Feature

Awas Bocor! Deretan Tips Supaya Laptop Kamu Baterainya Gak Bocor atau Rusak Ala Kru KotGa!

oleh: Erik Gani


Di tahun 2021 yang akan segera beranjak ke 2022, kita mendapati berbagai fenomena yang kian menyulitkan berbagai kalangan untuk membeli komputer. Mulai dari mahalnya VGA karena efek Bitcoin, naiknya harga monitor berkualitas, hingga mulai langkanya prosesor karena mulai marak mining menggunakan prosesor, semua seakan menentang netizen untuk membangun sistem PC.

Mulai dari sana, kini kian marak laptop yang menyaingi performa komputer, baik laptop gaming ataupun laptop untuk produktivitas. Namun, kalau banyak sekali rumor dimana kalau ita gaming di laptop, niscaya baterai akan cepat bocor! Mana yang benar? Jangan galau dulu kawan, Untuk kamu yang masih berkutat menggunakan laptop, Kru KotGa punya deretan tips supaya laptop kamu baterainya tidak bocor ataupun rusak!

Baca ini juga :

» PlayStation Plus Diumumkan, Apakah Lebih Worth It Dibanding Xbox Game Pass? Cari Tahu Sekarang!
» Gak Usah Khawatir Bosan! Deretan Game Open World Yang Wajib Kalian Masukin Wishlist!
» Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang KotakGame Awards 2021
» Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mempercepat Laptop Kalian Biar Gaming Maksimal!
» Pantau Jangan Sampai Lepas! Catat Deretan Game Baru Paling Hype Yang Rilis Di Desember 2021

1. Jauhkan Dari Suhu Terlalu Panas Atau Terlalu Dingin





Pembuka dari list ini adalah tips yang mirip ketika kru KotGa membagikan tips untuk handphone. Sekali lagi, suhu adalah musuh terbesar dari seluruh peralatan elektronik, dimana suhu yang terlalu panas akan memacu kerja ekstra dari perangkat, yang selanjutnya akan menguras nyawa dari baterai. Lalu bagaimana dengan suhu yang terlalu dingin? Sama saja karena apabila perangkat terlalu dingin, ada resiko terjadi pembekuan atau formasi es di perangkat. Jadi hindarilah suhu ekstrim!

2. Cabut peripheral Yang Tak Terpakai





Berdasarkan rekomendasi dari PCMag, percaya atau tidak kalau peripheral yang tetap tercolok walau tak terpakai juga akan berperan untuk menghabiskan daya di baterai laptop! Cabutlah peripheral pihak ketiga yang tak terpakai, seperti webcam, external hard drive ketika laptop tidak tercolok! Karena peripheral tersebut akan menguras baterai dan mengurangi umur baterai.

3. Pastikan Ram Selalu Ada Space





Berdasarkan perusahaan komputer dan laptop ternama, Dell menganjurkan untuk selalu memiliki Ram yang cukup untuk melakukan kegiatan. Selain untuk menjaga performa laptop agar tidak terganggu lag, Komputer dan Laptop akan menyimpan data pada Ram apabila memungkinkan. Fenomena ini terjadi karena ini adalah cara untuk mengakses data lebih cepat dan mengurangi beban kerja hard drive, yang selanjutnya akan mengurangi beban baterai yang menggerakkan seluruh proses aktivitas.

4. Jangan Biarkan Baterai Sampai Habis 0%



Sumber: ipitaka.com

Jangan pernah menggunakan baterai laptop sampai 0%, karena ketika sudah mencapai 0%, baterai yang kekurangan daya tersebut akan bekerja ekstra untuk menyalakan kembali segala performa baterai ketika digunakan kembali. Apabila memungkinkan, selalu pasang charger laptop ketika sudah mencapai 20% kurang.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru