Release Date25 May 2003
ESRB RatingTeen
Genre
Publisher
LYTO DATARINDO FORTUNA

Developer
Gravity

Console
KOTAK GAME RATING
86
PLAYER RATING
89
BERI RATING
Review

Ragnarok Online

oleh: EstuPW

Ragnarok Online

Ragnarok Online merupakan MPOCG pertama yang hadir di Indonesia. Mengapa ketimbang menyebut dirinya MMORPG, Ragnarok Online malah menggunakan kata Community dibandingkan Role Play? Untuk lebih jelasnya mari kita simak alasan-alasan berikut ini.

Game Ragnarok Online mendukung fitur-fitur yang kaya akan unsur cinta dan persahabatan, di luar dari fitur game online yang biasanya ada dalam MMORPG. kamu dapat menunjukkan berbagai emosi dengan menggunakan emote icon yang sangat mudah dah simple untuk digunakan. Selain itu sistem menikah dan mengadopsi anak ikut diterapkan demi mendukung tujuan utama game ini, yaitu cinta dan persahabatan.

Interaksi pemain selama memainkan game Ragnarok Online sangat diperhatikan dan sangat mendalam. Kamu akan merasakan serunya berpetualang bersama teman dalam satu party ataupun megahnya pertempuran antar guild yang menghiasi hari-hari kamu selama memainkan Ragnarok Online.

Kelas karakter dalam Ragnarok Online dibuat sedemikian rupa sehingga diharapkan timbul rasa persahabatan yang mendalam di antara para pemain. Efek lainnya kamu dapat memilih peran yang kamu inginkan, apakah maju kedepan sebagai pelindung atau mensupport teman-temanmu dengan skill yang kamu miliki. Mengenai kelas yang dapat kamu pilih, nanti akan saya bahas lebih detail.

Game Ragnarok Online dihiasi banyak kisah menarik yang diambil dari komik Ragnarok buatan Lee Myung-Jin. Selain itu banyak kisah lainnya yang terhubung langsung dengan legenda bangsa Normandia. Seperti jantung Ymir yang dipakai untuk berubah job menjadi job Rebirth.

Cerita utama Ragnarok Online bercerita mengenai peperangan antara dewa, manusia dan iblis yang terjadi secara berlarut-larut dan menyebabkan banyak kehancuran dimana-mana. Akhirnya ketiga pihak sepakat mengadakan gencatan senjata dan perangpun berakhir.

Kedamaian ini berlangsung selama bertahun-tahun. Setelah itu manusia menjadi tidak awas lagi dan mulai melupakan bencana yang ditimbulkan oleh perang. Manusia pun memasuki masa damai dan aman. Lama-kelamaan manusia menjadi angkuh dan egois, mereka melupakan pengalaman mereka selama perang di masa lalu.

Keadaan ini tidak berlangsung lama, monster-monster buas bermunculan di beberapa daerah. Mereka mengamuk menghancurkan siapa saja yang menghadang. Bencana ini tidak berhenti sampai situ saja, serangan monster bertepatan dengan munculnya gempa bumi dan air pasang yang sangat dahsyat. Sebagian besar daerah Midgard terkena bencana dan mengalami kehancuran yang tak terhingga.

Dalam suasana kacau, beredar legenda tentang kebangkitan iblis misterius, yang diceritakan dalam berbagai versi dan memiliki kisah-kisah petualangan yang sangat menarik. Manusia masih menyimpan harapan, di salah satu kisah yang beredar di antara manusia terdapat kisah tentang kepingan Ymir yang dapat menjaga kedamaian.

Petualangan dimulai dengan perjalanan mencari kepingan-kepingan tersebut, ada yang mencari untuk kekayaan ataupun ketenaran pribadi. Namun semua pencarian dimulai tanpa ada seorangpun yang tahu tentang kebenaran utama kepingan Ymir tersebut.

Dunia Ragnarok Online dipenuhi warna-warna terang yang menyala dengan indah. Bahkan kalau boleh jujur penggunaan sprite 2D untuk karakter dan monster, 3D untuk map dan bangunan saya nilai cukup tepat. Penggunaan 2D secara langsung mengurangi kerja komputer dan memperkecil penggunaan bandwith yang dipakai untuk memainkan Ragnarok Online. Ditambah lagi pada saat-saat tertentu, sering terjadi penumpukan karakter di suatu map tertentu. Dengan menggunakan grafis 2D, lag dapat dikurangi, sementara itu 3D pada map dan bangunan, membuat Ragnarok Online terlihat tidak ketinggalan jaman dengan fitur pergerakan kamera yang bebas.

Selain tampilan, dunia Ragnarok Online dipenuhi map, dungeon dan kota yang dapat kamu jelajahi sekaligus berpetualang di dalamnya. Ragnarok Online juga memiliki map yang mengambil tema negara tempat server Ragnarok Online berada, seperti Louyang yang dibuat mirip dengan kota Cina kuno.

Ragnarok Online membagi setiap karakter dalam kelas-kelas yang unik, bahkan terkadang kamu dapat menemui karakter yang memiliki status campuran seperti Priest yang bisa bertempur di garis depan layaknya seorang Knight. Untuk lebih detailnya mari kita simak apa saja yang dapat kamu buat di dalam Ragnarok Online.

Semua pemain yang bergabung dalam Ragnarok Online memulai permainan sebagai Novice. Pada dasarnya Novice hanya memiliki satu buah skill yang berguna untuk mempelajari berbagai kemampuan dasar yang terdapat dalam dunia Ragnarok Online seperti memakai kafra, ekspresi dan lain sebagainya. Pada versi terbaru terdapat pilihan untuk memperoleh skill tambahan dan menjadi Super Novice.

Setelah itu, tersedia berbagai job lanjutan dari Novice seperti Swordman, Mage, Thief, Acolyte, Merchant dan Archer. Job-job tersebut masih memiliki percabangan lagi di level profesi berikutnya. Pada update terbaru Ragnarok Online diperkenalkan job-job tambahan yang tidak memiliki percabangan umum ke job berikutnya seperti Taekwon Boy/Girl, Gunslinger serta Ninja. Penambahan job ini dimaksudkan sebagai pengembangan gameplay untuk memperkaya pengalaman kamu dalam memainkannya.

Setelah kamu puas berpetualang menjelajahi semua lokasi yang ada di Ragnarok Online, dengan syarat tertentu kamu dapat berubah menjadi job selanjutnya yang merupakan peningkatan secara signifikan dari job-job dasar. Selain itu terdapat fasilitas rebirth yang memungkinkan kamu untuk memulai lagi segala sesuatunya dari awal, tetapi kamu akan memiliki banyak kelebihan dibandingkan job biasa.

Dalam dunia Ragnarok Online selain level dibutuhkan juga job level untuk meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Selain itu diperkenalkannya sistem penambahan status melalui sistem kartu yang dapat ditambahkan kedalam perlengkapan ataupun senjata yang kamu miliki, di luar sistem penambahan status pada senjata atau perlengkapan melalu proses menempa.

Selain sistem kartu, dunia Ragnarok Online juga memiliki sistem party dan sistem guild yang baik. Party dalam Ragnarok Online memiliki pembagian experience yang adil dan merata selain itu Guild dalam Ragnarok Online memiliki banyak fungsi seperti bertempur dalam ajang WOE guna memperoleh istana yang nantinya akan digunakan oleh guild yang memenangkan pertempuran.

Sistem-sistem di atas membantu player dalam bersosialisasi dan memperoleh sahabat yang nantinya akan membuat kamu semakin betah memainkan game ini dan mengalami pengalaman bermain yang menarik bersama sahabat, keluarga ataupun pacar.

Dalam dua episode terakhir Ragnarok Online Indonesia memperoleh beberapa update yang cukup menyenangkan, dalam salah satu updatenya, pemain akan memperoleh beberapa perlengkapan baru, membuat slot, quest dan beberapa monster serta dungeon baru. Nama update tersebut adalah “Rachel”. Dikisahkan kota Rachel yang terkenal memiliki tingkat kepercayaan dan spiritual yang tinggi mulai menjalin hubungan dengan kerajaan Rune Midgard. Kisah baru telah muncul, dari perlengkapan yang konon katanya hanya dimiliki oleh dewa dan dewi, kuil dewi Freya yang menyimpan suatu kekuatan misterius, hingga MVP yang di segel oleh api Thor.

Episode kedua belas yang bernama “Veins”, membawa kita ke dalam petualangan lain yang cukup seru. Kamu akan mendapatkan pertempuran seru dilokasi baru, set kartu baru dan sistem WOE yang baru bernama BOE. Battle of Emperium adalah sistem pertempuran baru, dimana masing-masing tim harus mempertahankan sebuah emperium. Sebuah tim dinyatakan menang apabila berhasil menghancurkan emperium milik lawan. Tim dalam Battle of Emperium dapat tergabung dari gabungan beberapa guild. Diceritakan kota Veins dikenal sebagai pusat perhatian dan keingintahuan dari setiap ahli geologi di Midgard. Letaknya yang berupa ngarai dalam di lembah gurun, Veins terkenal di antara peneliti ilmiah sebagai sumber aneh, berbagai barang tambang terbentuk secara alami dengan cara yang unik, sampai saat ini para ahli geologi masih mempelajari sumber yang ada sambil dengan seksama mengamati aktivitas gunung berapi Thor. Ketika memeriksa tembok-tembok ngarai daerah itu, para ahli geologi masih tidak bisa memastikan apakah struktur lekukan yang terbentuk pada kota ini akibat badai pasir dan aktivitas panas gunung berapi? Ataukah memang dibuat dan dibentuk sedemikian rupa oleh penduduk asli Veins sebelumnya.

Setelah berjalan selama bertahun-tahun, akhirnya job tiga dalam Ragnarok Online jadi diterapkan. Job tiga dalam episode ini, merupakan penyempurnaan atau penambahan dari job-job terdahulu. Kali ini kamu akan diberikan kebebasan dalam memilih menjadi job tiga. Kamu tidak diharuskan melakukan rebirth terlebih dahulu dalam mengakses job tiga, sehingga diharapkan dengan segala kemudahan yang ada job tiga menjadi populer dan tidak terlalu menghabiskan waktu seperti job rebirth.

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview