Release Date14 April 2009
ESRB RatingEveryone 10+
GenreRole-Playing Game
Publisher
Atlus

Developer
Atlus

Console
NDS
KOTAK GAME RATING
70
PLAYER RATING
70
BERI RATING
Review

The Dark Spire

oleh: Vincent

Page 1

Apabila kamu adalah seorang penggemar game role-playing games klasik yang berhubungan dengan penjelajahan dungeon, harus diakui, game sejenis itu tidak terlalu banyak. Jadi, bagi kamu yang memang sedang menunggu game semacam itu, belilah DS dan mainkan The Dark Spire. Seperti yang baru kami utarakan, game ini merupakan hasil ciptaan Atlus. Tapi sebelum kamu memutuskan untuk membeli DS ataupun memainkan game ini, satu hal yang patut dicatat disini adalah game ini benar-benar sebuah game tradisional.

Game The Dark Spire memiliki gaya permainannya tersendiri. Bila ingin dibandingkan dengan game sejenis, kamu bisa mencoba untuk memainkan Etrian Odyssey terlebih dahulu untuk membandingkannya. Tapi masalah bagus atau jelek, itu adalah masalah selera dari masing-masing kamu.

The Dark Spire merupakan sebuah game RPG tradisional yang benar-benar tradisional. Permainannya menggunakan sudut pandang orang pertama, dengan sedikit jumlah animasi yang ada dalam game dan seluruh desain karakter kamu tergantung pada kemampuan kamu untuk menciptakan sebuah tim yang terdiri dari empat karakter dimana kamu adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan ras apakah mereka dan pilihan kamu untuk memasukannya ke pihak apa (netral, jahat atau baik), lalu kamu tentukan status mereka. Yang harus diperhatikan juga disini, setiap kali kamu membeli sebuah senjata baru ataupun armor baru, kamu harus mencobakannya pada setiap anggota timmu untuk menemukan senjata atau armor apakah yang paling cocok untuk mereka.

Menghidupkan kembali teman seperjalananmu merupakan hal yang paling menyulitkan disini. Alasannya adalah, biayanya sangat mahal. Tantangan pun telah dimulai sejak awal kamu memainkan game ini. Saat pertama kali kamu memainkan, entah mengapa karaktermu benar-benar sangat lemah. Kamu hanya memiliki 4 HP (Level 1). Kamu bahkan membutuhkan mantra hanya untuk mengetahui posisimu dalam sebuah dungeon dan hampir semua peti harta yang ada memiliki jebakan yang mematikan. Harus diakui bahwa game ini merupakan sebuah game RPG strategi yang serius, tapi harus diakui juga kalau game ini memiliki desain yang mengagumkan.

Lalu, apa alasan kamu untuk memainkan The Dark Spire ini? Alasannya mungkin cukup sederhana. Pertama-tama, game ini benar-benar bersifat open-ended, terdapat banyak sekali pilihan dan strategi yang harus kamu pilih dan ini benar-benar sebuah permainan role-playing yang bebas sebebasnya, memberikan atmosfer seakan game ini adalah game yang paling ketinggalan jaman yang pernah ada. Tapi bukan itu saja yang disajikan disini. Tantangan yang diberikan disini juga merupakan tingkat tantangan yang sangat tinggi dan benar-benar memberikan rasa waswas karena kamu tidak tahu apa yang akan menunggu kamu dengan langkah selanjutnya ini. Desain visual yang diperlihatkan dalam The Dark Spire benar-benar terlihat indah, lengkap dengan penampilan gambar animasi tradisional yang terlihat kelam dan terkesan butut.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview