Feature

Kamu Pengguna Spotify? Ini Dia 7 Tips Playlist Spotify yang Berguna dan Perlu Diketahui!


Playlist adalah komponen inti dari Spotify. Layanan streaming musik populer ini tidak hanya memiliki koleksi lagu yang disesuaikan dengan genre dan suasana hati tertentu, tetapi kamu juga dapat membuat playlist sendiri sebanyak yang kamu suka dan bahkan membagikannya dengan teman atau dunia.

Di bawah ini, kita akan membagikan beberapa tips untuk membantu kamu mengelola playlist Spotify kamu. Perhatikan bahwa sebagian besar tips ini untuk aplikasi desktop Spotify. Tetapi begitu kamu mempraktikkannya di sana, kamu juga dapat menikmati banyak manfaat yang sama di aplikasi mobile Spotify. Penasasran ada apa saja tipsnya? Yuk simak pembahasannya!

1. Cara Mengubah Opsi Penyortiran Playlist di Spotify


Secara default, playlist Spotify biasanya mengurutkan lagu berdasarkan urutan kamu menambahkannya. Namun, kamu dapat mengubahnya dengan mengklik header di bagian atas. Ini berfungsi untuk playlist kamu sendiri, serta playlist dari orang lain.

Klik Judul atau Album untuk mengurutkan sesuai abjad berdasarkan bidang ini. Klik pertama akan mengurutkan dari A-Z, sementara mengklik kedua kalinya akan mengubah pengurutan dari Z-A. Ada juga berdasarkan bidang Tanggal Ditambahkan (Date Added), yang memungkinkan kamu mengurutkan dari terbaru ke terlama atau terlama ke terbaru. Ikon Jam mewakili panjang lagu, dimana jika kamu mengkliknya, kamu dapat mengurutkan playlist berdasarkan lagu dengan durasi terpendek atau terpanjang.

2. Cara Filter dan Mencari Playlist Spotify


Playlist Spotify dapat berisi ribuan lagu, sehingga sulit untuk menemukan lagu yang tepat dengan cepat. Untuk mencari dengan mudah di dalam playlist , tekan Ctrl + F dengan playlist itu terbuka. Kamu juga dapat mengklik ikon kaca pembesar kecil yang muncul di sebelah kiri tab sortir.

Ketik ke dalam kotak yang muncul dan Spotify akan menampilkan kecocokan dalam judul lagu, artis, dan nama album. Kamu dapat menggunakan ini untuk mengonfirmasi apakah sebuah lagu ada dalam daftar putar, melihat semua lagu oleh artis tertentu, dan sejenisnya.

3. Cara Menambahkan Semua Lagu yang Kamu Like Menjadi Satu Playlist Spotify


Perhatikan bahwa Spotify sekarang memperlakukan Lagu yang Disukai sebagai playlistnya sendiri. Dengan demikian, kamu dapat mengeklik tombol Unduh untuk menyimpannya agar dapat didengarkan secara offline (selama kamu memiliki Premium). Ini lebih nyaman daripada mengubah lagu yang kamu sukai menjadi playlist secara manual, karena Lagu yang Disukai akan diperbarui secara otomatis saat kamu menyukai lagu baru.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru