Feature

AMD Ryzen 7000 Series Desktop Rilis Resmi di Indonesia, Begini Pendapat Para Tech Reviewer Tanah Air

oleh: Yohanes


Akhirnya setelah penantian yang cukup panjang, AMD kembali memperkenalkan Ryzen seri terbaru mereka yaitu 7000 series desktop. Setelah dua tahun semenjak 5000 series diluncurkan pada tahun 2020, dan 6000 series didapuk hanya hadir untuk seri mobilenya, AMD kembali menunjukan taringnya dengan empat prosesor seri 7000 dari Ryzen 9 hingga Ryzen 5.

Kali ini KotakGame telah melakukan beberapa rangkuman mengenai respon-respon reviewer tekno lokal yang sudah melakukan uji coba produk sampel dari AMD ini. Mulai dari Ilham Subki dari Gaptech.ID, Rhodie dari Pemmz, Andi dari Jawara Media dan William dari The Lazy Mondaytelah berpartisipasi langsung untuk memberikan opini eksklusif mereka untuk Kotak Game terkait Ryzen 7000 series ini.

Ilham Subki (Gaptech.ID)






Kru KotGa: AMD Ryzen seri 7000 baru saja diperkenalkan, dan sudah mulai dijual secara resmi di Indonesia, nah Mas Subki kan sudah sempet nyobain produk sampelnya dan merasakan langsung performanya, menurut mas Subki apa sih yang paling menarik dari seri 7000 ini?
Subki: Yang menarik dari Ryzen 7000 series adalah performance per watt. Meski AMD memberikan TDP 170W, kita bisa mengaturnya ke 65W tanpa penurunan performance yang jauh.

Kru KotGa: Yang diperkenalkan baru seri atas ke mid end saja, mulai dari Ryzen 9 hingga Ryzen 5, dan harganya bisa dibilang cukup tinggi dibanding seri terdahulunya. Apalah menurut Mas Subki, seri 7000 ini memang bukan untuk kaum kere hore? Atau ada solusi murah untuk rakit seri 7000 ini?
Subki: Bisa diakui kalau platform baru ini memang tidak murah, dan memang awal perilisannya ini terlihat AMD ingin mengincar pasar enthusiast dulu. Solusinya jika ingin build Ryzen 7000 series ini lebih hemat adalah menunggu motherboard B650 rilis. Sementara untuk kere hore, socket AM4 dengan Ryzen 5000 series, karena harganya sudah turun banget dan performa masih cukup kompetitif.

Kru KotGa: Tingginya frekuensi seri 7000 ini bisa dibilang cukup signifikan dibanding seri sebelumnya, apa ini sejalan dengan performanya? Atau hanya akan berakhir menjadi chipset yang panas saja?
Subki: Bicara clockspeed yang tinggi, tentu ini akan sejalan dengan performanya, tapi tidak dengan efisiensinya. Konsep menekan performa secara maksimal dalam posisi default ini sering kali dilakukan oleh Intel belakangan ini. Tentu menyebabkan panas yang lebih tinggi, tapi AMD mengklaim bahwa suhu CPU mereka dianggap berjalan normal hingga Tjmax 95c.

Baca ini juga :

» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!


Rhodie (Pemmz)






Kru KotGa: AMD Ryzen seri 7000 baru saja diperkenalkan, dan sudah mulai dijual secara resmi di Indonesia, nah Mas Rhodie kan sudah sempet nyobain produk sampelnya dan merasakan langsung performanya, menurut mas Rhodie apa sih yang paling menarik dari seri 7000 ini?
Rhodie: Semua sih cukup menarik, karna boost clock 7000 series ini bisa dibilang sangat tinggi untuk sekarang, even ryzen 5-nya.

Kru KotGa: Yang diperkenalkan baru seri atas ke mid end saja, mulai dari Ryzen 9 hingga Ryzen 5, dan harganya bisa dibilang cukup tinggi dibanding seri terdahulunya. Apalah menurut Mas Rhodie, seri 7000 ini memang bukan untuk kaum kere hore? Atau ada solusi murah untuk rakit seri 7000 ini?
Rhodie: Kalau untuk harga bisa dibilang masih kompetitif, permasalahannya bukan di Harga CPUnya, tapi lebih ke harga mobonya, jadi sekarang harga mobo itu lebih mahal dari harga CPUnya, itu yg buat dilema.

Kru KotGa: Tingginya frekuensi seri 7000 ini bisa dibilang cukup signifikan dibanding seri sebelumnya, apa ini sejalan dengan performanya? Atau hanya akan berakhir menjadi chipset yang panas saja?
Rhodie: Sangat signifikan sih, dan performanya paling tinggi lah di kebanyakan benchmark dibanding intel, untuk panas, masih terbilang biasa aja, selagi mobonya waras, bisa buat boost CPU jalan tinggi, dan punya cooler yang proper, kalo AIO abal-abal under 1jt, terus ngeluh panas, pake casing dengan airflow gak beres, ngeluh di sosmed bilangin panas, nah orang2 kayak gini mainnya kurang jauh pulangnya kurang malam, alias keseringan ngasal kebanyakan ngeluh dan koar-koar hahahhaaa.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru