Release Date27 July 2010
ESRB RatingTeen
GenreAction Adventure
Publisher
Namco Bandai Games

Developer
Game Republic

Console
KOTAK GAME RATING
35
PLAYER RATING
22
BERI RATING
Review

Clash of the Titans

oleh: Vincent

Page 1

Telah hadir, sebuah game yang diadaptasi dari film Clash of the Titans. Tapi sayangnya, game tersebut kurang begitu bagus dan menurut kami, ini bisa dikatakan merupakan salah satu dari game yang seharusnya bisa dibikin menjadi lebih bagus lagi. Tapi entah karena waktu pengembangan yang kurang ataukah game ini hanya dibikin untuk menyesuaikan dengan perilisan filmnya sendiri, hasilnya benar-benar mengecewakan.

Clash of the Titans ini menggunakan setting jalan cerita yang mirip dengan filmnya. Disini, kamu akan mengikuti jalan cerita seorang Perseus, manusia setengah dewa yang mendapatkan misi untuk berhadapan dengan dewa-dewa yang ada di Olympus demi menyelamatkan sebuah kerajaan tertentu. Kamu akan menemukan sejumlah adegan dan karakter yang sama persis dengan versi filmnya.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk menjalankan misi seperti mencari ikan untuk diberikan kepada teman kamu yang sedang kelaparan sampai dengan misi untuk menghabiskan musuh yang jumlahnya sangat banyak untuk membuktikan bahwa kamu memang memiliki kemampuan tersebut. Intinya, game ini memiliki banyak sekali level yang sebenarnya tidak terlalu penting dan signifikan, sehingga cenderung membuang waktu daripada menyenangkan untuk dimainkan.

Cara game ini memberikan misi juga terhitung cukup membingungkan. Pasalnya, game ini bisa memberikan pilihan bagi kamu apakah kamu ingin menerimanya atau tidak dan kami merasa bahwa misi-misi yang diberikan disini lebih cenderung mengarah kepada cara memperpanjang waktu bermain kamu dalam game ini. Kenapa begitu? Karena biasanya dalam game-game seperti ini, kecuali kalau kamu memiliki kebebasan untuk mengerjakan misi mana yang kamu inginkan, maka game tersebut tidak akan memberikan pilihan untuk menerima atau menolaknya. Alhasil apabila kamu menerima misi yang diberikan, kamu hanya akan diberikan misi-misi kecil yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan game tersebut.

Sebenarnya game ini memiliki kelebihan dari segi pertarungan dan sayangnya, bahkan di bagian itupun, game tersebut gagal memberikan yang terbaik. Justru sebaliknya, saat pertempuran melawan musuh terkesan tidak stabil. Musuh yang ada rata-rata tidak menyajikan tantangan sama sekali. Belum lagi senjata yang digunakan disini juga sudah terlampau banyak dan sebenarnya hampir tidak perlu. Karena hanya dengan menyerang menggunakan serangan utama kamu saja, maka mayoritas musuh yang kamu hadapi sudah tidak akan bernyawa lagi. Jadi kami pun bertanya-tanya, apa guna senjata yang begitu banyak itu? Belum lagi fakta bahwa desain senjatanya sendiri benar-benar tidak memiliki kreativitas tersendiri. Senjata tersebut lebih mirip seperti senjata dasar yang telah didesain ulang supaya terlihat lebih keren. Memang ada musuh yang tidak bisa dikalahkan hanya dengan senjata biasa dan membutuhkan senjata tertentu untuk bisa mengalahkannya. Tapi keadaan ini menurut kami justru mengganggu karena kita harus menghabiskan waktu untuk mencari senjata yang tepat untuk menghabisinya, padahal musuh sendiri tidak terlalu hebat.

Bertarung melawan musuh disini juga bukan berarti kamu hanya perlu menekan tombol secara acak. Kadang kala, kamu harus menekan tombol yang tepat untuk bisa mengeluarkan pukulan penghabisan yang bisa menghabisi musuh hanya dengan sekali tebas. Mungkin kamu berpikir, hal tersebut akan membuat permainan menjadi lebih menarik. Tapi faktanya berkata berbeda. Setiap animasi yang diberikan benar-benar membosankan karena terus menerus diulang-ulang sampai kamu bisa mati kebosanan.

Pertempuran melawan musuh seperti ini justru membuat kami lebih banyak menghindari musuh yang ada. Walau kenyataannya setiap kali membunuh musuh bisa menghasilkan sebuah material yang bisa kamu gunakan untuk meng-upgrade senjata, tapi sekarang kembali lagi ke pernyataan kami sebelumnya, dimana musuh yang ada benar-benar tidak menantang sehingga kami berpikir, upgrade sama sekali tidak perlu.

Lalu bagaimana dengan mode multiplayer yang seharusnya bisa menjadi daya tarik dari game yang paling jelek sekalipun? Sekali lagi, game ini gagal menyajikan dan mengeluarkan daya tarik dari mode tersebut. Mode permainan ini tidak bisa dimainkan di semua level yang kamu jumpai. Belum lagi, kamu juga tidak bisa langsung mengendalikan karakter lain, kecuali sampai saat kamu sudah bertemu dengan karakter kedua yang berarti setelah kamu memainkan game ini setelah beberapa jam. Bahkan saat bermain berdua pun, kamera menjadi musuh terbesar bagi para gamer. Kameranya begitu kaku dan benar-benar tidak bisa diandalkan sehingga membuat kami berpikir, lebih baik main sendiri daripada main bersama. Yah, paling tidak bisa membuat "korban" dari game ini berkurang.

Komentar terakhir dari kami, Clash of the Titans sama sekali bukan game yang patut untuk dimainkan. Walaupun kamu memiliki waktu bebas sebanyak apapun, kami sangat menyarankan untuk memainkan game lain yang lebih bermakna dan lebih seru daripada game ini. Maaf. Game tersebut benar-benar gagal dari segala aspek yang ada.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview