Feature

PlayStation Plus Diumumkan, Apakah Lebih Worth It Dibanding Xbox Game Pass? Cari Tahu Sekarang!

oleh: Erik Gani

Baru-baru ini, PlayStation baru saja merilis satu jenis layanan baru yang dinamakan PlayStation Plus, sebuah layanan dimana pemain bisa berlangganan agar mendapatkan berbagai game yang bisa dimainkan. Tentu layanan ini menjadi sangat menggiurkan karena ini berarti pemain bisa mulai bermain game-game hanya dengan berlangganan dengan harga yang cukup murah. Lantas, apa perbedaan nya dengan Xbox Game Pass, layanan yang telah lama mendominasi? Kru KotakGame telah merangkum beberapa poin penting agar kamu mengetahui dan bisa memilih yang cocok dengan kalian!

Baca ini juga :

» Gak Usah Khawatir Bosan! Deretan Game Open World Yang Wajib Kalian Masukin Wishlist!
» Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang KotakGame Awards 2021
» Awas Bocor! Deretan Tips Supaya Laptop Kamu Baterainya Gak Bocor atau Rusak Ala Kru KotGa!
» Pantau Jangan Sampai Lepas! Catat Deretan Game Baru Paling Hype Yang Rilis Di Desember 2021
» Pro Player Auto Tajir Punya! Ini Dia Rincian Lengkap Hadiah Pendapatan Yang Didapat Para Peserta TI1

Harga


PS Plus


Sumber: Dualshocker

Karena belum resmi hadir di Indonesia, PS Plus masih belum memberikan harga dalam bentuk Rupiah, namun secara dasar, PS Plus menghadirkan 3 tingkat dalam pembayaran mulai dari Essential, Extra hinga Premium. Kalkulasi harga dari ketiga paket tersebut antara lain:

1. Playstation Plus Essential seharga 10 USD untuk bulanan dan 60 USD per tahun,

2. Playstation Plus Ekstra seharga 15 USD per bulan dan 100 USD per tahun, dan yang terakhir

3. Playstation Plus Premium seharga 18 USD per bulan dan 120 Dollar per tahun.

Xbox Game Pass



Sumber:Aroged

Xbox Game Pass memang telah terlebih dahulu memasuki pasar gaming, dan tentunya memiliki berbagai opsi yang sangat menarik bagi gamer Indonesia. Secara mendasar, Xbox Game Pass memiliki 3 tingkatan, antara lain:

1. PC Game Pass seharga 10 USD per bulan dan 120 USD per tahun

2. Xbox Game Pass seharga 10 USD per bulan dan 120 USD per tahun

3. Xbox Game Pass Ultimate seharga 15 USD per bulan dan 180 USD per tahun.

Secara general dapat diperhatikan bahwa harga yang ditawarkan oleh PS Plus lebih murah jika dihitung pertahun, sedangkan harga dari Xbox game Pass lebih mahal. Namun perlu dicatat bahwa karena PS Plus belum secara resmi masuk ke region Indonesia, belum ada harga atau promo yang menarik, sedangkan untuk Xbox Game Pass ataupun PC Game Pass sudah memperlihatkan promo menarik. Bahkan, PC Game Pass beberapa waktu lalu sudah memperlihatkan promo menarik dimana bulan pertama hanya seharga Rp 1.500,-.

Benefit


PS Plus

Berbicara mengenai benefit, kemarin pihak PlayStation telah membagikan beberapa benefit dari PS Plus yang mana tier Essential akan memberikan dua buah game downloadable per bulan, diskon eksklusif, akses multiplayer online dan Cloud Storage untuk save data. Tier Extra akan mendapatkan seluruh keuntungan dari PS Plus tier Essential ditambah dengan katalog game PS4 dan PS5 berjumlah 400 game, yang bisa didownload dan dimainkan kapan saja, termasuk game AAA dari studio first party Sony dan studio third party. Tier Premium mendapat seluruh keuntungan dari PS Plus tier Essential dan Extra, ditambah dengan akses ke katalog game PS3 via Cloud Streaming, serta katalog ke game PS1, PS2 dan PSP yang bisa di download.

Namun perlu dicatat bahwa ada kemungkinan tier premium tidak hadir di region Indonesia, dan digantikan dengan Tier baru yaitu PS Plus Deluxe yang lebih murah untuk region tanpa Cloud Streaming. Belum ada konfirmasi harga mengenai tier Deluxe ini. Selain itu, PS Plus kedepannya juga akan menjadi satu paket yang mencakup segalanya, dan PSN akan termasuk kedalam layanan PS Plus. Seluruh pengguna PSN akan di migrasi ke PS Plus Premium tanpa biaya tambahan.

Xbox Game Pass


Untuk Xbox Game Pass, salah satu benefit yang paling kentara jika dibandingkan dengan PS Plus adalah hadirnya game pihak pertama dan beberapa pihak ketiga yang akan hadir di Game Pass pada hari pertama. Selain benefit hari pertama, pelanggan Xbox Game Pass Ultimate dan PC Game Pass akan mendapatkan akses menuju EA Play, sebuah layanan subscription milik EA Pribadi. EA Play sendiri memiliki katalog game yang sangat besar yang terdiri dari waralaba Star Wars, Battlefield dan Mass Effect.

Perlu dicatat, Xbox Game Pass memiliki prospek yang sangat besar, karena Microsoft selaku perusahaan di balik Xbox tengah gencar-gencarnya mengakuisisi beberapa perusahaan besar dengan game yang terkenal, sehingga tak bisa diukur seberapa besar potensi game terkenal yang akan dirilis eksklusif untuk Xbox.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler