Kru KotGa tidak segan untuk memasukkan AOV ke dalam daftar satu ini.

Bahkan terakhir ada AIC yang cukup menarik perhatian. Meski tim Indonesia sendiri tidak meraih hasil positif, namun jenjang turnamen dan entertainment adalah salah satu faktor penting dalam esports. Semoga saja di tahun 2021, AOV bisa mengadakan turnamen yang lebih banyak mendapatkan impresi dari orang-orang.

5. Lokapala



Muncul sebagai game MOBA buatan Developer Indonesia, nama Lokapala terus melesat. Mulai meledak setelah kolaborasi dengan Garuda Indonesia, Lokapala terus berbenah. Mereka mulai menggaet komunitas dan mengadakan liga antar pelajar. Hal ini cukup penting bagi regenerasi pemain ke depannya. Meski belum memiliki turnamen di tingkat pro, nyatanya Lokapala akan membantu gelaran PON tahun 2021 sebagai turnamen eksibisi.

Hal tersebut sudah cukup untuk membuat Lokapala bersaing di deretan Best Esports Mobile 2020. Tak cuma mendukung Game Esports lain, tidak ada salahnya kita juga mendukung Lokapala agar lebih baik lagi. Lokapala juga membuat kita mempelajari beberapa kebudayaan Indonesia yang ada. Selain dari sisi kompetitif yang mereka tawarkan.

Itu dia list Best Esports Mobile Game. Bagaimana menurut kalian sendiri? Apakah ada Esports Mobile Game yang belum masuk? Tuliskan di kolom komentar ya!

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru