Review

Metal Gear Survive

Halaman 2

Elemen Survival yang Cukup Solid dan Menantang

Sejak pertama kali dipromosikan kepada gamer, Metal Gear Survive selalu mengutamakan elemen gameplay survival sebagai fokus utama. Usaha yang sempat diragukan ini ternyata berbuah manis, karena semua elemen survival yang ditawarkannya sendiri terhitung cukup solid. Mungkin sebagian besar gamer tidak setuju, tapi memang inilah yang Kru KotGa rasakan setelah memainkannya.

Tidak berbeda jauh dengan kebanyakan game survival lainnya, semua aktifitas yang kamu lakukan adalah usaha untuk bertahan hidup. Menggunakan bangunan khusus sebagai base camp, kamu harus mengumpulkan material dan sumber daya yang cukup untuk meneruskan konstruksi markas. Sistem crafting senjata dan equipment juga di desain dengan sederhana dan efektif, tapi kamu mungkin akan merasa cepat bosan karena proses yang terlalu repetitif.

Tingkat kesulitannya sendiri bisa membuat beberapa gamer frustasi karena karakter yang sangat rapuh pada banyak kondisi. Mulai dari hit point rendah yang memudahkan musuh untuk membunuhmu, sampai batas kapasitas stamina yang tidak bisa diandalkan saat melalukan beberapa aksi (berlari, menyerang musuh, dan bertahan dari kondisi tertentu). Elemen stealth yang cukup berperan penting di seri sebelumnya tidak akan bekerja dengan baik, karena satu kesalahan kecil dapat membuatmu diincar oleh horde zombie yang berbahaya.

Baca ini juga :

» Review Jade Dynasty: New Fantasy
» Review Elden Ring
» Review Horizon Forbidden West
» Review Vivobook pro 14x OLED M7400Q
» Review Uncharted: Legacy of Thieves Collection

Online Co-op yang Seru, Tapi Ternodai Microtransaction Berlebihan

Untuk yang satu ini kamu pasti sudah mendengar beritanya beberapa waktu yang lalu. Yup benar sekali, Microtransaction dalam Metal Gear Survive sudah berada pada tingkatan yang terlalu berlebihan dimana kamu harus membayar untuk bisa membuka slot save karakter baru. Jadi untuk memulai permainan dari awal dengan modifikasi karakter berbeda, kamu harus mengeluarkan uang asli hanya untuk membuka sebuah fitur yang sudah sepantasnya ada dalam sebuah game.

Cukup keterlaluan memang, tapi setidaknya gameplay co-op yang ditawarkan Metal Gear Survive membuat pengalaman bermain menjadi jauh lebih seru. Kamu bisa mengajak tiga teman lainnya untuk berburu material dan sumber daya, sambil bekerjasama untuk membangun sebuah base yang lebih besar. Sayangnya, kamu harus selalu memastikan koneksi internet selalu stabil dan tidak putus bahkan saat memainkan mode single player sekalipun. Jadi jika koneksi putus, otomatis kamu akan langsung dikeluarkan dari permainan dengan progress yang bisa saja juga ikut hilang.


Kesimpulan

Semua aspek yang dibangun dalam Metal Gear Survive ternyata berakhir cukup solid sebagai game bergenre survival, yang memang menjadi fokus dari Konami sejak awal. Tapi menyebut game ini sebagai seri Metal Gear yang "baik" adalah sesuatu yang tidak semudah itu diberikan. Bahkan walaupun game ini berhasil mempertahankan atmosfer khas Metal Gear berkat implementasi Fox Engine, tapi pengalaman yang kamu dapat tidak akan jauh lebih baik daripada kebanyakan game survival lain di pasaran.

Pendapat tentu tidak akan selalu sama, dan bisa saja beberapa gamer pendatang baru justru berakhir menyukai Metal Gear Survive. Berkat masukkan berarti dari para gamer, semoga kedepannya nanti Konami dapat menyempurnakan seri baru yang dapat memenuhi ekspektasi dan mengembalikan nama baik franchise peninggalan Kojima ini.

(KotakGame)

Kesimpulan Review: Metal Gear Survive

60KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Elemen survival yang cukup menantang
  • Atmosfer khas Metal Gear yang masih terasa berkat Fox Engine
  • Co-op multiplayer yang lebih seru
  • (-) KEKURANGAN
  • Jalan cerita lemah dan kurang emosional
  • Variasi gameplay terlalu repetitif dan membosankan
  • Ternodai microtransaction berlebihan
  • Masih belum pantas untuk menyandang nama Metal Gear

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview