Review

Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age

Halaman 2

Gameplay yang setia dengan konsep JRPG klasik

Sama seperti seluruh seri sebelumnya, Dragon Quest XI kali ini tetap menawarkan mekanisme gameplay turn-based RPG klasik yang dipadu dengan unsur modern. Animasi serangan karakter terlihat keren dan nyaman dipandang, dan kamu juga bisa mengatur posisi kamera dengan cukup leluasa untuk melihat suasana area pertarungan. Selain mengandalkan serangan fisik biasa, skill atau kemampuan spesial dengan beragam efek keren yang dramatis, ada beragam sistem lain yang membuat gameplaynya terasa lebih strategis. Pertama adalah fitur pergantian karakter yang fleksibel dan memungkinkan kamu untuk merubah gaya bermain hingga menyusun strategi baru dengan cepat.

Misalkan saja saat kamu berhadapan dengan boss kuat dan lebih mengandalkan Erik karena kamu memberikan equipment terbaik di seluruh party, keputusan tersebut tidak sepenuhnya bisa mempermudah jalannya pertarungan karena bagaimana pun juga Erik bukanlah karakter tipe brawler seperti Jade atau Sylvando yang sangat ahli dalam melancarkan serangan fisik terkuat. Skill adalah kunci utama yang membuat setiap karakternya spesial, jadi tidak ada istilah party member yang tidak berguna atau terlalu lemah dalam game ini, karena setiap karakter memiliki peran terbaik yang selalu bisa kamu andalkan.

Baca ini juga :

» Review Final Fantasy VII Rebirth - Masterpiece JRPG Kembali, Nostalgia Pertemanan Cloud & Sephiroth
» Star Ocean: The Second Story r Review
» Review: Sea of Stars
» Final Fantasy XVI
» Forspoken

Selama jalannya pertarungan, nantinya setiap karakter akan memasuki fase dimana mereka akan menjadi jauh lebih kuat. Mode yang dinamai "Pep" ini tidak hanya meningkatkan stats dan memberi bonus attribut untuk karakter saja, namun kamu juga bisa mengakses skill khusus yang juga bisa dikolaborasikan dengan satu hingga seluruh party member secara bersamaan. Sistem ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan limit break yang ada dalam Final Fantasy, hanya saja kamu bisa mempertahankan mode ini selama beberapa pertarungan sampai efeknya benar-benar habis.

Eksplorasi dunia semi open-world yang ditawarkannya berhasil dibangun dengan solid dan bahkan harus Kru KotGa akui lebih baik dari kebanyakan JRPG di pasaran. Selain didesain dengan visual penuh warna yang memanjakan mata, setiap area yang kamu kunjungi memiliki ciri khas yang terasa melekat dan tidak hanya sebatas sebuah area standar untuk melengkapi kekosongan map. Tidak perlu khawatir juga akan random encounter yang sangat menyebalkan, karena setiap monster yang bisa kamu lawan sudah tersebar luas di seluruh area. Walaupun jumlah monster yang berkeliaran terhitung cukup banyak, kamu tidak akan kesulitan untuk menghindarinya dan menentukan monster mana yang ingin dilawan untuk ekstra EXP. Untuk mempercepat perjalanan, kamu bahkan sudah bisa mengendari kuda di seri terbarunya ini.

Dengan semakin bertambah kuatnya karakter, kamu bisa mempelajari beragam skill baru lewat fitur Character Builder yang berisi skill tree kompleks untuk divariasikan. Tidak hanya skill dan kemampuan khusus, attribut karakter juga bisa ditingkatkan melalui fitur ini. Karena setiap karakter dapat menggunakan jenis senjata yang berbeda, nantinya kamu bisa memilih variasi skill berdasarkan opsi senjata mana yang ingin dikuasai. Misalnya saja seperti Hero, dimana dia bisa berfokus untuk memperkuat skill pedang biasa atau greatsword.

Fitur penting lain yang perlu dibahas sendiri adalah camping. Walaupun sederhana, fitur ini memiliki peran penting untuk memulihkan HP dan MP seluruh party yang sudah habis. Jadi saat kamu berhadapan dengan situasi terdesak dan kekurangan supply, camping adalah tempat persinggahan terbaik yang harus dimanfaatkan sesering mungkin, khususnya bagi kamu yang sudah mencapai area level tinggi dan dipenuhi monster berbahaya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview