Release Date13 May 2008
ESRB RatingTeen
GenreVertical Shooter
Publisher
Aksys Games

Developer
Arc System Works

Console
Wii, 360
KOTAK GAME RATING
68
PLAYER RATING
68
BERI RATING
Review

Castle of Shikigami III

oleh: EstuPW

Castle of Shikigami III

Castle of Shikigami III adalah game vertical shooter yang akan membuat fan game Ikaruga ataupun game lama macam Galaga dan Sinistar melompat kegirangan. Mungkin game ini memang tidak cocok untuk selera kebanyakan orang, mengingat game ini muncul pada saat era next-gen merebak dengan grafis indahnya.


Game ini menampilkan gameplay seperti kebanyakan game vertical shooter yang ada di mesin arcade. Kamu akan berperan sebagai salah satu dari sepuluh orang petarung physhic yang bisa terbang dan menembakkan bola-bola tenaga kepada musuh-musuhnya. Walaupun kamu berperan sebagai manusia tetapi mekanisasi dalam gamenya membuat pergerakkan karaktermu seperti mesin. Kamu akan memiliki beberapa variasi senjata yang memiliki kekuatan serta penyebaran yang berbeda-beda selain itu setiap karakter akan memiliki gerakan spesial yang berbeda-beda.

Secara garis besar, gameplay Castle of Shikigami III sangat menantang dan terasa solid untuk ukuran sebuah game arcade. Setiap bagian dalam game ini, berdesain sangat klasik dan mampu memperlihatkan daya tarik dari game vertical shooter yang lengkap dengan ledakan, gempuran senjata musuh dan letusan senjata spesial. Daya tarik game ini terasa sedikit kedodoran bila kita mencoba untuk terus memainkannya. Sama seperti kebanyakan game vertical shooter lainnya, Castle of Shikigami III lebih cocok untuk menggunakan platform arcade yang disetting untuk tingkat kesulitan tertentu sehingga memiliki replay value yang cukup banyak.

Game ini memiliki dua buah mode yaitu, single player dan change mode. Kedua mode tersebut sangat mirip dan tidak memiliki perbedaan gameplay sama sekali, satu-satunya perbedaan yang mencolok adalah pada change mode kita dapat mengganti-ganti karakter sesuka kita. Ikut disediakan juga mode co-op yang membuat kita bisa memainkan game ini bersama seorang teman melewati misi single player.

Skema kontrol Castle of Shikigami III sangat mudah untuk dipahami dan menawarkan banyak opsi yang cukup memudahkan. Pada versi Wii, kamu bisa menggunakan Wii Mote, kontroler klasik ataupun kontroler milik GameCube. Dari ketiga versi kontrol di atas, versi Wii Mote termasuk paling mudah dikuasai dan hanya memakai dua buah tombol utamanya untuk melakukan aksi tembak menembak. Jujur saja, untuk Wii Mote penguasaannya memang paling mudah tetapi akurasinya malah terbilang payah dibandingkan kedua kontrol lainnya yang memakai analog sebagai tongkat kendali. Sering sekali saya tersengat peluru musuh hanya karena reaksi kurang akurat dari penggunaan tombol digital.

Visual dalam game ini cukup baik dan memanjakan mata walaupun mungkin tidak terlalu istimewa untuk sebuah game vertical shooter, grafis yang dihadirkan merupakan campuran dari 2D dan 3D. Castle of Shikigami III memanfaatkan tepi kiri dan kanan layar televisi kamu untuk menampilkan karakter yang sedang anda pakai lengkap dengan tipe senjatanya. Dari segi sound, game Castle of Shikigami III memiliki koleksi soundtrack yang sangat buruk dan repetitf, selain itu pengisi suara serta dialog para karakternya terkesan sangat cheesy dan murahan.


Game ini akan sangat dinikmati oleh orang-orang yang mengidolakan vertical shooter dan sebenarnya game ini memiliki gameplay yang sangat solid serta grafis yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sayangnya pecinta game arcade shooter sudah sedikit berkurang bila dibandingkan dengan era 80 atau 90-an. Sekuel game Castle of Shikigami berikutnya, hanyalah membutuhkan sedikit polesan dan penambahan konten yang membuatnya memiliki replay value lebih tinggi dibandingkan saat ini.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview