Review

Icarus M, Sensasi MMORPG Kelas PC Dalam Genggaman

oleh: VolkanKaya

Halaman 1

Setiap negara pastinya memiliki gamer dengan selera berbeda. Jika di wilayah barat eksistensi game mobile tidak disambut baik karena banyaknya microtransaction dan kualitas mengecewakan, maka di wilayah Asia khususnya Indonesia game mobile justru sudah dimainkan oleh banyak sekali kalangan. Walaupun kebanyakan game mobile tersedia secara gratis, nyatanya hanya beberapa game saja yang berhasil menawarkan kualitas solid.

Salah satu game mobile yang menarik perhatian Kru KotGa belakangan ini adalah Icarus M. Game yang awalnya akan diluncurkan Netmarble secara global ini sempat menemui kendala dari developer WeMade yang memutuskan untuk meluncurkan gamenya sendiri. Setelah memasuki masa tes terakhir beberapa waktu lalu, Mobile RPG yang sudah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir ini akhirnya resmi dirilis untuk wilayah Korea Selatan. Karena penasaran dengan konsepnya, Kru KotGa akhirnya mendapat kesempatan untuk mencoba gamenya secara langsung dan sudah merangkum ulasan review yang bisa kamu simak dibawah ini.


MMORPG kelas PC dalam genggaman

Icarus M awalnya dikembangkan sebagai mobile RPG yang mengambil inspirasi dari game MMORPG PC dengan nama serupa. Game yang juga dikembangkan oleh WeMade tersebut sempat menjadi hits di beberapa negara, tapi untuk menjangkau lebih banyak pemain dibuatlah versi mobilenya yang lebih ringkas ini. Untuk memaksimalkan kualitasnya, pihak developer tidak ragu untuk mengimplementasikan gameplay action bertempo cepat yang dipadu dengan kualitas grafis berbasis Unreal Engine 4.

Hasilnya sendiri sangat luar biasa, Icarus M terlihat tidak jauh berbeda dengan MMORPG kelas konsol dan PC sekalipun. Tapi seperti yang bisa Kru KotGa prediksi di awal, game ini membutuhkan performa mumpuni dan stabil. Hanya memasuki setengah jam permainan awal, smartphone dengan performa standar mungkin akan langsung kepanasan dan kehilangan banyak daya baterai. Semua itu juga belum ditambah dari server yang masih belum sepenuhnya stabil, jadi jangan heran jika kamu akan sering mengalami kendala jaringan yang kacau saat bermain secara co-op.

Keseluruhan konten dalam Icarus M benar-benar dipoles dengan sangat baik. Walaupun Kru KotGa awalnya cukup skeptis, game ini berhasil menjadi salah satu mobile RPG pertama yang bisa menyamai kualitas sebuah game konsol dan PC. Kelebihan lain juga bisa dilihat dari konsep gameplay yang sama sekali tidak dikurangi dari versi PC-nya. Satu-satunya perbedaan mungkin hanya dari kontrol dan penyederhanaan tampilan UI.

Baca ini juga :

» PlayStation Classic
» Grand Chase Mobile
» Brazen Spirit 2.1
» ASUS TUF Gaming FX705
» Epic Seven, Mobile RPG dengan Animasi Terbaik?

Gameplay action kelas atas yang kaya variasi

Saat pertama kali memulai permainan, kamu bisa memilih karakter dari beberapa kelas mulai dari Gladiator, Artist, Wizard, Ranger dan Assassin. Pilihan kelas karakter yang paling menarik sendiri adalah Artist, karena walaupun terlihat seperti karakter support, ternyata kamu dapat melancarkan serangan magic jarak jauh dan AOE dengan output damage yang sangat tinggi. Sama seperti kebanyakan game MMORPG lainnya, dari awal kamu sudah diberi kebebasan untuk melakukan ragam aktivitas mulai dari bergabung dengan guild, berburu monster secara co-op dengan 10 pemain lainnya, dan melakukan ragam misi untuk memperkuat karakter dari segi skill dan juga kekayaan sumber daya.

Dalam game seperti ini kamu tentunya harus memiliki reputasi, jadi mengikuti sebanyak mungkin misi dan melakukan grinding adalah dua aktivitas yang harus sering dilakukan. Seiring berjalannya permainan, kamu bisa mengakses beberapa sistem baru yang unik seperti menjinakkan monster liar dan menggunakannya dalam pertempuran atau mengikuti pertempuran epik di udara dengan menunggangi monster. Saat memainkan game ini pertama kali, Kru KotGa merasa kalau Icarus M adalah wujud asli dari iklan game palsu yang sering bertebaran di sosial media, tapi kali ini kualitasnya bahkan lebih superior dan tidak hanya sekedar animasi CG yang berlebihan.

Icarus M menawarkan dunia yang luas dan memiliki ekosistem berbeda untuk dijelajahi. Mulai dari wilayah hutan lebat, gurun, bahkan sampai area yang dipenuhi bekas peninggalan pertempuran didesain dengan sangat baik dan memberikan atmosfer dunia fantasi yang hidup. Saat menghadapi pertempuran dengan salah satu monster, kamu bisa mengakses beragam skill layaknya game mobile RPG lainnya dengan menyentuh icon basic attack dan skill. Perbedaan terbesar yang Kru KotGa rasakan dari elemen combatnya adalah bagaimana setiap skill dirancang untuk membentuk beragam serangan kombo. Jadi daripada mengandalkan satu skill saja setiap kali bertarung, dalam situasi terdesak kamu bisa menggunakan hingga tiga skill sekaligus yang diikuti atau diawali serangan basic untuk menciptakan kombo baru dengan DPS maksimal.

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview