Feature

[Kotak Game Editors Choice Award 2020] Best Esports Mobile Game in 2020

oleh: Cita Aditya
Esports awalnya memang terkenal karena dimainkan di platform PC. Namun, seiring perkembangan zaman tentunya perkembangan teknologi juga berubah. Hal ini juga berpengaruh ke esports yang sangat bergantung kepada teknologi. Mudahnya orang-orang saat ini dalam mengakses dan membeli handphone, membuat beberapa game mobile pun menjadi populer dan memiliki scene kompetitif. Tak ayal, saat ini menjamur esports mobile. Kru KotGa mencoba untuk mengurutkan siapa Game Esports Mobile Terbaik Tahun 2020 ini.

Baca ini juga :

» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Auto Kaya! 7 Donasi Paling Menggemparkan di Jagat Streaming Indonesia!
» Transisi Scaramouche Menjadi Wanderer! Rangkuman Update Genshin Impact versi 3.3!
Beberapa aspek yang dilihat tentu saja seperti ada atau tidaknya turnamen yang mendukung, jumlah penonton secara online, dan beberapa hal lainnya. Karena, pada dasarnya esports juga kompetisi untuk menentukan siapa yang terbaik. Lalu, game apa saja? Mari kita lihat!

1. PUBG Mobile




Sumber: PUBG Mobile Indonesia Youtube

Untuk peringkat pertama, Kru KotGa memilih PUBG Mobile. Terbantu oleh gemilangnya Bigetron Red Aliens di kancah dunia, PUBG Mobile melesat menjadi salah satu Game Esports Mobile populer di Indonesia. Meski kurang ramah untuk Handphone Kentang, nyatanya PUBG Mobile tetap memiliki pasarnya tersendiri. Tak hanya pemain, dari segi penikmat juga banyak yang menonton gelaran mulai dari tingkat amatir sampai dunia. Ratusan Ribu View terus tercapai dan bukan hal yang biasa untuk sekelas Esports Mobile.

Selain itu, tingkatan turnamen yang jelas juga merupakan alasan mengapa PUBG Mobile dinobatkan menjadi Best Esports Mobile Game 2020 versi Kru KotGa. Mulai dari tingkat kampus hingga tingkat dunia, semua ada di PUBG Mobile. Dengan menjelajah di kampus-kampus, tentunya akan ada regenerasi Pro Player yang cukup. Tidak terbatasnya liga yang mereka miliki juga menjadi alasan PUBG Mobile adalah Best Esports Mobile Game tahun 2020.

2. Mobile Legends: Bang Bang




Sumber: MPL Indonesia Youtube

Siapa yang tidak kenal dengan game satu ini? Mobile Legends: Bang Bang sudah seperti Sepak Bola di Indonesia sendiri. Pertandingan MPL Indonesia Season 5 memecahkan hingga 1 Juta Penonton di Platform YouTube. Para pemainnya pun dipuja layaknya para pemain sepak bola. Siapa yang tidak kenal dengan Lemon, Donkey, XINN, hingga Jess No Limit? Tentunya mereka terkenal di Indonesia. Hal ini sudah cukup untuk membuat Mobile Legends: Bang Bang menjadi Best Esports Game 2020 dari segi entertainment.

Namun, menurut pengamatan Kru KotGa sendiri. Regenerasi Player saat ini sedang mandek. Menjadikan Mobile Legends Professional League menjadi Franchise League, membuat para pemain yang bermain hanya itu-itu saja. Meski sudah membuat Mobile Legends Development League alias MDL. Nyatanya pemenang dari MDL tidak bisa naik kasta ke MPL. Hal ini membuat Mobile Legends Bang Bang kurang dalam aspek regenerasi player. Namun, tetap saja dari segi popularitas mereka tetap nomor satu.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru