Release Date29 July 2008
ESRB RatingTeen
GenreFighting
Publisher
Namco Bandai Games

Developer
Project Soul

Console
KOTAK GAME RATING
90
PLAYER RATING
82
BERI RATING
Review

Soulcalibur IV

oleh: EstuPW

Soulcalibur IV

Ketika Soulcalibur dirilis di Dreamcast pada tahun 1999, game ini memberikan standar baru pada game fighting di konsol. Perubahan yang terjadi pada setiap serinya tidaklah terlalu banyak walaupun saya akui game ini memiliki daya tarik tersendiri mengingat minimnya game fighting bersenjata yang beredar di pasaran.

Setiap karakter yang ada di dalam Soulcalibur IV akan terasa familiar apabila kamu merupakan pencinta serian ini. Terdapat lebih dari 30 karakter yang dapat kita pilih, termasuk di antaranya Yoda untuk Xbox 360 dan Darth Vader untuk PS3. Semua karakter tersebut dapat kamu peroleh dengan membeli atau mengalahkan mereka pada story mode dan arcade mode. Dengan banyaknya variasi karakter dan modifikasi yang disertakan saya dapat mengambil kesimpulan kalau Soulcalibur IV sangat siap untuk dimainkan secara online.

Nightmare Tidak Pernah Terlihat Sekeren Ini

Soulcalibu IV memberikan banyak kemudahan kontrol untuk pemain pemula sekalipun, berkali-kali saya dikalahkan dengan mudah oleh pemain pemula dengan jurus-jurus keren yang menimbulkan kerusakan besar. Dibandingkan menghapal kombo yang panjang dan bagaimana cara menyerang musuhmu, Soulcalibur IV lebih menekankan kesempatan untuk melakukan serangan, bertahan dan mengelak ke samping. Bukan berarti Soulcalibur IV tidak memiliki kombo panjang ala Tekken, jarangnya pemakaian kombo dalam Soulcalibur IV karena tingkat kesulitan dan timing yang cukup sulit.

Saya rasa semua orang tahu kalau tujuan utama memainkan Soulcalibur adalah mengalahkan semua lawan dan musuh yang menantang dengan cara mengurangi health bar musuh sedikit demi sedikit. Cara kedua adalah dengan membuat musuh keluar arena yang dibuat sedemikian rupa agar memiliki banyak variasi. Seri terbaru kali ini mengenalkan sistem baru yang dinamakan soul crush. Sistem ini dapat membuatmu melakukan gerakan one hit kill yang dinamakan critical finish dengan terlebih dahulu mengurangi soul gauge. Gerakan critical finisih, cukup sulit untuk dilakukan sehingga tidak bisa dijadikan serangan andalan atau serangan murahan.

Siapa Suka Warna Hijau?

Mode online Soulcalibur IV dibuat sangat maksimal dengan banyaknya mode pilihan. Aksi yang dihadirkan tergolong cepat dan cukup bebas lag, walau untuk pemilik koneksi internet yang lambat kamu akan sering sekali menemukan karaktermu terlambat bereaksi dan hal ini sering sekali menyebabkan kematian yang menyebalkan terutama ketika kamu berhadapan dengan musuh yang cukup jago. Kamu dapat memilih untuk bermain secara ranking melawan musuh secara acak ataupun secara bebas bergabung dengan pemain lainnya dalam pertarungan non ranking yang bisa berganti-ganti posisi antara petarung atau penonton tergantung kemenangan. Baik mode arcade ataupun special mode dapat dimainkan secara online, bedanya kedua mode tersebut hanyalah pada bagian aktif atau tidaknya fungsi spesial dari baju dan senjata. Sayang mode tag team dihilangkan dalam pertandingan online Soulcalibur kali ini

Mengingat mode Arcade tidak menawarkan hal baru dan story mode cukup pendek dan penuh teks satu-satunya hal baru yang bisa memenuhi kesenangan saya memainka mode single player hanyalah mode Tower of Lost Souls. Kamu akan meghadapi tantangan bertingkat bersama dengan dua atau tiga karakter tag yang dapat diganti-ganti kapan saja tanpa mendapat penggantian health point. Setiap pertempuran akan memiliki sebuah aturan tertentu yang apabila kita memenuhi aturan tersebut akan diganjar barang-barang rahasia yang cukup menarik (biasanya berupa perlengkapan).

Pedang Yang Serasi Dengan Armor

Membuat karakter di Soulcalibur IV sangat tergantung dengan maksud dan tujuan pembuatan karakter. Bila hanya ingin bermain dalam mode arcade kamu cukup fokus dengan penampilan karakter, hal ini cukup berbeda apabila kamu ingin bermain mode lainnya, kamu harus mempertimbangkan kelebihan atau kekurangan perlengkapan yang kamu kenakan, hal ini mungkin akan membuat penampilan karaktermu cukup norak dan aneh. Setiap perlengkapan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan hal ini tidak hanya terbatas pada kekuatan serangan ataupun kekuatan pertahanan, banyak hal lain yang lebih rumit dari kedua hal di atas.

Mungkin satu-satunya hal yang kurang pas dalam Soulcalibur IV hanyalah hadirnya Yoda, Vader dan The Apprentice. Karakter-karakter tersebut bakal hadir dalam game Lucas Art berikutnya yang berjudul Force Unleashed sayang dalam game ini, mereka hadir hanya sebagai penyemarak suasan dan tanpa kaitan langsung dengan cerita. Yoda akan terasa sulit untuk dikalahkan pada awalnya. Sementara itu Vader mirip dengan gabungan beberapa gaya berpedang karakter lainnya. The Apprentice hadir cukup seimbang dengan gaya bertarung yang cukup orisinil dan sangat mengandalkan force (beberapa serangan akan terlihat seperti “cheap attack”). Yoda dapat kamu peroleh pada versi Xbox 360 dan Vader di PS3, satu-satunya hal yang membedakan keduanya hanyalah (di luar perdebatan mana stick yang lebih enak untuk memainkan game fighting), pada versi PS3 kamu diberikan pilihan untuk melakukan instalasi kedalam HDD yang artinya mempersingkat waktu loading.

Link Berpakaian Wanita?

Secara keseluruhan, Soulcalibur IV sangatlah layak untuk kita mainkan, apalagi bila kamu penggemar berat karya-karya Namco Bandai. Music dalam game ini digarap sangat serius dan saking seriusnya saya merasa bahwa dialog-dialog ataupun komentar narator dalam game ini terdengar sangat cheesy dan meaningless. Di luar masalah karater konyol dari Star Wars dan kostum aneh milik para karakter, Soulcalibur IV sangat layak untuk kita mainkan.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview