Feature

Rakit PC Buat Pelajar 3 Jutaan Di Tahun 2021, Jangka Panjang Masih Bisa Upgrade!

oleh: Salman Reza

Sekarang ini, komponen PC dan laptop sedang naik-naiknya. Cryptocurrency masih menjadi tren di kalangan komunitas penggemar PC, mengingat kurensi online sedang berada di angka tertinggi. Hal ini membuat miner juga memborong VGA yang membuat stok menipis dan harga VGA menjadi melambung tinggi. Selain itu, dunia masih berjalan dan ada banyak orang yang ingin merakit PC, termasuk pula pelajar atau mahasiswa kuliahan yang punya budget cukup minim.

Nah kali ini, Kru KotGa telah merangkum smartphone dibawah 3 jutaan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang butuh PC budget, tapi bisa mengerjakan tugas, edit foto, dan gaming santai tanpa perlu GPU. Penasaran? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Tak Dimakan Zaman, Inilah 7 MMORPG PC yang Masih Eksis Hingga Saat Ini!
» Deretan 7 Game dengan Plot Twist Terbaik yang Bikin Tidak Terduga
» Banyak Gratisan! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Banyak yang Baru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Catat Tanggalnya! Inilah Daftar Game Keren yang Akan Rilis di Mei 2021!

RAKITAN YANG DIGUNAKAN

Prosesor: Athlon 200GE + iGPU Vega 3 (750 ribu)
RAM: KLEVV Bolt 4x2 GB DDR4 2666 MHz (720 ribu)
Storage: SSD KLEVV NEO N400 120 GB (330 ribu)
Motherboard: Gigabyte A320M S2H v2 AM4 (770 ribu)
Casing: PC Gaming Cube Gaming Byron (325 ribu)
PSU: Antec VP Series 500W (570 ribu)
Fan Case: Zalman 12 cm (13 rb x 4 = 52 ribu)

Total: Rp 3.517.000



Dengan arsitektur Zen, AMD Athlon 200 GE menjadi prosesor yang terbaik di budget kere hore. Prosesor ini didukung oleh infrastruktur socket AMD AM3 yang tersedia platform yang memberikan fitur PC terkini, seperti memori DDR4, penyimpanan NVMe, support 4K, support USB 3.1 Gen. Selain itu, AMD Athlon 200 GE udah dipaketin dengan Integrated GPU Vega 3 yang mungkin bukan pilihan terbaik, sudah terbilang cukup di budgetnya.



Kru KotGa telah memilih motherboard Gigabyte A320M untuk jangka panjang apabila kalian ingin mengupgrade prosesor kalian ke AMD Ryzen Series. Gigabyte ini juga sudah punya nama di dunia rakit PC.

Penyimpanan? SSD tentu saja. Segala macam program dan sistem operasi akan semakin lancar dan optimal jika menggunakan SSD. Namun mengingat ini rakitan budget, kami pun hanya menggunakan 120GB yang sudah cukup untuk menyimpan sistem operasi, aplikasi office dan sedikit game. Jika dirasa kurang, kalian masih menabung untuk membeli hardisk tambahan.



Terakhir, casing.

Perlu diingat casing tergantung dari selera pengguna. Namun kali ini, kru KotGa merekomendasikan PC Gaming Cube Gaming Byron yang punya bentuk minimalis tapi tidak mengorbankan airflow PC kalian. PSU yang digunakan pada PC rakitan ini sengaja menggunakan 500 watt dari Antec VP untuk jangka panjang agar kalian bisa lebih mudah mengupgrade. Oh ya, kita pun menambahkan CPU Fan dari Zalman.

Dengan spesifikasi diatas, kalian bisa melakukan komputasi ringan, mengerjakan tugas, edit foto di photoshop kecil-kecilan, dan memainkan game kekinian dengan settingan 720p dengan settingan Medium atau Low.

Nah, kira-kira seperti itulah rekomendasi rakit PC gaming yang kru KotGa sarankan. Jika kamu memiliki saran atau tambahan, jangan ragu untuk menyebutkannya di kolom komentar ya!



(KotakGame)
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru