Feature

Rekomendasi Rakit PC Gaming "Pas Mantap" Saat Harga Komponen Naik Karena Mining!

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau saat ini Cryptocurrency sedang mengalami pelonjakan yang membuat para miner diseluruh dunia semakin giat menambang dan bahkan melahirkan bibit-bibit baru miner yang ingin mencari keuntungan hanya dengan duduk manis di depan komputer saja.

Imbasnya, kini para miner juga menggunakan kartu grafis atau VGA untuk gaming untuk menambang Cryptocurrency karena dianggap lebih optimal. Para gamer yang mencari komponen seperti kartu grafis tentu sangat kesulitan karena selain stok yang menipis, harganya juga sangat melambing tinggi.

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan memberikan rekomendasi rakit PC gaming dengan budget yang paling ideal, setidaknya untuk gaming lancar pada resolusi di 1080p. Tentu dengan harga komponen yang kru KotGa rasa masih sedikit masuk akal untuk dibeli.

Pada artikel ini kru KotGa anggap kalian sudah memiliki keyboard, monitor, mouse, dan speaker ataupun headset. Seperti apa spesifikasinya? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Gamer PC Merapat! Inilah 10 Game Eksklusif PlayStation yang Paling Dinanti di PC
» Bikin Kangen Pas Masih Jadi Bocil! Game Nostalgia Masa Kejayaan Warnet Indonesia
» Ngebut & Mayan Murah! Rekomendasi Laptop Untuk Gaming Nyantai & Kerja Cuma 7 - 10 Jutaan!
» Sambut Sang Legenda Wangy! 5 Alasan Belum Terlambat Build Keqing di Genshin Impact!
» Banyak yang Bagus! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
Berikut rekomendasi rakit PC gaming paling cocok untuk pelajar. Harganya terbilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah PC gaming dan tidak memerlukan budget sampai IDR 10 juta.

  • Prosesor: AMD Ryzen 5 3500x = IDR 2.350.000
  • Motherboard: ASRock B450M-HDV = IDR 1.050.000
  • VGA: Inno3D GeForce GTX 1650 Super Twin X2 OC = IDR 2.650.000
  • RAM: KLEVV DDR4 BOLT X Series PC25600 3200MHz = IDR 1.050.000
  • SSD: WD Green 240GB = IDR 479.000
  • PSU: FSP HV PRO 550W = IDR 585.000
  • Casing: Cube Gaming Wescov = IDR 470.000

Total: IDR 8.484.000
Secara keseluruhan, AMD Ryzen 3000 ini memang sangat menang telak dari segi price-to-performance. Core dan threads yang lebih banyak, mampu membuatnya menjalankan berbagai aplikasi sekaligus dan sangat membantu ketika render video atau grafis, hingga bermain game sambil streaming.

Meskipun Ryzen 5 3500x hanya memiliki 6 core dan 6 threads dimana angka "threads" yang dimilikinya lebih kecil, setidaknya kemampuan untuk gamingnya lebih kencang daripada generasi sebelumnya. Karena pada dasarnya tujuan rekomendasi rakit PC ini adalah hanya untuk gaming.

NVIDIA GeForce GTX 1650 terbilang memiliki kemampuan yang sudah cukup untuk memainkan game pada resolusi 1080p. Selain itu, GTX 1650 masih memiliki harga yg sedikit masuk akal dengan kenaikan harga tidak sampai 1 juta, dimana harga kartu grafis lainnya bisa meningkat hingga 1 atau 2 juta lebih.

Kru KotGa sengaja memilih motherboard AM4 dengan chipset B450. AMD sudah mengumumkan Ryzen generasi keempat dan kabarnya untuk motherboard lawas akan didukung mulai dari B450, belum ada kepastian A320 masih didukung atau tidak. Dengan begitu, motherboard ini bisa future proof dan tidak perlu upgrade jika ingin menggunakan Ryzen 5000 kedepannya.

Untuk urusan penyimpanan, yakali untuk zaman sekarang tidak menggunakan SSD? Segalam macam aplikasi dan sistem operasi akan sangat lebih lancar dan optimal juga menggunakan SSD. Untuk sementara, menggunakan 240GB SSD sudah cukup untuk menyimpan sedikit game dan sistem operasi. Sisanya nanti kamu bisa menabung untuk membeli harddisk.

Baca ini juga :

» Gamer PC Merapat! Inilah 10 Game Eksklusif PlayStation yang Paling Dinanti di PC
» Bikin Kangen Pas Masih Jadi Bocil! Game Nostalgia Masa Kejayaan Warnet Indonesia
» Ngebut & Mayan Murah! Rekomendasi Laptop Untuk Gaming Nyantai & Kerja Cuma 7 - 10 Jutaan!
» Sambut Sang Legenda Wangy! 5 Alasan Belum Terlambat Build Keqing di Genshin Impact!
» Banyak yang Bagus! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
Untuk urusan casing sebenarnya bisa tergantung seleranya pengguna. Namun kru KotGa pribadi merekomendasikan Cube Gaming Wescov karena bentuknya yang terbilang minimalis dan keren. Memang dari segi build quality terlihat meragukan karena harganya yang sangat murah, namun sudah lebih dari cukup untuk PC gaming dengan budget terbatas ini.

Dengan spesifikasi diatas, kamu bisa memainkan game terkini menggunakan resolusi 1080p yang tentunya dengan settingan yang menyesuaikan. Motherboard AM4 dengan chipset tersebut masih bisa melakukan overclock RAM untuk meningkatkan performa Ryzen tersebut. Dengan menggunakan KLEVV DDR4 BOLT X Series PC25600 3200MHz, akan dengan mudahnya mendapatkan kecepatan 3200MHz hanya dengan XMP.

Kru KotGa yakini bahwa kombinasi antara AMD Ryzen 5 3500x serta GTX 1650 adalah "zona nyaman" untuk para gamer saat ini, terutama untuk yang masih memainkan game di resolusi 1080p. Berikut adalah hasil benchmark Ryzen 5 3500x + GTX 1650 ketika dicoba untuk memainkan game terkini:

Melihat performa diatas, rasanya Ryzen 5 3500x + + GTX 1650 akan menjadi solusi untuk gamer yang ingin merakit PC dengan budget hemat tidak sampai 10 juta. Dengan harga 8 jutaan dan situasi pasar yang sangat tidak menentu, para gamer sudah mendapatkan PC yang siap melibas berbagai game kekinian seperti Assassin's Creed Odyssey, COD: Modern Warfare, Control, dan masih banyak lainnya dengan rata-rata framerate 30 - 60 FPS.

Tentunya harga yang Kru KotGa sebutkan diatas akan berbeda-beda di setiap toko, tapi tidak akan terlalu jauh kok perbedaannya. Semoga artikel rekomendasi rakit PC gaming ini bermanfaat untuk kamu ya! Jika ada tambahan, jangan ragu untuk menyebutkannya di kolom komentar ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru