Feature

Kamera Laptop Kurang Mantap? Ini Dia Cara Untuk Gunakan HP Kamu Sebagai Webcam Via USB


Setiap laptop memang memiliki webcam, dimana pada masa pandemi ini kalian akan sering menggunakannya untuk online meeting, mengajar secara online, streaming, atau banyak lainnya. Namun apa yang terjadi bila webcam kamu rusak atau tidak jelas karena kamera laptop yang kurang bagus sehingga kamu sulit untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut? Jangan khawatir karena disini kalian bisa gunakan HP kamu sebagai webcam.

Beberapa applikasi smartphone bisa membuat HP kalian menjadi webcam, namun via WiFi. WiFi terkadang bisa tidak stabil, dimana kadang terputus, atau jaringan jelek sehingga kamu bakal sering nge-freeze atau delay pas lagi streaming. Nah disini kita bakal bagi cara untuk menggunakan HP kamu sebagai webcam, tentunya via USB. Yuk langsung saja simak pembahasannya!

Baca ini juga :

» Sebentar Lagi Liburan, Ini Dia Tips Untuk Hemat Batre Saat Kamu Mudik!
» Mengkeren! Ini Dia 7 Gadget Yang Bikin Kamu Kelihatan Keren Saat Mudik!
» Ini Dia 7 Tips dan Trik Yang Bisa Membuat Kamu Lebih Tenang Saat Berinternetan
» iPhone Murah Dipasaran? Jangan Ketipu! Ini Dia Tips Bedain iPhone Baru dan Rekondisi!
» Makin Mantap! Ini Dia Aksesoris Untuk PC Yang Bisa Membuat Kamu Lebih Nyaman Dan Seru!
Mungkin beberapa dari kalian ada yang kepikiran kenapa harus USB? Disini kita bakal jelasin apa aja sih kelebihannya kalau pakai USB untuk Webcam.

1. Dengan USB, koneksi akan lebih stabil dibandingkan dengan WiFi.
2. WiFi juga tergantung pada kecepatan WiFi kamu, dan bila koneksi WiFi kamu jelek sehingga membuat layar kamu nge-freeze pas lagi meeting online, mungkin kamu lebih memilih menggunakan kabel USB.
3. Kualitas gambar yang lebih jernih saat menggunakan USB.
4. Hampir tidak ada delay jika kalian sambungkan dengan USB.
5. Dengan cara ini, kalian juga bisa menggunakan microphone dari HP kalian

Nah cara untuk menggunakan smartphone sebagai webcam via USB ini kalian tentunya akan butuh smartphone, kabel USB yang cocok, dan PC / laptop. Jika kalian ingin berbicara ke orang lain secara online, tentunya kalian akan butuh koneksi internet.

1. Aktifkan Developer Mode



Untuk menggunakan smartphone kamu sebagai webcam menggunakan kabel USB, kamu memerlukan akses ke opsi developer. Temukan 'Build Number' di smartphone kamu, dimana ini biasanya kalian bisa temukan di about yang berada di dalam setting. Setelah itu, tap nomor tersebut 7 kali, setelah itu kalian akan menjadi 'Developer'.

2. Nyalakan USB Debugging



Selanjutnya, kamu harus menemukan 'developer options'. Biasanya di dalam bagian 'Sistem'. Setelah kamu berada di dalam Additional Setting, atau System lalu ke Advanced, di sana kamu akan menemukan 'developer options'. Sekarang ingat bahwa mengubah pengaturan smartphone kamu dapat mengubah cara pengoperasiannya. Kamu selalu dapat mengatur ulang kembali dengan factory reset, tetapi kita menyarankan agar kamu tidak mengubah apa pun yang tidak kamu mengerti. Cari 'USB debugging' dan nyalakan.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru