Review

Octopath Traveler

oleh: VolkanKaya

Halaman 1

Mempertahankan daya tarik dari game klasik memang bukanlah tugas yang mudah bagi developer berpengalaman sekalipun. Karena selain dirasa sudah ketinggalan zaman, sudah banyak game penerusnya di pasaran yang terlihat lebih menarik dan inovatif. Hal yang sama bisa dikatakan untuk genre JRPG, karena setelah dominasinya yang sangat solid di era tahun 90-an, genre ini dipandang segmentif dan mulai kehilangan basis fans setia. Walaupun tidak sepenuhnya salah, genre JRPG sendiri masih terbukti dapat diterima dengan sangat baik oleh gamer veteran maupun pendatang baru yang penasaran akan daya tariknya di masa lalu.

Buktinya saja bisa dilihat dari kasus Octopath Traveler, dimana Square Enix sudah mengajukan permohonan maaf karena keterbatasan stok versi fisik yang habis sampai dua kali. Pencapaian luar biasa ini bahkan tidak diduga oleh Square Enix dan semakin membuktikan kalau genre JRPG masih memegang posisi kuat di pasaran. Alasan dari kesuksesan Octopath Traveler sendiri terletak dari konsepnya yang mirip dengan JRPG bergaya retro.

Baca ini juga :

» ASUS TUF Gaming VG27AQ, Kenyamanan Sempurna!
» ASUS ROG Strix G531GD
» ASUS ROG Zephyrus M GU502GU
» Judgment
» ROG Zephyrus S GX502GW

Untuk membuktikan apakah anggapan ini lebih baik atau tidak, Kru KotGa memutuskan untuk memainkan gamenya secara langsung selama satu minggu terakhir. Dengan porsi permainan yang cukup walaupun masih belum sepenuhnya tamat, Kru KotGa sudah merangkum reviewnya yang bisa kamu simak dibawah ini.


8 cerita, 1 petualangan

Premis dari Octopath Traveler sendiri cukup sederhana, dimana kamu akan dibawa dalam petualangan yang memperlihatkan perspektif delapan jalan cerita berbeda. Setiap ceritanya sendiri mengambil latar dari tempat asal karakter utama yang ada. Saat memulai permainan, kamu bisa memilih untuk memulai jalan cerita dari sudut pandang salah satu karakter. Untuk skenario ini, Kru KotGa memilih seorang pencuri bernama Therion sebagai karakter yang akan memandu petualangan besar ini. Nasib yang dihadapi Therion sendiri cukup tragis, dimana dia harus menyingkirkan statusnya yang hancur dari simbol Fool's Bangle setelah gagal menyusup ke rumah bangsawan keluarga Ravus. Setelah memenuhi permintaan Cordelia Ravus untuk mencari harta peninggalan Dragon Stone yang dicuri, Therion akhirnya memulai sebuah petualangan besar yang tidak terduga.

Dari sinilah kamu mendapat kesempatan untuk menjelajahi tanah Orsterra yang luas dan penuh tantangan. Tidak ada batasan alur cerita linear yang mengikat, kamu bisa mengunjungi tempat dimana salah satu dari kedelapan karakter utama lainnya berada dan mengajaknya dalam petualanganmu. Karena Therion hanyalah satu dari karakter utama yang ada, otomatis kamu juga akan memulai jalan cerita baru dari sudut pandang karakter lain yang diikuti dengan bergabungnya mereka sebagai anggota party. Konsep yang unik ini sayangnya tidak diikuti dengan kesan hidup dari interaksi antar karakter. Jadi walaupun kamu sudah mengumpulkan delapan karakter utama menjadi satu rombongan petualang, nyatanya setiap karakter memiliki sudut pandang, latar belakang, dan motivasi berbeda yang ingin diraih.

Hasilnya sendiri membuat perspektif jalan cerita yang ada tidak saling berhubungan satu sama lain. Jika digambarkan, Octopath Traveler rasanya seperti delapan game yang dirangkum menjadi satu. Sebenarnya ada momen dimana semua karakter utama bisa saling berinteraksi, tapi sebagian besar porsi gamenya hanya menjadikan mereka sebatas tambahan party member untuk membantu pertarungan. Karena datang dengan latar belakang dan profesi yang berbeda, setiap karakter memiliki satu kemampuan spesial yang bisa digunakan di luar pertarungan. Misalnya saja seperti Alfyn yang dapat mengumpulkan informasi penting berkat kemampuan sosialisasi yang hebat, atau Therion yang dapat mencuri barang berharga NPC, semua kemampuan ini memiliki peran penting dalam menyelesaikan side quest khusus.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview