Release Date18 August 2009
ESRB RatingEveryone
GenrePuzzle
Publisher
Hemisphere Games

Developer
Hemisphere Games

Console
PC
KOTAK GAME RATING
85
PLAYER RATING
85
BERI RATING
Review

Osmos

oleh: Vincent

Page 1

Game yang menggunakan tema lingkungan mungkin untuk sekarang ini masih belum terlalu terkenal, terutama di antara genre-genre videogame yang ada, tapi sekarang, sudah semakin banyak game-game dengan tema seperti itu yang muncul. Osmos merupakan salah satu dari game yang memiliki tipe yang sama dengan yang kami sebutkan diatas. Dalam Osmos, kamu tidak akan menemukan pertarungan gila-gilaan atau pembantaian habis-habisan ataupun karakter dengan desain yang keren dan menggoda.

Osmos adalah game yang lebih bertipe santai dimana dalam game ini, kamu akan diminta untuk memelihara dan membesarkan partikel kamu yang berbentuk seperti amuba secara pelan tapi pasti dan nikmati atmosfernya dan ternyata memang game ini benar-benar memberikan sebuah nuansa baru yang menggoda dan sekali dimainkan, kamu tidak akan bisa berhenti memikirkannya.

Tujuan utama kamu dalam game ini adalah untuk menjadi yang terkuat. Partikel apapun yang lebih kecil dari kamu bisa kamu makan. Tapi apabila kamu bertemu dengan partikel yang lebih besar dari kamu, maka kamu akan merasakan apa yang dirasakan oleh partikel yang lebih kecil yang telah kamu makan. Disini, kamu bisa berenang, tapi sayangnya gerakannya lambat dan agak rumit sehingga membuat game ini memiliki sebuah tantangan tersendiri. Trik untuk memainkan game ini dasarnya adalah untuk membuat karakter kamu meluncur dan bergerak dengan lebih cepat dengan mengeluarkan materi lain dari tubuh kamu. Masalahnya adalah, setiap kali kamu mengeluarkan partikel dari tubuhmu, otomatis tubuh kamu akan menjadi semakin kecil.

Hanya saja kamu tidak perlu khawatir karena disini ada banyak sekali partikel kecil lain yang bisa kamu makan. Apakah di situ hanya ada kamu saja yang berusaha untuk hidup? Sayangnya tidak dan disinilah yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi kamu karena inti utama permainan ini adalah saling memakan dan dimakan dan kamu akan bersaing ketat dengan partikel lain.

Di awal permainan, kamu akan memulai permainan sebagai sebuah partikel yang sangat kecil dan tentu saja level permainan masih mudah. Tapi seiring perjalanan, kamu akan menemukan bahwa ternyata dunia Osmos tidak sebaik yang diduga. Kamu akan menemukan banyak sekali elemen dalam setiap level yang bisa menghalangi proses evolusi kamu dan tentu saja itu sangat menyulitkan. Untungnya, kamu memiliki sejumlah benda tertentu yang bisa kamu gunakan dan itu akan mengurangi tingkat kesulitan yang kamu hadapi. Dengan menekan tombol kanan, otomatis waktu akan menjadi pelan dan dengan mengandalkan wheel pada mouse, kamu bisa melihat dengan lebih dekat ke partikel kamu untuk mengetahui keadaan sekitar.

Grafik yang diperlihatkan dalam Osmos sangatlah indah dan enak untuk dilihat. Bahkan untuk musiknya juga terasa enak dan pas dengan atmosfer permainannya. Uniknya, setiap kali sebuah lagu dimulai, maka pada layar akan keluar judul lagu dan siapa saja penyanyinya. Bagi kamu yang mencari game santai, tampaknya ini akan menjadi game yang paling tepat untuk menemani kamu.

Komentar terakhir dari kami, tim yang telah menciptakan game ini memang benar-benar hebat. Tidak heran apabila game ini berhasil meraih Direct2Drive Vision Award. Walaupun sebenarnya tema yang diusung adalah game yang santai, tapi tetap saja kamu akan mendapatkan tantangan yang seru. Seperti yang sudah kami katakan diatas, game ini wajib dimainkan oleh siapa saja yang memang ingin memainkan game dengan tema santai tapi seru.

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview