Review

Ryzen 5 2400G, Performa Maksimal Harga Minimal

Halaman 1

Mulai pertengahan tahun 2017 hingga saat ini, harga kartu grafis mengalami pelonjakan harga yang cukup signifikan. Hal tersebut dikarenakan tumbuhnya bibit-bibit baru para miner yang tergiur untuk menambang uang digital. Karena itu, para gamer enggan atau mengurungkan niatnya untuk merakit PC gaming sambil menunggu harga stabil meski hal tersebut tidak mungkin dalam waktu dekat ini.

Hingga akhirnya AMD resmi mengumumkan prosesor APU terbarunya dengan arsitektur Zen yang masuk ke dalam varian Raven Ridge. Prosesor desktop tersebut diklaim memiliki integrated graphics paling powerfull. Sekilas, sepertinya prosesor tersebut bisa menjadi solusi ditengah-tengah krisis kartu grafis yang harganya kian menggila.

Nah, jika sebelumnya Kru KotGa telah mengulas AMD Ryzen 3 2200G. Kini kru KotGa mendapatkan kesempatan review kakaknya, yaitu AMD Ryzen 5 2400G. Kira-kira, sejauh mana kemampuan tersebut jika dibandingkan dengan adiknya? Yuk langsung simak ulasan Kru KotGa!

Baca ini juga :

» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» ASUS ROG Ally
» MSI Bravo C7VF
» HP Pavilion Aero 13-BE2001AU
Sebelum berbicara lebih jauh, kru KotGa akan memberitahukan spesifikasi singkat Ryzen 5 2400G. Prosesor tersebut memiliki 4 core serta 8 threads dengan kecepatan clock sampai dengan 3.9Ghz. Integrated graphics yang dimilikinya adalah Vega 11. Sama seperti adiknya, Ryzen 5 2400G hanya memiliki TDP 65 Watt.

Fitur andalan Arsitektur Zen

AMD Ryzen "Raven Ridge" masih masuk ke dalam keluarga arsitektur Zen yang didukung dengan berbagai fitur yang akan menunjang kebutuhan para content creation maupun para gamer. Sama seperti Summit Ridge, prosesor APU Ryzen ini juga dibekali dengan AMD SenseMI. Fitur tersebut memungkinkan sebuah sensor untuk mendeteksi suatu kondisi prosesor entah itu daya, voltase, hingga suhu setiap saat yang akan menyesuaikan kemampuan prosesor.

Salah satu fitur yang diandalkannya juga adalah Precision Boost 2. Hadir dalam versi penyempurnaan dari sebelumnya, Jika versi pertama Precision Boost hanya aktif jika menggunakan 2 core, pada versi terbaru ini juga akan aktif jika semua core digunakan. Beberapa fitur AMD SenseMI lainnya adalah Pure Power, Extended Frequency Range (XFR), Neural Net Prediction, dan juga Smart Prefetch.

Berikut spesifikasi yang Kru KotGa gunakan dalam pengujian:

  • Prosesor: Ryzen 3 2200G & Ryzen 5 2400G @Stock clocks
  • Motherboard: Gigabyte AB350N-Gaming
  • RAM: G.SKILL 2x8GB TridentZ RGB @2933MHz
  • Cooler: AMD Wraith Stealth

Pada halaman selanjutnya kru KotGa akan memperlihatkan hasil benchmark sintetis. Yuk langsung saja ke halaman selanjutnya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview