Feature

Gak Cuman Facebook! 10 Perusahaan Ini Menciptakan Dunia Virtual Metaverse-nya Sendiri!

oleh: Erik Gani

Halaman 2

5. SM Entertainment



Sumber: kpop.fandom

Menyalip YG Entertainment adalah SM Entertainment, perusahaan musik yang menaungi EXO, Shinee, Super Junior dan Red Velvet yang bekerja sama dengan perusahaan KAIST, atau biasa disebut sebagai Korea Advanced Institute of Science and Technology guna mengembangkan dan melakukan riset metaverse pada Juni kemarin. SM Entertainment bersama KAIST berencana untuk melakukan kerja sama di bidang konten, AI dan Robot, serta melakukan penelitian akademik untuk teknologi budaya.

Baca ini juga :

» Banjir Fitur Terbaru! PUBG Mobile 0.19 Hadirkan Map, Senjata, dan Mobil Terbaru!
» [SPECIAL] 5 Hal yang Mengecewakan dari Acara E3 2017

6. SK Telecom



Sumber: Sarta.org

Perusahaan yang satu ini mungkin agak asing, seperti SoftBank. SK Telecom adalah sebuah operator seluler di Korea Selatan yang telah meluncurkan Metaversenya sendiri pada bulan Juli lalu, bernama ifland.SK Telecom sendiri merupakan bagian dari Metaverse Alliance, sebuah aliansi pembuatan metaverse yang diluncurkan oleh Pemerintah korsel yang telah mencakup lebih dari 200 perusahaan serta institusi.

7. ByteDance



Sumber: suara.com

Perusahaan yang satu ini mungkin tidak asing bagi para pembaca. Setelah melejit akibat TikTok, dan mengakuisisi Moonton, Perusahaan asal China tersebut telah mengakuisisi sebuah badan usaha Startup, VR Pico Interactive, dan akan mulai mengembangkan metaverse ke pasar konsumen China.

8. Alibaba



Sumber: blog.logomyway

Raksasa E-commerce yang satu ini pastinya bukanlah pendatang baru dari industri metaverse ini. Jack Ma, selaku pendiri sekaligus pemimpin dilaporkan telah mendaftarkan berbagai merek bisnis menuju Qichacha, sebuah situs platform yang melacak pendaftaran bisnis baru. Adapun merk bisnis yang didaftarkan adalah Ali Metaverse, Taobao Metaverse dan DingDing Metaverse.

9. Tencent



Sumber: mentarimulia.co.id

Setelah merambah kemana-mana, bahkan ke Jepang, Tencent selaku raksasa game asal tiongkok juga tak mau ketinggalan untuk ikut masuk kedalam industri Metaverse. Tak kurang dari 100 merk dagang terkait metaverse didaftarkan, mulai dari QQ Metaverse, QQ Music Metaverse, dan juga Kings Metaverse.

10.Pemerintah korsel



Sumber: detik.com

Nah yang satu ini merupakan kejutan yang tak kalah unik dari YG dan SM Entertainment tadi. Seperti yang telah dibahas datas, Pemerintah Korsel telah membuat Metaverse Alliance yang mencakup 200 perusahaan dan institusi. Tak tanggung-tanggung, pemerintah Korsel menganggarkan setidaknya 600 triliun won untuk tahun 2022 demi mempercepat transformasi digital dan mendorong industri Metaverse! Itu dia deretan perusahaan yang tak sungkan untuk melangkah maju menuju industri metaverse. Yang mana yang akan sukses? Langsung komentar dibawah ya!

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru