Feature

Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!


Indsutri game pada awal tahun 2023 ini bisa dikatakan sedang cukup berduka. Bagaimana tidak, banyak game yang tiba-tiba mengumumkan pengunduran diri dari skena game yang ada di dunia. Para publisher dan developer sendiri bukannya tanpa sebab dalam mengundurkan diri dari jagat game ini dan salah satu nama yang paling mengejutkan adalah Apex Legends Mobile yang merupakan game yang masih bisa dibilang baru.

Kali ini KotakGame mau ngebahas mengenai, game apa saja sih yang tutup pada tahun 2023 ini. Berikut adalah daftar game yang bakal tutup pada tahun 2023 ini!

1. Apex Legends Mobile


Diluncurkan pada platform Android dan iOS, game APEX Legends Mobile besutan EA yang rilis pada 17 Mei 2022 diumumkan akan segera menutup game mereka. Respawn Entertainment-pun telah merilis note mereka yang mengatakan ini keputusan yang cukup menyakitkan untuk mereka.

Ada beberapa faktor-faktor diluar kendali pengembang untuk tetap mempertahankan game tersebut. Pada akhirnya mereka-pun harus menutup layanan APEX Legends Mobile pada tanggal 1 Mei 2023 mendatang.

2. Battlefield Mobile


Belum pulih dikagetkan atas tutupnya Apex Legends Mobile, ada satu game lagi dari EA yang diberhentikan pengembangannya sebelum rilis yaitu Battlefield Mobile.

Keputusan ini dibuat karena EA ingin memfokuskan arah mereka di Battlefield untuk membuka potensial baru di franchise ini. Salah satunya adalah mengembangkan Battlefield 2042 dan beberapa hal untuk masa depan Battlefield yang masih dalam tahap pra-produksi.

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Akhir Tahun Banyak Cuan! 7 Game Dengan Diskon Terbesar SEGA Steam Sale 2022!

3. Seven Knights 1


Siapa yang tidak mengenal game RPG legendaris yakni Seven Knights, game ini sendiri sudah lama mengudara di kalangan para gamers dunia maupun Indonesia. Namun, kabar duka harus datang dari game yang sudah 7 tahun bersama menemani para gamers ini akan tutup servernya.

Dilansir dari fans page bernama 7K Dreamers Play yang mengambil postingan dari Facebook resmi Seven Knights Taiwan yang dalam foto postingan tersebut tertulis nantinya game ini akan diturunkan dari App Store serta para pemain tidak akan lagi dapat membeli apapun dari game pada tanggal 9 Februari 2023.

Tutupnya Seven Knights 1 ini menambah list game yang tutup pada awal tahun 2023 ini. Kita ketahui Apex Legends Mobile serta Battlefield Mobile baru saja mengumumkan ketidakberlanjutan game tersebut di ranah mobile games.

4. AutoChess Moba


AutoChess Moba adalah sebuah game MOBA 5 vs 5 hasil perkembangan dari game sebelumnya, Autochess. Sang developer, Drodo dan Dragon Nest, sepertinya ingin menyajikan game Auto-battler miliknya menjadi lebih kekinian.

Sedikit kilas balik, sebelumnya Autochess merupakan sebuah game arcade milik Drodo yang bekerjasama dengan Valve. Bidak yang digunakan pun berasal dari heroes Dota 2. Namun karena beberapa hal, Drodo memisahkan dirinya dari Valve dan membuat game sendiri bernama Autochess bersama Dragon Nest. Mereka hanya mengubah tampilan heroes, namun dari segi skill tetap sama.

Tapi game yang mereka kembangkan ini tidak bertahan lama, 30 Januari 2023 AutoChess Moba secara resmi telah di tutup. Melalui akun Facebooknya AutoChess Moba menginformasikan perihal penutupan game mereka.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru