Feature

Inilah Rekomendasi Game Lokal yang Siap Bersaing di Skala Internasional

oleh: Christa


Siapa bilang, industri game lebih berkembang pesat di skala internasional seperti Amerika, Jepang, Korea, dan China? Rupanya, Indonesia juga tidak mau kalah dan unjuk kemampuannya dalam menggarap game yang lebih berkualitas. Di tahun yang baru ini, beberapa developer lokal telah mewujudkan harapan para pemain tanah air dengan mengungkapkan berbagai judul game baru mereka. Apa saja judul game Indonesia yang siap rilis tahun ini dan masuk ke skala internasional? Yuk, cek ulasan dari kru KotGa di bawah ini!

Baca ini juga :

» Disukai Bocil Kematian, Inilah 7 Game PS Jadul yang Dimainin Windah Basudara!
» Catat Tanggalnya, Inilah Daftar Game yang Akan Rilis Maret 2021!
» Seru Terus! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Gamer PC Merapat! Inilah 10 Game Eksklusif PlayStation yang Paling Dinanti di PC
» Brutal dan Penuh Darah! 7 Karakter Mortal Kombat yang Akan Hadir di Movie Reboot!
1. A Space for the Unbound




Game ini dikembangkan oleh developer indie asal Surabaya, yaitu Mojiken Studio. Sebelumnya, studio ini dikenal dengan game buatannya yang bertajuk She and the Light Bearer dan When The Past Was Around. Kali ini, Mojiken Studio kembali dengan game terbarunya berjudul A Space for the Unbound. Game ini akan membawa pemain untuk berpetualang di Indonesia pada era akhir 90-an. A Space for the Unbound pernah dinobatkan sebagai Best Storytelling Award at SEA Games Award 2020 dan Best Art and Grand Prix pada Tokyo Game Show 2020.



A Space for the Unbound akan memiliki cerita yang sangat mendalam, serta menampilkan konsep surealis yang menggabungkan kehidupan sehari-hari dengan supernatural. Game ini rencananya meluncur pada September 2021 untuk platform PS4, Xbox One, Switch, dan PC melalui Steam. Bergenre platform, pemain sudah dapat memainkan prolog dari game tersebut, yang dapat diunduh di Steam.

2. Escape From Naraka




Mendengar namanya, tentu banyak pemain akan menerka bahwa game ini menuntut karakter untuk kabur dari neraka. Escape From Naraka dikembangkan oleh developer lokal, Xelo Games yang mengusung konsep budaya Bali dengan kemunculan makhluk-makhluk astral lokal. Dengan visual 3D yang memukau, Escape From Naraka menggunakan genre platform puzzle-solving dengan perspektif first-person.



Tingkat kesulitan di dalam game ini terbilang menantang dan menarik. Di sini, pemain akan dituntut untuk memecahkan puzzle sambil kabur dari kejaran monster. Dalam trailer ditampilkan juga bahwa karakter bisa menggunakan kristal es untuk memecahkan teka-teki yang ada. Escape From Naraka direncanakan akan rilis pada 15 Maret 2021 untuk PC, PS4, Xbox One, Switch, dan konsol next-gen lain.

3. Parakacuk




Belum lama ini, game yang disebut-sebut sebagai Bully versi kearifan lokal, yaitu Parakacuk sedang ramai diperbincangkan di komunitas pemain tanah air. Mengisahkan tentang anak pindahan, Budi yang harus bertahan hidup di tengah pertempuran geng di sekolahnya. Bergenre beat em up story driven, Parakacuk dikembangkan oleh developer indie, yakni Gamecom Team yang sebelumnya dikenal merilis A Day Without Me dan Babol: The Box Adventure.



Parakacuk rencananya akan meluncur pada 29 Oktober 2021 untuk platform PC melalui Steam. Sejauh ini, Gamecom Team telah mengonfirmasikan empat karakter yang muncul bersama dengan Budi, yaitu Boby Setiawan, Rani Bella, dan Zaenal Ariffin. Semoga game ini bisa sukses ke skala internasional seperti game sebelumnya, A Day Without Me.

4. BIWAR Legend of Dragon Slayer




Gamer Indonesia patut berbangga, karena developer asal Bali, Devata Game berencana meluncurkan game berkonsep AAA. Dinamai Legend of Cendrawasih, game ini menampilkan grafis dan visual layaknya God of War dengan kearifan lokal. Namun, belum lama ini, Devata Game mengubah namanya menjadi BIWAR Legend of Dragon Slayer. Meskipun ganti nama, game ini tidak mengubah konsep maupun alur cerita.



BIWAR Legend of Dragon Slayer mengusung legenda asal Mimika, Papua. Dikisahkan bahwa ada seorang pemuda yang berniat membunuh seekor naga demi membalas kematian ayahnya, serta menghilangkan kutukan sang ibu. Game ini rencananya akan rilis untuk platform PS4, PS5, dan PC dengan jadwal rilis yang belum pasti. Sementara versi demo-nya sudah bisa diunduh di situs Itch.io.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru