Release Date29 June 2010
ESRB RatingRating Pending
GenreFirst Person Shooter
Publisher
Raven Studio

Developer
Activision

Console
PC, PS 3, 360
KOTAK GAME RATING
N/A
PLAYER RATING
35
BERI RATING
Review

Singularity

oleh: Vincent

Page 1

Bukan rahasia lagi kalau dewasa ini, negara Rusia sering mendapatkan peran sebagai penjahat, tidak peduli dimanapun kisah ini diceritakan. Baik dalam film ataupun game, kebanyakan orang Rusia selalu menjadi penjahat. Hal yang sama juga diterapkan dalam Singularity yang kembali menggunakan negara Rusia sebagai penjahat utamanya dengan menggunakan teknologi perpindahan waktu.

Game ini sendiri menggunakan setting sebuah pulau misterius yang dikenal dengan nama Katorga-12, dimana pihak Rusia melakukan sebuah eksperimen yang melibatkan sebuah substansi bernama Element-99 atau sering juga disebut E99 di era Perang Dingin. Pada tahun 1955, sebuah bencana terjadi di pulau tersebut, sehingga akhirnya menyebabkan pemerintahan Rusia terpaksa harus menjaga agak eksistensi dari pulau tersebut tidak diketahui oleh siapapun kecuali Rusia sendiri.

Pada tahun 2010, sebuah ledakan elektromagnetik tiba-tiba muncul dari Katorga-12 dan menghancurkan sebuah satelit mata-mata milik Amerika. Menanggapi hal tersebut, akhirnya sebuah tim Black Ops dikirimkan ke pulau yang diperkirakan tidak berpenghuni. Tapi tiba-tiba muncul lagi ledakan kedua yang membuat helikopter yang ditumpangi oleh tim Black Ops tersebut jatuh. Prajurit yang tersisa hanya tinggal dua orang dan salah satunya adalah Captain Nate Renko. Ia pun mencoba untuk masuk ke dalam kompleks yang tampaknya sudah lama tidak ditinggali. Kemudian, sebuah gelombang energi aneh melewati dirinya dan Nate Renko mendapati dirinya sekarang berada di tahun 1955 di pulau yang sama.

Jalan cerita tersebut cukup menarik untuk disimak dan kami rasa Kotakers juga akan berpikiran sama. Nah, Singularity ini merupakan sebuah game first-person shooter yang terinspirasi dari game-game seperti BioShock. Kamu akan bertemu dengan banyak sekali monster-monster aneh yang pastinya tidak akan pernah terpikirkan dan tidak terbayangkan di kehidupan nyata. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan banyak sekali prajurit Rusia yang harus kamu hadapi, banyak senjata yang bisa kamu gunakan dan nantinya seiring permainan, kamu juga bisa meng-upgrade kemampuan Renko sehingga menjadi jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Selain penuh dengan unsur action yang kental, kamu juga akan bertemu dengan elemen teka-teki yang cukup banyak tapi dangkal, menemukan jalan cerita yang juga bisa dikatakan termasuk berat dan rumit serta banyak sekali petunjuk yang nantinya akan memberitahu kamu bahwa ada barang-barang yang bisa bersifat menipu. Apabila kamu khawatir game ini adalah sebuah game yang biasa-biasa saja, maka Kotakers bisa merasa tenang untuk memainkan game tersebut. Kenapa? Salah satu alasannya adalah grafis permainan yang cukup bagus, banyak adegan sadis serta gerakan musuh yang tidak kaku.

Yang menjadi kelebihan tersendiri pada game ini terletak pada sebuah peralatan khusus yang disebut dengan Time Manipulation Device (atau sering juga disebut TMD). Apa kelebihan dari peralatan tersebut? Dari namanya sendiri, mungkin Kotakers sudah menyadari apa kegunaan dari peralatan tersebut. Ya, kegunaan utama dari peralatan tersebut adalah kemampuannya yang memungkinkan kamu untuk mengubah suatu benda ke waktu tertentu. Contoh, apabila kamu bertemu dengan sebuah peti yang sudah hancur lebur, kamu bisa menggunakan TMD ini untuk mengembalikannya ke bentuk awal sebelum hancur dan hasilnya, kamu bisa mendapatkan apa yang terdapat di dalamnya. Hal ini juga berlaku untuk beberapa benda lain seperti kunci yang bisa kamu buat setua mungkin agar mudah untuk dihancurkan.

Gagasan seperti ini sebenarnya cukup bagus dan mantap. Bahkan sebenarnya bisa dikatakan cukup jarang digunakan dalam game. Tapi disinilah letak kekurangan dari game ini. Tidak terlalu banyak barang yang bisa kamu manipulasi dengan menggunakan TMD. Selama permainan, kamu akan banyak menggunakan TMD untuk membantu kamu memecahkan teka-teki yang ada dan kadang menggunakannya untuk memperbaiki ataupun merusak suatu benda agar kamu bisa mengakses sesuatu yang tersembunyi di dalamnya.

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview