Review

Nintendo Switch Inovasi & Revolusi Konsol Hybrid

oleh: Cralizer77

Halaman 1

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya konsol hybrid Nintendo Switch telah resmi dirilis tepat pada tanggal 3 Maret 2017 di seluruh dunia. Konsol terbaru dari Nintendo ini memang menjadi pusat perhatian oleh seluruh gamer karena memiliki tampilan dan fitur yang berbeda dengan konsol pada umumnya. Akan tetapi apakah "gimmick" perbedaan yang dimiliki oleh Nintendo Switch dapat menarik gamer untuk memilikinya? Nah, dari pada kalian bingung, kali ini Kru KotGa akan mengulas konsol Nintendo Switch sebelum membelinya.

Sebelum resmi dirilis, konsol Switch sebelumnya memiliki kode nama "NX" dan pertama kali diumumkan pada musim semi tahun 2015 lalu. Perlahan demi perlahan info mengenai konsol terbaru dari Nintendo tersebut mulai terkuak, mulai dari informasi jeroan yang digunakan hingga bentuk yang akan dimiliki sebelum akhirnya diumumkan secara resmi menjadi Switch pada tanggal 21 Oktober 2016 lalu.

Sebelum lanjut, ada baiknya melihat hebatnya desain konsol Nintendo Switch lewat cuplikan video yang ada di bawah ini.


Kemunculan Switch ini sendiri guna menggeser keberadaan konsol Wii U yang kini dianggap sebagai konsol yang telah "mati" karena sudah tidak lagi diproduksi dan tidak akan lama lagi dukungan oleh Nintendo akan dihentikan. Seakan ingin menjawab respon keluhan para pengguna konsol Wii U yang selalu mengeluh terhadap Wii U GamePad dan mesin Wii U sendiri kurang begitu memudahkan pemiliknya, kini Nintendo telah merevolusi cara lama menjadi cara yang lebih mudah namun tetap menghadirkan tradisinya pada konsol Switch.

Hilangnya dukungan beberapa developer dan publisher besar kepada Nintendo membuat konsol Wii U kembali ke jalan tradisional seperti Nintendo 64 yang membuatnya kurang populer. Seperti berkaca dari kesalahan tersebut, kini Nintendo ingin membuka lebar dan mencari dukungan dari seluruh developer dan publisher besar maupun kecil untuk konsol hybrid Switch ini.

Lantas, mengapa Switch yang memiliki bentuk seperti tablet pada umumnya dapat disebut "konsol"?. Tentunya keputusan ini diambil oleh Nintendo untuk tidak menggeser keberadaan perangkat handheld 3DS yang menjadi moda kedua Nintendo. Selain itu, melihat peluang terhadap besarnya potensi game mobile yang bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja membuat tercetusnya Switch tanpa mengganti peran dari konsol rumahan.

Switch menjadi konsol generasi ketujuh yang dirilis oleh Nintendo, dimana konsol tersebut memiliki konsep desain yang sangat "brilian". Karena Switch dapat "menjelma" menjadi konsol rumahan atau perangkat gaming handheld yang bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, Switch juga dibekali dengan spesifikasi yang cukup tinggi sehingga dapat memainkan game dengan kualitas grafis 3D yang memukai. Dengan fitur layar sentuh dan kontroler yang modular membuat konsol ini sangat berbeda dengan kompetitornya.

Bentuk konsol Nintendo Switch terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan PlayStation 4 Slim, dari segi lebar maka Switch sangat unggul ketika dalam posisi di Dock.

Baca ini juga :

» Secretlab TITAN Evo 2022 Monster Hunter Edition
» Review Nintendo Switch OLED
» FIFA 22
» ROG Strix G15 Advantage Edition
» BenQ Mobiuz EX2701S

Kontroler dari Switch sendiri bernama "Joy-con" dan terdiri dari dua bagian kiri dan kanan. Mengapa bernama Joy-con? Karena kontroler tersebut diambil dari kata "enjoy" yang artinya "menyenangkan". Nah, pemiliki Switch juga dapat memberikan kesenangan dengan orang lain dengan memberikan Joy-con tersebut.

Pastinya kalian akan penasaran seperti apa detail spesifikasi dan apa saja yang bisa didapatkan pada saat pembelian konsol hybrid Nintendo Switch? Kalian bisa melihatnya di halaman selanjutnya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview