Review

Red Dead Redemption 2

Halaman 2

Gameplay sederhana, namun kaya akan opsi menarik

Selain melakukan eksplorasi, sebagian besar dari porsi gameplay Red Dead Redemption 2 tentunya melibatkan aksi perburuan serta baku tembak. Dengan banyaknya bahaya yang sering terpicu dimana saja, membekali Arthur dengan persenjataan mumpuni adalah suatu keharusan tentunya. Gunsmith adalah toko utama yang harus kamu tuju untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan seleksi senjata yang disediakan juga sangat beragam mulai dari revolver, pistol, rifle, shotgun dan lain sebagainya. Uniknya, setiap senjata bisa dibeli dengan mendatangi rak atau melihat isi katalog yang memiliki desain serta tampilan UI klasik yang sangat unik. Tidak hanya itu, ada juga penjelasan lengkap serta testimoni dari para pelanggan yang sudah menggunakan beberapa senjata yang dijual tersebut. Gunsmith juga menyediakan opsi untuk memperkuatnya dengan komponen baru atau sekedar mempercantik tampilannya.

Jika sudah mendapat senjata yang diinginkan, maka kamu sudah siap untuk terlibat dalam perburuan serta pertempuran. Pertama mari membahas soal perburuan terlebih dahulu. Untuk aktivitas yang satu ini, kamu bisa memulainya dimana saja asalkan ada binatang yang jadi sasaran. Tidak peduli apakah incaranmu adalah binatang besar yang kaya akan kulit dan daging atau sekedar burung kecil, setiap mangsa yang diburu pasti memiliki nilai dan manfaatnya sendiri. Dasar gameplay dalam berburu sebenarnya sangat sederhana dimana kamu hanya perlu menemukan binatang, cari posisi terbaik untuk menembak, dan lancarkan serangan fatal. Beberapa jenis binatang seperti rusa atau mamalia kecil terkadang memang sulit dibidik karena ketangkasannya, jadi pastikan untuk dapat mengeksekusinya dengan satu tembakan telak yang mengenai kepala. Panah tetap menjadi senjata pilihan terbaik dalam berburu, karena selain memiliki output damage yang tinggi, senjata ini juga tidak mengeluarkan suara yang dapat membuat mangsa di sekitarmu kabur. Setelah berhasil mendapat mangsa, hasil buruan tersebut baik itu daging maupun kulit nantinya dapat kamu jual atau sumbangkan ke camp.

Sekarang beralih ke combat, dan untuk aksi yang satu ini kamu juga tidak akan menemui banyak perbedaan. Bukan hadir tanpa keunikan tersendiri tentunya, karena pihak Rockstar disini telah mengimplementasikan beberapa perubahan baru seperti efek recoil realistis dan system Dead Eye yang telah dirombak penuh. Dead Eye sendiri adalah kemampuan special dimana kamu bisa memperlambat waktu dan mengunci beberapa poin fatal di tubuh musuh untuk selanjutnya dieksekusi dalam waktu sekejap. Tidak hanya saat dalam pertempuran saja, Dead Eye juga sangat membantu dalam beberapa momen krusial seperti saat ingin menyelamatkan sandera yang ditodong, melucuti senjata musuh yang ada di tangan, hingga mengeksekusi gerombolan musuh yang tiba-tiba muncul (Biasanya terjadi saat kamu berusaha dirampok di tengah jalan). Semakin seringnya kamu menggunakan senjata, kemampuannya otomatis juga akan menurun karena tidak adanya perawatan. Merawat senjata untungnya tidak sulit, dimana kamu hanya perlu membersihkannya dengan Oil Gun atau dibawa langsung ke Gunsmith.

Gameplaynya memang sederhana, namun ada banyak sekali opsi yang membuatnya terasa sangat berbeda dan kompleks disaat bersamaan. Namun sayangnya ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan juga. Kekurangan tersebut adalah pengaruh dari unsur realismenya yang terkadang cukup merepotkan dalam beberapa kasus. Contohnya seperti saat menyimpan senjata di saddlebag kuda, pasti ada banyak pemain yang terkadang lupa untuk membawanya saat ingin melakukan penyergapan atau berburu. Walaupun terkesan sepele, namun kamu pasti akan berhadapan dengan momen krusial dan tidak dapat memanggil kudamu untuk mengambil persenjataan. Selain fitur dan gameplay, unsur realismenya juga mempengaruhi sosok Arthur itu sendiri yang terlepas dari statusnya sebagai karakter utama, dia tetap dibuat lemah layaknya manusia biasa yang bisa mati dalam beberapa tembakan saja.

Baca ini juga :

» Review Jade Dynasty: New Fantasy
» Review Elden Ring
» Review Horizon Forbidden West
» Review Vivobook pro 14x OLED M7400Q
» Review Uncharted: Legacy of Thieves Collection

Segudang aktivitas seru yang WAJIB diikuti

Mengandalkan setting dunia yang sangat luas dan hidup, Red Dead Redemption 2 juga menawarkan segudang aktivitas menarik yang wajib untuk dinikmati. Karena sangat banyak, Kru KotGa akan membaginya dalam dua kategori yaitu aktivitas dalam camp serta saat berada di luar. Saat berada dalam camp sendiri, ada beberapa mini game seperti poker, domino serta five finger fillet yang bisa dimainkan bersama anggota geng lainnya. Sejak dulu Kru KotGa sebenarnya tidak begitu tertarik dengan mini game, namun kali ini sensasi yang ditawarkannya benar-benar berbeda. Jadi daripada sekedar bermain, para anggota geng juga saling berinteraksi layaknya teman dekat yang bersenang-senang dan membuat suasan di camp terasa hidup. Selain bermain mini game, terkadang anggota geng juga akan sering menyapa dan mengajakmu untuk sekedar mengobrol hingga mengikuti quest bersama.

Sementara untuk aktivitas di luar camp, Kru KotGa jujur tidak dapat menyebutkannya satu-satu, karena yang jelas ada banyak sekali aktivitas seru yang siap menantimu di setiap sudutnya. Mulai dari berburu, menjalani quest, mencari harta karun, merampok, menjadi pemburu bayaran, mencari rahasia di berbagai tempat misterius, menyergap camp musuh, menjadi debt collector, menonton pertunjukan atau sekedar memancing, setidaknya itulah gambaran kasar dari beragam aktivitas yang siap menyita waktu bermainmu hingga ratusan jam. Walaupun opsional, namun semua aktivitas ini sudah didesain sedemikian rupa agar dapat dinikmati secara maksimal dan tidak membosankan.

Kebebasan yang dimiliki terkadang juga harus diperhatikan, karena bagaimana pun juga kamu berperan sebagai anggota geng dalam game ini. Antara menjadi sosok yang baik maupun jahat, semua keputusan ada di tanganmu dan dampaknya juga akan berimbas pada aktivitas yang dilakukan. Semisal kamu melakukan perampokan dan lupa menggunakan bandana untuk menutupi wajah, maka identitasmu akan mudah dikenali dan hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum poster buronan atas namamu dipampang (Lebih parah lagi tenunya jika hasil yang dirampok tidak sepadan dengan resikonya). Setidaknya itulah imbas yang akan kamu dapatkan saat menjadi jahat, namun jika kamu memutuskan untuk menjadi orang yang ramah dan sering membantu, sayangnya nasib baik tidak akan seterusnya datang menghampirimu.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview