Feature

#INDOPRIDE Bincang Hangat Bersama Xccurate: Bisakah Skena CS:GO Indonesia Kembali?


Kevin “Xccurate” Susanto merupakan pemain profesional Counter Strike Global Offensive yang sudah banyak mengharumkan nama Indonesia dan memiliki prestasi sangat banyak di kancah kompetitif CSGO. Xccurate sendiri saat ini terdaftar di tim NKT yang merupakan tim asal Thailand dan menjadi Brand Ambassador dari Logitech. Kru KotGa kali ini berkesempatan menginterview Xccurate secara eksklusif pada saat setelah Xccurate latihan bersama tim NKT.

Kru KotGa sendiri menanyakan banyak hal terutama mengenai pengalaman serta tujuan dari seorang Kevin “Xccurate” Susanto sendiri. Xccurate sendiri memberitahukan banyak hal dan memberi pesan-pesan kepada pemain profesional esports Indonesia agar tidak menyerah dalam berkembang ke kancah esports Dunia. Berikut merupakan interview lengkap Kru KotGa dengan seorang pemain profesional yang sangat super yakni Xccurate.

Kru KotGa: Awal kenal main video game main apa ya? Karena kita tahu banyak jenis video game (PC, Konsol, dan sebagainya)

Xccurate: Pertama aku sih kenal main game tuh PS. Aku main PS 1 sama PS 2 doang baru beralih ke komputer.

Kru KotGa: Inget nggak sih pertama kali main game apa?

Xccurate: Dulu tuh ini, aku inget banget main game-game kayak Crash Bandicoot terus kayak main bola kayak Captain Tsubasa yang ada jurus-jurusnya.

Kru KotGa: Dulu kenal Counter Strike tuh gimana sih awalnya? Ada yang ngajarin atau nggak?

Xccurate: Dulu sebenernya gua mau jadi pemain bola waktu kecil. Tapi berhubung bokap gua usaha warnet dan nggak mau anaknya keluyuran gituloh. Dari situ intinya gua mulai main terus di warnet.


Kru KotGa:Awal masuk ke skena kompetitif tuh gimana sih? Ada yang ajak atau nggak?

Xccurate: Dulu tuh waktu gua main di skena kompetitif tuh awalnya gua main ama temen-temen gua aja sih kayak main fun-fun aja. Dari tim fun itu baru mulai tuh ada yang ngajak, coba yuk ikut tim gua, main di turnamen. Akhirnya yaudah main,main,main. diliat orang, dilirik terus yaudah direkrut tim.

Baca ini juga :

» Rangkuman Update Genshin Impact versi 3.0
» Rayakan Hari Game Indonesia! Inilah 7 Game Lokal yang Mengguncang Dunia!
» Steam Belum Bisa dibuka? Coba 7 Game Alternatif Ini, Wajib dicoba!
» Indo Pride! Arjuna Indonesia yang Berprestasi di Ajang Esports Internasional!
» Banyak Game Seru yang Layak Ditunggu! Inilah Daftar Game Keren dari Summer Game Fest 2022
Kru KotGa: Dulu waktu pertama kali masuk ke kompetitif masuk di tim apa sih?

Xccurate: Awalnya tuh sama temen-temen gua dulu, bukan pro playerlah intinya. Abis itu bikin sama temen-temen gua juga lagi. Terus dari situ mulai beranjak ke tim Jakarta Juggernaut. Nah, abis dari Jakarta Juggernaut ini baru ke Recca Esports terus ke Tyloo dan sekarang NKT.

Kru KotGa: Perasaan masuk tim sebesar Tyloo gimana sih? Ada nggak sih perasaan canggung pas awal masuk di Tyloo?

Xccurate: Dibilang canggung ofcourse, karena disitukan pertama, gua paling muda. Dan itu first experience gua main sama orang-orang jago yang udah berpengalaman lah dan main sama orang yang udah banyak experience yang mereka dapat. Gua pas awal-awal kayak mereka ngomong apa gua nurut. Belum berani buat making decision sendiri.


Kru KotGa: Bedanya main di Tim Indonesia sama Tim Luar Negeri tuh Apa?

Xccurate: Ada, perbedaannya sih paling lebih kearah profesionalitas. Jam latihan lebih ketat terus latihan lebih intens, kayak ada pengalaman baru yang gua dapetin dari mereka, karena mereka berpengalaman kan. Ohh, waktu gua main di Indonesia cuman kayak gini, tapi ternyata mainnya kayak gini ya untuk kelas Internasional.

Kru KotGa: Waktu di Tyloo kan pernah ke Major ya? Gimana rasanya menghadapi pemain-pemain bintang di skena CS:GO ini?

Xccurate: Pas waktu dulu tuh jujur gua tuh kayak, wih lawan ini nih. dulu tuh cuman mengidolakan terus kita bisa ketemu langsung tuh. Tapi setelah gua bertanding melawan mereka, gua disitu realize, semua orang tuh sama. Kayak lu bisa ngalahin dia, kayak nggak bener-bener wah dan mereka punya segudang pengalaman. Karena mereka bermain di eropa terus dan mental mereka sudah terasah. Jadi, kayak pas ketemu mereka udah biasa aja.

Kru KotGa: Selain main Valorant dan CSGO, game apa yang dimainkan untuk hiburan atau mengisi waktu?

Xccurate: Dulu gua biasanya suka main kayak Dota 2 terus Call of Duty Warzone gua juga main, kayak gitu-gitu.


Kru KotGa: Bang Kevin kan saat ini terdaftar di NKT CS GO dan Dewa United Valorant ya, ada niatan nggak sih pindah ke full Valorant?

Xccurate: Untuk niatan mungkin tahun depan, cuman masih belum tahu kapannya.Jadi, sekarang tuh masih ngejalanin dan ngeliatin flownya gimana. Masih menjalankan aja intinya. Kalau emang jalannya kesini yaudah kita ikutin.

Kru KotGa: Bagaimana tanggapan seorang Xccurate buat skena CSGO Indonesia yang bisa dikatakan sedang menurun? Ada nggak sih cara buat naikkin skena kompetitif CS:GO?

Xccurate: Kalau gua boleh jawab sejujur-jujurnya ya. Kayaknya Impossible, kenapa?karena di satu sisi mereka semua (Ex Pro CS:GO) udah pindah Valorant dan lu harus tahu kalau di CS itu lebih sulit daripada Valorant. Ibaratnya, semua orang bisa jago di Valorant, tapi nggak semua orang bisa jago di CS:GO. Tapi orang yang jago di CS:GO udah pasti bisa bermain di Valorant, karena semua basicnya itu dari CS. Jadi, kalau untuk menghidupkan skena CS:GO di Indonesia itu sudah sulit banget menurut gua. Karena level mereka ketinggalan jauh dan rata-rata orang-orang lain startnya udah lebih dulu dibandingkan mereka. Sedangkan kalau di Valorant tuh mereka startnya sama.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru