Feature

Kemakan Janji Palsul? Ini Dia Deretan Game Yang Hype Abis, Tapi Gagal Memenuhi Harapan!

oleh: Erik Gani

Halaman 2

5. Mighty No. 9


Mighty No. 9 mungkin menjadi salah satu bentuk penipuan marketing yang teramat sangat menghina para pemain. Bagaimana tidak? Mighty No. 9 merupakan anak dari salah satu pencipta seri Megaman X, Keiji Inafune, yang membawa Mighty No. 9 ke ranah kickstarter untuk dibiayai oleh para penggemar. Dalam waktu yang sangat singkat, Mighty No. 9 pun langsung memenuhi target finansial yang direncanakan, dan dipastikan akan rilis untuk semua konsol.

Naas, terjadi apa yang bisa disebut sebagai mismanagement, dimana para tim tidak fokus untuk mengembangkan, dan ada berbagai tuduhan penyelewengan dana. Hasilnya tentu saja sebuah kegagalan yang bahkan memalukan. Semenjak itu, wacana untuk membuat sekuelnya pun dipastikan batal.

Baca ini juga :

» Steam Belum Bisa dibuka? Coba 7 Game Alternatif Ini, Wajib dicoba!
» Indo Pride! Arjuna Indonesia yang Berprestasi di Ajang Esports Internasional!
» Banyak Game Seru yang Layak Ditunggu! Inilah Daftar Game Keren dari Summer Game Fest 2022
» Banyak Game Baru dari Waralaba Populer! Inilah Jadwal Rilis Game di Juni 2022
» Laris Manis Tanjung Kimpul! Inilah 7 Game Indie yang Masih Populer sampai Sekarang

6. Anthem


Siapa yang tak mau menjadi Iron-Man dari Avengers? Anthem adalah sebuah game yang menjawab keinginan para pemain dengan konsepnya yang sangat menarik, menjadi penjelajah planet baru dengan menggunakan eksoskeleton robotik yang super canggih, bahkan pemain bisa bermanuver di udara bak Iron-Man. Memang berambisi adalah hal yang positif, namun jika tidak dibarengi dengan rasa peduli yang cukup, tentu ambisi tersebut akan gagal.

Sayangnya, hal inilah yang terjadi kepada Anthem. Bayangkan saja, sebuah game AAA karya EA ini gagal mengalahkan Warframe yang notabene sebuah game gratisan, bahkan gagal mengalahkan Destiny 2, yang kala itu telah berumur. Kehampaan konten, hingga kurangnya rasa peduli pada game dari developer mengakibatkan developer Anthem mengabaikan roadmap yang telah dibuat.

7. Cyberpunk 2077


Kita tak bisa menutup list ini dengan sebuah game yang sukses membuat para pemain kejang-kejang karena kegagalannya. Bermula dari tema game yang mengambil jalan tak biasa yaitu Cyberpunk, hingga adanya Keanu Reeves, yang merupakan aktor terkenal bahkan melegenda, tentu Cyberpunk memiliki segalanya untuk bisa sukses.

Realita berkata lain, karena ketika dirilis, banyak sekali bug yang membuat permainan tak bisa dimainkan. Mulai dari AI yang berantakan hingga berbagai bug yang merusak game. Kata beberapa pihak, versi PC maupun versi PS5 tidak mengalami hal yang sama, namun belum tentu semua gamer memiliki PC super kuat maupun PS5. Hal inilah yang mencoreng nama CD Projekt Red yang dulu sempat menjadi perusahaan terbaik karena Witcher 3, kini menjadi perusahaan paling dibenci.

Itu dia deretan game yang gagal abis karena marketingnya terlalu banyak janji! Yang mana yang menjadi favoritmu? Langsung komentar dibawa

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru