Feature

Banyak Kotoran Di Keyboard Mekanik Kamu? Ini Dia Cara Untuk Membersihkannya!


Keyboard mekanik dengan kualitas tinggi dapat bertahan cukup lama, namun ada satu masalah ketika menggunakannya terlalu lama, yaitu akan ada debu dan kotoran masuk ke dalam keyboard dan hal tersebut dapat keyboard kamu rusak. Disitulah membersihkan keyboard mekanik merupakan tugas yang paling penting untuk merawat keyboard mekanik ini agar bertahan dengan lama.


Kamu harus membersihkan keyboard kamu secara teratur. Mencegah kotoran sebelum menumpuk itu penting, dan bahkan lebih penting lagi jika kamu makan di sebelah keyboard kamu. Seiring waktu, debu dan remah-remah makanan akan menyatu dengan bagian dalam keyboard yang menopang setiap key switch. Itu merupakan hal yang buruk dan tentunya bikin tidak nyaman, sehingga kotoran itu harus disingkirkan setelah menempel. Nah karena itulah kamu harus sering-sering membersihkan keyboard kamu. Daripada lama lagi, yuk langsung aja simak beberapa caranya untuk membersihkan keyboard mekanik!

Baca ini juga :

» Rekomendasi 5 Keyboard Mekanikal Di Bawah 500 Ribuan Untuk Gaming Selama PPKM
» Fans Mechanical Keyboard Wajib Tahu, Inilah Brand Switch Yang Harus Kamu Ketahui!
» Gabut Lagi Ngabuburit? Yuk Simak Tips Menjaga Mechanical Keyboard Biar Awet!
» Mulai Dari 300 Ribu! Berikut Rekomendasi Keyboard Mechanical Gaming Siap Hajar Game Esport
» [Diary Kru KotGa] 5 Keyboard Gaming RGB Terbaik Tapi Tetap Murah!
Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan keyboard mekanik dalam berbagai situasi yang berbeda mulai dari tumpahan minuman hingga penumpukan debu dan kotoran.

Bersihkan Tanpa Mencabut Keycaps


Kamu dapat membersihkan keyboard mekanik kamu tanpa mencabut keycaps-nya, dan caranya pun cukup mudah.

1. Cabut dahulu sambungan keyboard kamu dari komputer.

2. Untuk mengeluarkan debu atau remah-remah, cukup balikkan keyboard, pegang dengan kuat dengan satu tangan sambil mengetuknya dengan tangan satunya. Kamu juga bisa menggunakan vakum untuk membersihkannya.

3. Jika kamu memilikinya, kamu dapat menggunakan kompresor angin untuk mengeluarkan debu dari keyboard mekanik kamu.

4. Lap keyboard kamu dengan kain microfiber yang sedikit lembab, lalu lap kering dengan kain yang kering.

Meskipun bisa dibilang sangat mudah untuk membersihkan keyboard dengan kompresor angin. Tetapi kalau bisa, hindari penggunaan kompresor angin atau yang semacamnya untuk membersihkan keyboard, karena ada dua efek samping yang mungkin terjadi. Pertama, udara yang dikeluarkan oleh kompresor angin cukup dingin saat dikeluarkan. Hal tersebut dapat menyebabkan kondensasi terbentuk pada goresan atau permukaan logam, yang dapat menyebabkan korosi. Kompresor angin juga dapat meniupkan debu langsung ke key switch, sehingga saat kamu menekan keyboard kamu akan terasa ada hal yang bikin ganjal dan terasa tidak enak. Vakum bisa menjadi solusi jika hal ini terjadi, dimana ini dapat menarik debu yang ada di key switch.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru