Feature

Sebelum Jadi SIMP! Hypenya VTuber dan Perkembangannya Terhadap Dunia Game dan Stream!

oleh: Billy Mariza

Halaman 2

Memiliki Konten yang Variatif Tidak Hanya Game




Sumber: Hololive

Sejatinya para VTuber ini memiliki main deskjob untuk melakukan streaming bermain game seperti APEX Legends, Minecraft, Mario Kart, dan beragam game-game seru lainnya. Tapi disisi lain kita juga ditawarkan berbagai konten yang mungkin tidak kamu temukan di streamer lainnya.


Sumber: Hololive

Baca ini juga :

» Gak Dapet Senjata Baru Venti? Ini Dia 5 Alternatif Bow yang Bisa Kamu Pakai!
» Akhirnya Bisa Ngedate dengan Barbara! Deretan Konten Terbaru di Genshin Impact versi 1.4!
» Fakta Penting PUBG NEW STATE: Fitur, Gameplay Futuristik, Map Baru, Link Pendaftaran
» Dilarang Jadi Streamer Sniper Nakal! 7 Game yang Paling Sering Dimainkan Para VTuber!
» Tidak Breathtaking? Ini Berbagai Alasan Cyberpunk 2077 Kurang Maksimal
Kita bisa menikmati berbagai kontennya seperti bernyanyi, menggambar, ngobrol bebas, ASMR, bahkan ada yang streaming hanya melakukan aktifitas ngetik doang. Semua konten tersebut bisa kamu temukan diberbagai VTuber lainnya apalagi mereka juga sering melakukan kolaborasi diantara mereka tidak hanya dalam sesama Agency saja, namun juga antar Agency maupun independen membuat komunitas streaming ini semakin seru dan menyenangkan.

Pendapatan dan Jam Tonton yang Sudah Setara dengan Streamer Kondang




Sumber: Hololive

Hingga artikel ini diterbitkan, sudah banyak mungkin hingga 4 ribu lebih VTuber yang ada di dunia saat ini. Dalam streamer pendapatan tidak hanya di dapat melalui Adsense saja, namun bisa dihitung dari kalkulasi dari Superchat (Donasi) atau Membership yang mereka miliki di dalam channelnya.

Untuk saat ini, VTuber pendapatan terbanyak dipegang oleh Kiryu Coco dari Hololive dengan raihan JPY149 juta atau sekitar IDR20 miliar. Itu angka yang sangat besar untuk seorang streamer di YouTube sedangkan untuk tingkat jam tonton salah satu Talent dari Hololive yaitu Usada Pekora juga berhasil berada diperingkat 4 bersaing dengan streamer populer lainnya seperti Pokimane dan Valkyrae.

Hal ini tidak terlepas dengan hadirnya Pandemi COVID-19 yang terjadi di awal 2020 yang lalu yang mengharuskan orang-orang dan menghabiskan waktunya dirumah membuat YouTube menjadi tempat dimana orang menikmati waktunya dirumah. Tak khayal hanya dalam catatan di bulan Oktober saja, VTuber dapat peningkatan hingga 1,5 miliar Viewer.

Selain itu banyak dari para VTuber ini telah memiliki setidaknya telah berada di angka 2 Juta Viewer, sebut saja seperti Kizuna AI dan Gawr Gura yang sudah berada di milestone tersebut. Sebuah pertanda VTuber tidak kalah serunya jika mau dibandingkan dengan berbagai streamer pada umumnya.

Efek VTuber dan Perkembangannya di Indonesia



Melesatnya VTuber juga ikut mempengaruhi gelombang di Indonesia yang merupakan pasar besar untuk hal-hal yang berbau anime girl. Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan indie yang membuat VTubernya sendiri sebut saja seperti Maya Putri dan Charla Charlone. Agency dari Jepang juga tidak mau kalah dengan menerbitkan berbagai VTubernya disini seperti Hololive dan NIJISANJI ID yang masih aktif hingga sekarang.

Bahkan untuk Hololive saja mereka telah mengekspansi hingga 2 generasi yang baru saja melakukan debut pada 4 Desember yang lalu. Tentunya mereka juga gak kalah hebat dengan para Senpai-Senpai mereka yang sekarang sudah hampir mendominasi dunia khususnya dunia wibu ya!

Demikianlah pembahasan mengenai VTuber yang mana setidaknya kamu sedikit paham mengenai apa itu VTuber secara singkat. Jadi sebelum kamu masuk ke dalam lubang kelinci yang lebih dalam, kamu harus memperhatikan juga hal-hal apa yang seharusnya tidak kamu lakukan ketika menjadi seorang SIMP atau penggemar VTuber.

Ada baiknya kamu hanya menikmati karyanya sebagai seorang VTuber dan tidak perlu melakukan aktifitas-aktifitas untuk membongkar jati dirinya. Karena dari awal kemasan VTuber adalah seorang karakter Virtual sehingga kamu tidak perlu untuk mengetahui sesuatu yang diluar Virtualnya agar komunitas ini tetap positif dan menyenangkan. See ya!

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru