Feature

Gak Cuman Facebook! 10 Perusahaan Ini Menciptakan Dunia Virtual Metaverse-nya Sendiri!

oleh: Erik Gani


Beberapa waktu lalu, Facebook menggegerkan publik lewat keputusannya yang mengganti nama menjadi Meta, dimana ini merefleksikan arah tujuan Mark Zuckerberg yang ingin mengaburkan batas antara realita dengan digital lewat proyek VR-nya. Keputusan ini tentunya cukup besar diambil karena CEO Facebook tersebut ingin agar seluruh netizen mengintegrasikan hidupnya dengan dunia digital VR.

Namun dibalik itu semua, terdapat beberapa perusahaan yang telah melangkah menuju dunia VR sebelum Facebook. Yang mana sajakah perusahaan tersebut? Simak langsung rangkuman kru KotakGame dibawah!

Baca ini juga :

» Banjir Fitur Terbaru! PUBG Mobile 0.19 Hadirkan Map, Senjata, dan Mobil Terbaru!
» [SPECIAL] 5 Hal yang Mengecewakan dari Acara E3 2017

1. Apple


Pembuka list ini datang dari salah satu raksasa mobile, yaitu Apple. Apple sendiri berencana untuk meluncurkan perangkat VR menyaingi Oculus milik Facebook. Perangkat ini nantinya akan menampilkan setidaknya 15 modul kamera canggih guna mendeteksi mata. Pengembangan satu perangkat ini mampu mencapai harga dua ribu hingga tiga ribu dollar amerika atau mencapai 30 juta sampai 40 juta Rupiah.

2. SoftBank



Sumber: kompas.com

SoftBank mungkin adalah nama yang asing di telinga netizen Indonesia, tapi percaya atau tidak, SoftBank merupakan raksasa yang cukup terkenal di luar Indonesia. Mulai dari Blockchain, hingga menerbitkan uang kripto miliknya sendiri. Setelah mendapatkan lonjakan harga koinnya mencapai 200% setelah facebook mengumumkan Metaverse, SoftBank selaku salah satu investor Sandbox berkeinginan untuk membangun pengalaman bermain game virtual mereka sendiri.

3. YG Entertainment



Sumber: bisnis.com

Pastinya kalian kaget, mengapa ada perusahaan di industri musik tiba-tiba tertarik untuk masuk ke dunia Metaverse ini? Agensi dibalik Blackpink, Big Bang dan IKON ini pekan lalu mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan universitas Kwangwoon University untuk mengembangkan teknologi metaverse serta Merahuman, yang dirasa akan banyak diincar oleh industri hiburan.

4. Samsung



Sumber: Shutterstock

Jangan kaget kalau ada satu lagi raksasa yang telah mengembangkan Metaverse. Adalah Samsung, perusahaan yang tidak asing bagi seluruh orang di dunia yang telah melangkah terlebih dahulu sebelum Facebook pada akhir Juni lalu. Lewat Samsung Asset Management, Samsung meluncurkan Samsung Global Metaverse Fund guna melangkah lebih jauh menuju dunia metaverse. Wakil Presiden Samsung ASset Management sendiri mengatakan, minat terhadap metaverse Samsung telah tumbuh semenjak pandemi Coivd-19.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru