Feature

Rekomendasi Komponen Rakit PC Murah Tanpa VGA Versi AMD VS Intel

oleh: Yohanes

Halaman 2



Versi Intel


1. Intel Core i3 10100 Rp. 2.199.000



Sumber: Intel


Ini adalah processor yang memang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan semenjak langkanya VGA dan APU Ryzen beberapa bulan terakhir. Menjadi pilihan yang cukup manis jika kita mendapatkan harganya yang mendekati MSRP sewaktu dirilis. Processor ini sudah dilengkapi dengan Intel UHD 630 yang sudah cukup baik jika kamu ingin bermain game-game ringan, meski belum bisa disandingkan dengan kualitas Vega dari APU Ryzen.

Processor ini juga sudah memiliki 4 cores 8 threads yang memang cukup baik mengingat harganya lebih murah dibandingkan dengan APU dari Ryzen yang kian waktu harganya terus naik dan langka.

Baca ini juga :

» RTX ON Harga Terjangkau! MSI Katana GF66 dan Pulse GL76 Laptop Gaming Tanpa Ghoib
» Rakit PC Buat Pelajar 3 Jutaan Di Tahun 2021, Jangka Panjang Masih Bisa Upgrade!
» Laptop Kere Tapi Spek Gahar? Ini Dia 7 Laptop BPJS Terbaik Dibawah 6 Jutaan!
» Rekomendasi Laptop Untuk Gaming Lancar Maksimal MENTOK Cuma Sampe 10 Jutaan!
» Tetap Ngebut Meski Murah! Inilah Tips Rakit PC Gaming dengan AMD Ryzen 3000

2. Motherboard MSI H410M Pro VH Rp. 1.050.000



Sumber: MSI


Untuk mobo ini juga tidak ada alasan khusus mengapa Kru KotGa memilihnya, selain harga yang cukup masuk akal dan fitur yang ditawarkan sudah masuk menjadi bare minimum jika kamu ingin merakit PC. Kru KotGa tidak menyarankan penggunaan mobo yang lebih murah dibandingkan dengan mobo ini, dengan alasan penggunaan jangka panjang.

Memang mobo yang satu ini cukup ketinggalan teknologinya dibandingkan dengan chipset AM4 milik AMD yang sudah dilengkapi PCIE gen 4 untuk seri A520 sekalipun, dan limitasi terhadap speed ram yang hanya pada angka 2933MHz maksimal. Akan tetapi pada ekosistem Intel, ini adalah pilihan terbaik yang dapat kamu ambil, jika ditimbang dari performa dan harga yang cukup baik.

3. RRam GEIL DDR4 ORION 3000MHz 16GB (2x8GB) Rp. 1.320.000



Sumber: Geil


Ram ini juga sudah cukup baik, dan jika kita mengingat maksimal speed yang dapat diraih dengan Intel pada rakitan ini hanya berada di angka 2933MHz, membeli Ram dengan speed lebih tinggi dari 3000MHz akan terdengar mubazir dan buang-buang uang.

Jika kamu memang memiliki preferensi Ram lain yang menurut kamu lebih worth it dan sesuai denga tema PC yang sedang kamu rakit, tidak ada salahnya untuk mencoba produk lain.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru