Review

Star Ocean: Anamnesis

oleh: Culdesacc

Halaman 1

Sejak Star Ocean dirilis di Playstation pada tahun 1998, serial besutan Enix dan Tri-Ace ini merupakan game Action RPG unik dimana para pemain bertarung dalam arena 3D dengan sistem yang cukup unik. Berlanjut dengan Till the End of Time di PS2, The Last Hope di PS3 dan Integrity and Faithlessness di PS4, serial Star Ocean hingga kini menjadi game dengan jumlah fans yang cukup besar hingga sekarang.

Dalam rangka merayakan 20 tahun sejak game tersebut dirilis, Square Enix dan Tri-Ace merilis sebuah game gacha dari serial Star Ocean dengan judul Star Ocean: Anamnesis. Game tersebut menghadirkan grafis sensual dari serial Star Ocean yang diperlihatkan sejak Integrity and Faithlessness ke dalam sebuahG game mobile. Mampukah game ini menghadirkan gameplay dari Star Ocean dengan sempurna ke dalam game mobile? Yuk, simak review Star Ocean: Anamnesis!

Baca ini juga :

» Chess Rush
» [Review] Mobile Legends: Adventure
» Kingdom Hearts III
» Mobile Royale
» Brawl Stars
Storyline standar ala game gacha

Dalam Star Ocean: Anamnesis, kamu berperan sebagai seorang kapten dari kapal luar angkasa GFSS-3214F. Sayangnya, kapalmu disergap dan mengakibatkan sistem hyperspace drive dari kapalmu mengalami malfungsi dan kamu terpental ke ujung angkasa. Namun dengan bantuan gadis misterius yang dapat memanggil bantuan para pahlawan dari ruang dan waktu yang berbeda, kamu harus menemukan jalan menuju planetmu kembali.

Sayangnya, cerita dalam Star Ocean: Anamnesis bukanlah suatu hal menarik yang bisa menjadi daya jual karena game ini hanya menawarkan cerita 'standar' yang bisa ditemui dari game-game cross-over gacha sejenis. Hanya terdapat dua karakter yang benar-benar memiliki peran dalam game ini, dan bisa dibilang karakter tersebut hanya ada untuk mengisi kekosongan dalam game ini.

Mekanisme permainan yang dipersimple

Walau memiliki cerita yang terbilang standar, mekanisme permainan lah yang membuat Star Ocean: Anamnesis mulai bersinar. Anamnesis menawarkan pengalaman gameplay ala Star Ocean yang dipersimple karena menggunakan display vertikal, berbeda dengan game Action RPG sejenis yang menggunakan display horizontal.

Gameplay masih menggunakan sistem range serangan seperti dalam game Star Ocean, dimana jenis seranganmu akan berubah sesuai dengan jarak karakter dengan musuh. Karakter bisa digerakkan dengan flick, dan menyerang langsung musuh dengan sekali tap. Setiap karakter memiliki 3 skill, dan satu skill Rush yang bisa digunakan setelah bar Rush terpenuhi.

Dengan memanfaatkan display vertikal ini pula, desain karakter bisa dilihat dengan detil yang lebih jelas. Karakter-karakter dari game klasik yang kembali muncul dalam game ini juga kembali dihadirkan dengan kualitas grafis current-gen, jadi unsur nostalgia karakter juga menjadi nilai tambah.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview