Review

ASUS RT-AC86U AC2900

Halaman 1

Bagi kamu yang serius mendalami dunia game online dan ingin merakit PC gaming impian untuk menikmati pengalaman bermain maksimal, performa hardware mumpuni pastinya bukan syarat utama yang perlu diperhatikan. Untuk mendapatkan akses bermain game online yang stabil, setiap gamer pastinya butuh koneksi internet yang memadai. Memilih modem, provider internet, hingga opsi instalasi jaringan adalah salah satu langkah standar yang dilakukan banyak gamer untuk memenuhi syarat ini.

Tapi apa jadinya jika kamu ingin merancang sebuah jaringan client yang lebih luas lagi, seperti misalnya di cafe internet? Untuk tujuan yang satu inilah komponen router wajib menjadi pertimbangan. Dengan semakin majunya industri game dari tahun ke tahun, beberapa perusahaan hardware juga mulai beradaptasi dengan mengembangkan hardware untuk kebutuhan gaming. Tidak hanya dari lini hardware PC, tapi beberapa komponen lainnya seperti router juga mendapatkan perlakuan yang sama.

Untuk mengamati seberapa penting peran dari sebuah router gaming, kali ini Kru KotGa sudah mencoba produk terbaru ASUS RT-AC86U AC2900. Lalu, seperti apa performa router ini dalam menangani kebutuhan gaming, streaming, hingga browsing yang cukup intens? Daripada penasaran, yuk! simak review lengkapnya dibawah ini.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» Review Cooler Master GM27-FFS

Lebih dari sekedar desain keren

Semua router gaming di pasaran saat ini cenderung hadir dengan desain keren yang khas, tidak terkecuali dengan RT-2900 yang memadukan warna hitam dan merah dengan desain yang terlihat lebih memanjakan mata dibanding router dengan bentuk box hitam biasa. Dalam paket penjualannya router ini sudah hadir dengan tiga antena bawaan, power adapter, dan kabel ethernet yang langsung bisa dikonfigurasi. Sayangnya router ini sudah memiliki stand permanen untuk memosisikannya secara vertikal, jadi kamu tidak bisa memasangnya di tembok maupun posisi lain.

Sementara di bagian router sendiri sudah ada 8 LED indikator untuk mengamati aktivitas WPS, WI-FI, LAN, dan WAN. Pada bagian belakang sudah ada berbagai port yang termasuk 4 sambungan LAN, satu port untuk WAN , port USB 2, port USB 3.1, tombol power dengan lampu indikator dan tombol reset. Terakhir pada bagian samping terdapat tombol sambungan WPS dan Wi-Fi yang bisa diaktifkan kapan saja.

Desain yang keren bukan satu-satunya keunggulan pertama dari router ini, karena ada banyak sekali tambahan fitur yang dapat dikustomisasi dengan mudah melalui aplikasi web dan smartphone yang sudah disediakan. Desain sederhana dari user interface ASUSWRT juga memberikan kemudahan untuk mengakses pengaturan router yang lebih kompleks lagi. Dengan sekian banyak fitur yang ditawarkannya ini, kamu dapat merancang susunan jaringan yang paling ideal untuk kebutuhan gaming sekaligus browsing yang tidak hanya mudah diakses banyak pengguna, tapi memiliki kecepatan yang tetap stabil.

Untuk detail spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat pada tabel dibawah ini:



Beragam fitur gaming kekinian

Sebelum memasuki bagian instalasi dan performa, ada baiknya bagi kamu untuk mengetahui beragam fitur andalan dari RT-2900 ini. Pertama dari segi spesifikasinya router ini sudah dibekali dengan processor dual-core 1.8GHz 64 bit (kecepatan transfer data USB bisa mencapai 110MB/s dan download/upload hingga 1600Mbps - dari WAN ke LAN), RAM 512MB, Flash Memory 256MB, dan juga Wi-Fi dengan NitroQAM dan teknologi streaming hingga kecepatan 5GHz yang sangat mumpuni.

Melihat spesifikasinya saja kamu sudah bisa menebak seberapa solid performanya saat digunakan, tapi fitur khusus gaming yang ditawarkan dari router ini justru lebih menggiurkan lagi. Salah satunya yang paling menarik perhatian adalah WTFast. Bagi kamu yang masih asing dengan fitur ini, WTFast memiliki fungsi untuk menyambungkan koneksi pada server yang lebih mudah dijangkau untuk memaksimalkan performa. Jadi saat kamu sedang melakukan matchmaking atau sekedar bermain game dalam satu server, maka kamu sudah dipastikan berada dalam suatu jaringan tercepat yang bisa dijangkau oleh WTFast. Detail cara kerjanya bisa kamu lihat dibawah ini.

1. Menurunkan ping rata-rata hingga 30-60 persen
2. Menurunkan deviasi kecepatan hingga 70-90 persen
3. Menurunkan lonjakan koneksi buruk dari router hingga 70-90 persen

Selain fitur yang mengutamakan performa, ada juga fitur keamanan AiProtection yang menjaga seluruh akses jaringan dari serangan cyber crime dan virus yang dapat mencuri data pribadi. Kamu juga bisa mengatur sistem Parental Control yang dapat memberikan kebebasan untuk mengatur akses teraman. Contohnya seperti saat kamu ingin membatasi situs mana saja yang boleh diakses oleh anggota keluarga dan mana yang diblokir.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview