Feature

Deretan 7 Game dengan Plot Twist Terbaik yang Bikin Tidak Terduga

oleh: Christa

Halaman 2

5. Final Fantasy X

Siapa sangka salah satu game JRPG PS2 legendaris besutan Squaresoft ini menghadirkan plot twist yang tidak terduga. Final Fantasy X dirilis pertama kali pada 2001, yang mengisahkan tentang kehidupan seorang pria remaja sekaligus pemain Blitzball, yaitu Tidus. Suatu ketika, ia bertemu dengan perempuan bernama Yuna, yang merupakan seorang Summoner. Pertemuannya itulah yang kemudian membuat Tidus jatuh cinta padanya, hingga membuat Yuna merasa galau di akhir permainan.

Baca ini juga :

» Kinclong dan Sungguh Nyata! Inilah 7 Game dengan Grafis yang Realistis!
» Juara Turnamen, Auto Kaya! 7 Turnamen Esports dengan Prize Pool Terbesar di Dunia!
» Game Keren Bertaburan Siap Rilis Di PlayStation! Rangkuman PlayStation Showcase 2021!
» Cedera Hingga Target Sudah Tercapai! 7 Atlet Esports Yang Mengakhiri Karirnya di Usia Muda!
» Masterpiece! 7 Game Yang Diadaptasi Menjadi Film Layar Lebar!
Pada bagian akhir, pemain dapat mengetahui bahwa antagonis sesungguhnya adalah ayah dari Tidus, yaitu Jecht. Namun, plot twist terbaiknya justru bukanlah dari penentuan siapa antagonis sesungguhnya, melainkan sosok Tidus itu sendiri. Setelah Sin berhasil dikalahkan, gamers tentu akan mengetahui bahwa sosok Tidus sebenarnya merupakan mimpi dari Fayth. Kita tahu bahwa Yuna yang berhasil menyelamatkan dunia dengan mengorbankan dirinya. Namun justru Tidus lah yang pada akhirnya harus menghilang, meninggalkan semua dan kenangannya bersama Yuna.

6. Portal 2

Melanjutkan kesuksesan seri pertamanya, alhasil membuat Valve selaku developer merilis seri kedua dari game Portal. Bukan hanya menghadirkan mekanisme puzzle yang menarik dan unik, Portal 2 juga menyuguhkan plot dan unsur komedi yang siap membuat petualangan pemain terasa menyenangkan. Lewat Portal 2, pemain kembali memerankan karakter bernama Chell, yang tentu diganggu secara terus-menerus di sepanjang petualangannya oleh AI menyebalkan, GLaDOS.

Dalam petualangannya, Chell dibimbing oleh Wheatley, yang merupakan programming. Ia membantu Chell untuk kabur dari Aperture Science Enrichment Center. Namun, di pertengahan game, Wheatley justru berkhianat terhadap Chell yang mengambil alih seluruh fasilitas di tempat tersebut. Hal inilah yang membuat Chell terpaksa bekerja sama dengan rivalnya, GLaDOS untuk sementara waktu.

7. Super Mario Bros

Siapa sangka Super Mario Bros masuk ke dalam daftar game dengan plot twist terbaik. Tidak banyak gamers yang menyadari bahkan menganggap bahwa momen Mario setelah melampaui petualangannya di dunia pertama sebagai plot twist. Bahkan pemain juga tidak berharap banyak dari game retro legendaris ini, selain memang ditujukan untuk sekadar menghibur pemain.

Ketika pemain berhasil menyelesaikan dunia pertama, Mario justru tidak bertemu dengan putri Peach seperti yang diharapkan, melainkan Toad. Di situlah, Toad mengatakan bahwa Princess Peach tidak berada di tempat tersebut, tetapi di istana lain. Sebelum menyelamatkan Peach, ini bisa menjadi salah satu twist tertua seperti pemain dikerjai oleh game.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru