Release Date6 July 2010
ESRB RatingMature
GenreRPG
Publisher
Atlus

Developer
Atlus

Console
PSP
KOTAK GAME RATING
85
PLAYER RATING
96
BERI RATING
Review

Persona 3 Portable

oleh: Vincent

Page 1

Mungkin Kotakers sudah sering sekali mendengar game Persona 3. Tidak heran, mengingat sebelumnya game ini sudah dirilis di PS2 dengan judul Persona 3 dan ditambah lagi dengan sebuah versi ekspansinya, Persona 3 FES. Sekarang, Persona 3 kembali hadir dan kali ini Atlus membawa gamenya itu ke konsol portable dengan judul Persona 3 Portable. Dalam Persona 3 Portable, kamu akan menemukan Persona 3 FES yang telah disempurnakan dan seorang karakter perempuan yang baru pertama kali muncul di Persona 3 khusus PSP ini.

Mungkin Kotakers juga sudah mengetahui apa jalan cerita dari game tersebut. Tapi akan tetap membahasnya agar para Kotakers yang belum pernah main sebelumnya bisa mengetahui apa jalan ceritanya disini. Dalam game ini, kamu akan memainkan seorang murid yang baru saja pindah ke Jepang dan saat ia tiba di asrama tempat tinggalnya, ia menemukan fakta bahwa ternyata tempat tinggalnya itu bukan asrama biasa. Setiap malam (tepatnya tengah malam), semua penduduk yang ada di sekitar kamu akan berubah wujud menjadi sebuah peti mati dan akan muncul sebuah menara yang penuh dengan makhluk jahat yang disebut sebagai Shadows. Sekelompok orang yang memiliki kemampuan untuk tetap sadar di saat Dark Hour (julukan untuk waktu tengah malam) dan tugasnya adalah untuk bertarung dengan Shadows. Kelompok tersebut menamakan dirinya Specialized Extracurricular Execution Squad (SEES), sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa murid sekolah.

Pada malam hari, kamu akan pergi ke menara yang disebut Tartarus dengan semua anggota SEES dan bertarung dengan semua jenis Shadows yang ada. Kamu akan bertemu dengan beragam jenis monster, mulai dari yang merayap sampai yang terbang. Pertarungan masih tetap menggunakan pedang dan busur, tapi elemen utama disini adalah Persona yang kamu miliki. Persona ini disebut-sebut sebagai representasi dari diri masing-masing anggota SEES ini. Apabila bingung apa itu Persona, Persona merupakan makhluk yang mirip dengan summon dalam Final Fantasy dan mereka bisa kamu panggil untuk membantu kamu melancarkan serangan-serangan dahsyat untuk mematikan musuh. Bukan hanya itu saja, dari sekian banyak Persona yang kamu dapatkan, kamu bisa menggabungkannya dan menghasilkan Persona baru yang jauh lebih kuat lagi.

Seiring dengan permainan, nantinya karakter kamu beserta dengan semua Persona miliknya bisa naik level dari semua Experience Point yang kamu dapatkan. Oh ya, pemeran utama, beda halnya dengan karakter-karakter lainnya, memiliki keunikan tersendiri dalam hal Persona. Apabila orang lain hanya mampu mengendalikan satu Persona, maka karakter utama kamu bisa menampung beberapa Persona sekaligus dalam tubuhnya dan melakukan perubahan Persona kapanpun kamu mau. Tentu saja itu harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pertempuran ini hanya bisa dilakukan di malam hari dan pada siang hari, kamu akan menjalankan kewajiban kamu layaknya seorang murid yang baik (ingat, karakter utama disini masih SMA, jadi tidak heran apabila ia harus sekolah). Seperti biasa, kamu bisa menjalankan kegiatan sekolah, mulai dari belajar di kelas, bergabung dengan klub dan membina hubungan dengan teman-teman kamu. Setiap kegiatan yang kamu lakukan biasanya bisa mempengaruhi beberapa status kamu. Total status yang bisa kamu tingkatkan disini ada tiga, yakni charm (daya tarik), academics (kepintaran) dan courage (keberanian). Status tersebut cukup penting, mengingat untuk bisa berinteraksi dengan orang tertentu, kamu harus mencapai status tertentu. Apabila status kamu belum cukup, maka kamu tidak akan bisa berinteraksi lebih jauh lagi.

Nah, dengan berinteraksi dengan teman-teman disini, kamu akan membina sesuatu yang dinamakan Social Link. Social Link ini sendiri nantinya akan mempengaruhi kekuatan Persona yang kamu ciptakan dari hasil kombinasi. Kamu bisa memperkuat Social Link tersebut dengan cara berinteraksi dengan teman ataupun orang yang telah kamu temui dan hasilnya nanti, hubungan antara kamu dengan Persona yang kamu miliki akan semakin kuat. Jadi intinya, hubungan kamu ini benar-benar tercipta dari seluruh keputusan yang kamu ambil selama menjalin hubungan tersebut. Mungkin bagi Kotakers yang sudah lama malang melintang di dunia Persona 3, tentunya sudah tahu itu semua.
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview