Review

Nintendo Switch Inovasi & Revolusi Konsol Hybrid

oleh: Cralizer77

Halaman 2

Dalam pembelian Nintendo Switch, kalian akan mendapatkan beberapa item yang bisa dimiliki, diantaranya:

  1. - Switch console
  2. - HDMI cable
  3. - AC power adapter
  4. - Two Joy-Con controllers
  5. - Two Joy-Con straps
  6. - Joy-Con Grip
  7. - Switch Dock

Seluruh item yang terdapat pembelian tersebut tentunya memiliki fungsi masing-masing dan sudah bisa kalian gunakan sepenuhnya. Kalian bisa mengubahnya ntuk menjadi versi konsol rumahan atau mobile tergantung kebutuhan. Untuk menjadi konsol rumahan kalian dapat meletakan Switch pada "dock" yang telah terpasang kabel AC power dan HDMI atau versi mobile dengan meletakan Joy-con pada sisi kanan dan kiri Switch sampai keluar bunyi khas. Menariknya, setiap pembelian juga terdapat sebuah perangkat Joy-con Grip yang dapat mengubah funsi Joy-con menjadi kontroler konsol rumahan.

Bahan yang terdapat pada Nintendo Switch hampir seluruhnya terbuat dari plastik, baik bodi mesin, Joy-con, hingga layar Switch itu sendiri. Meskipun pada bagian "rail" di mesin maupun Joy-con terbuat dari besi yang sangat kokoh. Sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk patah karena ketidak sengajaan.

Lanjut pada bagian dimensi Switch, konsol hybrid ini memiliki ukuran layar yang sama dengan Wii. Terlihat bahwa Nintendo Switch memiliki dimensi 102mm x 239mm x 13.9mm (dengan Joy-Con terpasang) dan memiliki layar sebesar 6.2 inch LCD dengan resolusi 1280x720 dengan kerapatan pixel (PPI) 236.87. Sebagai perbandingannya, Iphone 7 memiliki 326 PPI, sehingga terpaut 50 PPI. Resolusi yang ditawarkan oleh Switch ini memang tidak bisa dibandingkan dengan konsol kompetitor yang sudah memiliki resolusi di 1080p, dimana Switch hanya mampu menghasilkan resolusi 720p.

Akan tetapi ketajaman resolusi yang dimiliki oleh Switch akan terbayarkan ketika kalian memainkannya secara mobile, karena kecerahan warna yang ditampilkan sangat terang sehingga dapat dimainkan meskipun di atas sinar cahaya matahari sekalipun.

Dibagian bodi mesin Switch, kalian akan menemukan beberapa tombol seperti tombol power, volume, game card slot, 3,5 headphone jack, port USB-C, MicroSD card slot, standing, dan juga ventilasi udara.

Ketika melirik bagian Joy-con, Nitendo seperti kembali menghidupkan kontroler Wii dengan versi yang lebih keren dan simple. Kontroler Joy-con ini sendiri terbagi dalam dua bagian, yakni bagian kanan dan bagian kiri. Bentuk Joy-con juga sangat unik, dimana setiap bagian memiliki beberapa tombol dan sebuah joystick. Karena Joy-con ini memiliki dua bagian, maka kalian juga dapat membagikan bagian lainnya kepada teman atau saudara untuk bisa ikut bermain bersama.

Menariknya, pada Joy-con bagian kanan memiliki beberapa fitur tambahan dibandingkan dengan bagian yang kiri. Dimana pada Joy-con bagian kanan, terdapat fitur NFC yang berguna untuk membaca Amiibo dan Motion IR Camera. Setiap bagian Joy-con memiliki baterai dedicated yang mampu bertahan lebih dari 15 jam dari baterai penuh. Fitur yang paling diunggulkan pada Joy-con ini adalah pembacaan sensor akselerometer dan gyroscope yang sangat cepat dan spesifik ditambah dengan fitur HD Rumble yang membuat getaran yang sangat unik ketika kalian memegang Joy-con.

Untuk mengisi daya dari Joy-con, kalian harus memasangkan dibagian kanan dan kiri dari mesin Switch, karena pada Joy-con tidak terdapat port untuk pengisidan daya baterai.

Perlengkapan lain yang didapatkan ketika kalian memiliki Nintendo Switch adalah Swich Dock dan juga Joy-con Grip. Pada Switch Dock ini berfungsi untuk mengubah Switch menjadi sebuah konsol rumahan yang terhubung dengan layar televisi menggunakan kabel HDMI dan harus tercolok dengan AC Power. Sedangkan Joy-con Grip berfungsi sebagai mengubah fitur Joy-con menjadi kontroler tradisional.

Baca ini juga :

» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» Review Anbernic RG35XX
» EA Sports FC 24
» The Super Mario Bros. Movie

Setelah melirik bagian isi dan bentuk dari konsol Nintendo Switch dan Joy-con beserta item lainnya. Yuk! Simak seperti apa spesifikasi dan bagaimana performa yang dimiliki konsol tersebut dihalaman berikutnya!

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview