Feature

No Hoax No Mitos! Ini Dia Kiat Pasti Nge-Charge Handphone Kamu Biar Umur Handphone Makin Panjang!

oleh: Erik Gani


Pernahkah kamu mendengar berbagai kiat-kiat atau anjuran bagaimana sebaiknya mengisi daya handphone. Mana yang benar? Mana yang hanya anjuran tak berdasar? Banyak sekali beredar info-info yang tak kita ketahui apakah hal tersebut benar atau tidak.

Nah untuk memerangi berbagai informasi palsu dan menjaga daya baterai berumur lebih panjang, Kru KotGa telah mengumpulkan sejumlah tips untuk kamu agar handphone mu lebih berumur panjang!

Baca ini juga :

» 2022 Baru Dimulai, Banyak Mobile Game Yang Rilis! 7 Mobile Game Yang Wajib Dipantau Ala Kru KotGa!
» Wangy! Yuk Kenalan Lebih Dalam Karakter Wanita di Three Kingdoms: Hero Legendaris!
» Wibu Jadi Ikut Booyah! Deretan Anime yang Kolaborasi dengan Free Fire!
» Kaum Mending Wajib Baca! Deretan Gadget Ekosistem Murah Milik Xiaomi!
» Anti Fandom Mengenang! 7 Game Rhythm Populer di Berbagai Platform!

1. Hindari Temperatur Ekstrim Ketika Mengisi Daya





Setiap perangkat memiliki cara untuk mengatur suhu dari perangkatnya, namun perangkat ini sangat sensitif dengan suhu ketika kita mengisi daya. Hal ini menjadi sangat penting karena suhu menjadi musuh alami dari perangkat handphone. Oleh karena itu, hindarilah suhu ekstrim ketika mengisi daya, jangan mengisi daya ketika suhu sekitar terpantau terlalu panas atau terlalu dingin, karena bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat. Satu tips yang kadang masih dilupakan adalah untuk membantu persebaran dan suhu dari perangkat ketika mengisi daya, pastikan kamu melepas cover atau casing dari perangkatmu.

2. Matikan Semua Koneksi Ketika Mengisi Daya Atau Nyalakan Airplane Mode



Sumber: Abijita.com

Di era digital ini, sesaat kita tidak memiliki akses internet bisa membuat kita merasa kembali menjadi manusia goa. Hal inilah yang membuat berbagai kalangan masih membuka data dan wifi agar tetap bisa menjaga akses internet. Namun tahukah kamu apabila kamu mematikan akses data internet dan mematikan semua koneksi saat mengisi daya, perangkat kamu bisa fokus untuk mengisi daya saja? Karena apabila mengisi daya sembari mengakses koneksi, daya yang terisi akan berpacu untuk menjaga koneksi dan menambah suhu perangkat yang sudah panas saat dicharge.

3. Jangan Menunggu Daya Sampai Habis Ketika Mengisi Daya



Sumber: ipitaka.com

Poin yang satu ini mungkin terasa redundant, tetapi tetap harus masuk kedalam liat karena masih ada beberapa kalangan yang menghabiskan daya baterai sebelum melakukan charge. Hal ini memang berguna pada baterai handphone lama, namun tidak demikian pada baterai yang menggunakan lithium ion. Ini dikarenakan baterai lithium ion sangat sensitif dan apabila daya habis lalu diisi ulang akan menimbulkan kerusakan pada baterai.

4. Stop Melakukan Overnight Charge



Sumber: Ultimagz.com

Maksud dari pernyataan ini adalah berhentilah meninggalkan perangkatmu dalam kondisi mengisi daya dalam waktu lama atau bahkan ditinggal tidur malam. Bukan karena mitos lama yang membuat baterai gembung, karena handphone sekarang sudah bisa menghentikan daya masuk saat sudah penuh, namun karena setiap daya yang dihentikan berpotensi mengurangi stabilitas daya, dan menaikkan suhu berlebih kepada perangkat. Seperti yang sudah dibahas diatas, suhu adalah musuh utama dari handphone, dan apabila perangkat berada pada suhu panas dalam waktu lama, fungsi pendinginan dari perangkat akan terus bekerja dan mengurangi umur perangkat.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru