Review

Nintendo Switch Inovasi & Revolusi Konsol Hybrid

oleh: Cralizer77

Halaman 4

Sebelum mulai, berikut beberapa pendapat gamer terhadap Nintendo Switch.

Ghosty's Comic

Pertama Kru Kotga menanyakan kepada Ghosty's Comic mengenai tanggapan mereka tentang Nintendo Switch. Ghosty's Comic menjelaskan bahwa "Switch it on! Switch warbyasah banget bikin saya khilaf. Ditunggu Splatoon 2-nya! Terus keluarkan game berkualitas dan rajin perbaiki masalah-masalah teknis yang ada!"

KenjoY

Kru Kotga juga menanyakan kepada YouTuber gaming yang dikenal dengan nama KenjoY mengenai kesannya tentang Nintendo Switch. YouTuber tersebut mengungkapkan bahwa "Nintendo Switch adalah konsol terbaik untuk saya, karena bisa dimainkan di mana saja. Di TV, sendirian, atau bersama. Kerja bagus Nintendo!"

Herry Sudharma

Selanjutnya Kru Kotga bertanya kepada gamer bernama Herry Sudharma mengenai konsol tersebut. Ia memaparkan, "Jadi intinya gue main game berkualitas bagus tapi tidak cuma di rumah." Ketika ditanya tentang fitur apa yang membuat Nintendo Switch berbeda dengan konsol lainnya, Herry menjawab "Fitur hybrid-nya dan fitur Joy-Con." Seperti yang telah banyak diketahui bahwa gamer dapat memperlakukan Nintendo Switch sebagai konsol rumahan dengan memainkannya di TV, maupun sebagai konsol handheld.

Setiadi Permana

Dari sisi toko game, Setiadi Permana (PS Enterprise) memberikan pendapat bahwa "Nintendo Switch merupakan 'game changer' dalam dunia konsol. Karena dengan teknologi hybrid yang digunakan pada sistem Switch ini dimana kamu bisa bermain di rumah, dan di luar dengan cara handheld."

Sukendro Cashernn Apin

Sukendro Cashernn Apin, pemilik Cashernn Online Store, menilai bahwa hal yang membuat Nintendo Switch sangat menjanjikan dan bakal membuat gamer senang dengan konsol ini adalah dari fitur mobilitasnya.

BerakGame

Kalau berdasarkan penuturan Jonathan Pramono dari toko BerakGame, alasan yang membuat gamer harus beli konsol ini adalah kemampuannya untuk menjalankan game secara portable, dan juga kehadiran franchise game Zelda. "Bisa main di manapun berada. Yang demen perjalanan panjang seperti di bus atau pesawat, atau yang demen Zelda."


Launch Nintendo Switch di PS Enterprise

Setelah menurut beberapa komentar di atas, kalian bisa melihat hasil kesimpulan Kru KotGa mengenai Nintendo Switch di bawah ini.

Kesimpulan

Kesan pertama Kru KotGa memegang konsol hybrid Nintendo Switch sangat antusias, melihat bentuk desainnya yang unik dan mengusung konsep hybrid membuat Kru KotGa menjadi sangat penasaran. Setelah beberapa saat menggunakan Nintendo Switch, inilah kesimpulan Kru KotGa terhadap Switch.

Dari dulu Nintendo memang selalu menghadirkan perangkat yang anti mainstream dibandingkan dengan Sony yang sukses konsol PlayStation dan Microsoft dengan Xbox One. Mulai dari Wii, Wii U, 3DS, 2DS, dan kini Switch memang memiliki tampilan yang tidak biasanya dan selalu menghadirkan inovasi yang menarik.

Dukungan dari pihak developer yang sangat banyak untuk Nintendo Switch menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Nintendo. Selain itu, banyaknya game indie yang tengah dipersiapkan untuk Switch menjadi jawaban bagi kalian pecinta game indie.

Mesin Switch memang memiliki bentuk layaknya tablet standar, namun ketika dipasangkan Joy-con disisi kanan dan kiri, kesan tablet murahan tersebut sepertinya hilang.

Menyampingkan sisi kualitas grafis dan menghadirkan pengalaman bermain yang berbeda dengan konsol rumahan biasanya, membuat Nintendo Switch memiliki keunggulan tersendiri serta menjadi daya untuk memikat pada gamer. Nintendo memang selalu mengutamakan fitur gameplay dengan alur cerita yang kuat, sehingga terlihat pada awal perilisan Switch, Nintendo juga merilis The Legend of Zelda: Breath of the Wild sebagai game andalannya.

Spesifikasi yang diusung oleh Nintendo Switch sudah bisa dikatakan sebagai konsol, karena mampu memainkan game 3D dengan kualitas cukup baik. Terlebih Nintendo Switch juga mendukung seluruh game yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine, sehingga kemungkinan kedepannya Switch juga akan memiliki game 3D dengan kualitas yang lebih baik.

Pengalaman hybrid yang ditawarkan oleh Switch memang menjadi nilai jual yang tidak dimiliki kompetitornya, Switch bisa dimainkan menjadi handheld maupun konsol rumahan. Selain itu, Switch juga memiliki kontroler yang unik bernama Joy-con. Joy-con ini memiliki beberapa fitur yang canggih sehingga membuatnya berbeda dengan kontroler konsol lainnya.

Baca ini juga :

» ASUS ROG Strix SCAR G532
» HP pavilion X360 Multi Talenta: Kerja Bisa, Gaming Nyantai Bisa, Serba Bisa!
» ROG Zephyrus G14, Gaming Ngebut dengan Ryzen 9 dan Nvidia RTX
» The Last of Us Part II - Collector's Edition
» Intel Core i5-10600K

Kontroler ini dilengkapi sensor cahaya, accelerometer, gyroscope, dan vibrator sehingga bisa mendeteksi pergerakan kita ketika bermain game tertentu yang mengharuskan kita bergerak. Fitur unik lainnya adalah adanya HD Rumble yang menghadirkan getaran yang sangat realistis.

Bahan Switch maupun Joy-con yang seluruhnya terbuat dari plastik ini membuat Kru KotGa agak kecewa karena rentan terhadap goresan benda tajam. Layar yang dimiliki Switch juga sangat mudah untuk tergores, terlbeih ketika kalian sering memasukan mesin Switch ke Dock tersebut. Kekurangan lainnya adalah susahnya membuka bagian Joy-con Strap yang sudah menempel di Joy-con, dan perlunya ketelitian memasang Joy-con Strap agar tidak terbalik.

Meskipun sudah dilengkapi dengan ventilasi pembuangan hawa panas, mesin Switch tetap terasa panas ketika sedang memainkan game berlama-lama, khususnya game yang memiliki kualitas grafis dan resolusi tinggi. Contohnya pada demo dari Dragon Quest Heroes 1 dan 2, turunnya frame rates akan sangat terasa ketika kalian menggunakan skill dalam game tersebut. Sehingga kalian jangan heran ketika memegang bagian belakang Switch yang agak terasa panas.

Setelah membeli Switch, hal paling utama yang biasanya harus dimiliki adalah pengamanan. Nah, konsol Nintendo Switch ini sangat rentan terhadap kehilangan karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa didalam tas. Terlebih Joy-con yang mudah hilang. Tidak sampai disitu, kalian juga harus memiliki berbagai aksesoris lainnya guna memproteksi Switch mulai dari anti-gores untuk layar, soft case atau hard case untuk mesin Switch atau Joy-con, dan lainnya.

Untuk pembelian konsol Nintendo Switch di Indonesia, kalian harus merogoh kocek sebesar IDR 6.4 juta, dimana setiap pembelian juga mendapatkan dua game eksklusif yakni The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan 1-2-Switch serta tiga buah Amiibo secara acak.

Jadi, perlukah langsung membeli nintendo switch? Tergantung, jika kamu fans berat Nintendo yang penasaran dan ingin bermain game eksklusif seperti Zelda terbaru yang memiliki resolusi grafis 3D yang kece dimana saja, maka konsol ini cocok untuk kamu.

Namun jika kalian memang penggemar game eksklusif dengan resolusi 4K, fps tinggi, dan grafis 3D yang realistis maka kalian cocoknya memiliki konsol kompetitor seperti PS4 dari Sony atau Xbox One dari Microsoft.

So, semua pilihan untuk memiliki Switch itu tergantung dari kebutuhan dan budget yang kalian miliki.

Kesimpulan Review: Nintendo Switch

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Hyrid, mudah dibawa kemana-mana
  • Build hardware bagus dan nyaman dipegang
  • Layar switch bagus dan tajam
  • Joy-con nyaman dan sangat mendukung Switch
  • (-) KEKURANGAN
  • Harga cukup mahal
  • Belum banyak pilihan game
  • Banyak biaya tambahan untuk beli aksesoris
  • Kurang dukungan apps seperti browser, sosmed, video streaming

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview