Review

Mobile Royale

oleh: VolkanKaya

Halaman 1

Menyambut datanganya tahun 2019 yang semakin diwarnai persaingan sengit dalam industri game, I Got Games (IGG) nampaknya sudah mempersiapkan perilisan game terbaru untuk perangkat mobile. Diberi nama Mobile Royale, game tersebut mengusung genre MMO-RTS yang memadukan konsep RPG dengan city builder. Tahun lalu, IGG sebenarnya sempat merilis game serupa yang diberi nama Lords Mobile. Namun kali ini mereka berusaha menawarkan pengalaman bermain yang lebih sempurna dan tetap disukai para fans dari game tersebut.

Genre yang diusungnya memang sudah tidak mendominasi seperti dulu lagi di pasaran, apalagi dengan semakin banyaknya game MOBA dan Battle Royale yang bertebaran di mana-mana, rasanya tidak akan mudah untuk kembali membalikan masa kejayaan yang hilang tersebut. Namun terlepas dari tantangan yang ada, Lord Mobile yang kemudian diikuti oleh Mobile Royale ini adalah hasil dari kerja keras IGG untuk mempertahankan eksistensi genre MMO-RTS.

Lalu, apakah mereka berhasil membawakan sebuah pengalaman bermain dan kualitas yang lebih baik di Mobile Royale? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Kru KotGa sudah mendapat kesempatan memainkan gamenya terlebih dahulu dan merangkum impresi lengkapnya yang bisa kamu simak di bawah ini.

Baca ini juga :

» Days Gone
» Sekiro: Shadows Die Twice
» ASUS ROG G703GX, Absolutely Monster!
» Devil May Cry 5, SSStylish Comeback!
» ASUS ROG Strix Scar II GL704GW

Konsep membangun kerajaan yang ekspansif

Sama seperti pendahulunya, di sini Mobile Royale menghadirkan gameplay yang berfokus pada konsep city builder. Saat pertama kali memainkannya, kamu akan disuguhkan dengan beragam aktivitas krusial untuk membentuk sebuah kerajaan. Di sini kamu akan dipandu oleh dua hero, yaitu Saoirse dan Brano. Mereka tidak hanya bertindak sebagai kekuatan militer utama di awal permainan, namun juga penasihat yang kamu perlukan untuk membangun kerajaan impian. Mulai dari terlibat dalam pertempuran, membangun beragam pusat fasilitas hingga pentingnya mengumpulkan sumber daya. Inilah beragam tugas awal yang harus kamu selesaikan sebelum bersiap membangun kerajaan yang sesungguhnya.

Setelah mendapatkan gambaran jelas dari konsep dasarnya, maka dari situlah kamu harus memperhatikan sistem tambahan lain yang diperlukan untuk memaksimalkan daya kerja dan kemampuan kerajaanmu. Sistem ini dikemas dalam sebuah perk tree yang dibagi dalam beberapa kategori mulai dari yang berhubungan dengan pembangunan kerajaan, penelitian teknologi baru, meningkatkan kekuatan militer, dan lain sebagainya. Salah satu contohnya, seperti mempercepat proses kerja saat membangun atau meng-upgrade sebuah fasilitas, yang memang membutuhkan waktu cukup lama.

Sebagai seorang pemimpin, kamu juga memegang kemampuan khusus yang dapat berpengaruh besar bagi perkembangan kerajaan. Kemampuan yang dinamai "Player Talent" iti sebenarnya sama seperti skill tree yang dimiliki Sage Tower, namun kamu di sini hanya dibatasi untuk meningkatkan kemampuan kerja di bidang militer dan ekonomi. Setiap perk membutuhkan Talent Point yang akan bertambah setiap kali karaktermu naik level. Walaupun kamu tidak bisa memaksimalkan satu perk khusus hanya dengan satu Talent Point, namun kamu setidaknya bisa mereset seluruh perk yang sudah dibuka dan memilih skill apa yang lebih berguna untuk ditingkatkan. Misalnya, jika kamu terlalu berfokus untuk meningkatkan produksi ekonomi, maka kamu bisa mengulangnya lagi dan memberikan beberapa poin untuk memperkuat militer.

Bicara soal karakter yang kamu mainkan, di sini kamu masih bisa meningkatkan kekuatannya dengan memberi equipment senjata dan aksesoris yang bisa ditempa maupun didapat secara eksklusif dari reward. Setiap senjata dan aksesoris ini memiliki efek yang krusial dalam memperkuat daya tempur bahkan hingga membantu efektivitas produksi, jadi biasakan untuk selalu aktif melakukan uprade dengan material yang lebih kuat dari waktu ke waktu. Jika kamu masih merasa kurang dengan kinerja kerajaan, nantinya kamu akan mendapat satu senjata rahasia berupa Guardian Dragon. Tidak hanya menjadi senjata pamungkas yang dapat menyelamatkanmu saat berhadapan dengan pertempuran sulit, naga ini juga dapat melindungi kerajaanmu jika diserang oleh pemain lain atau bahkan memberikan blessing berupa reward khusus.

Dari segi presentasi, Mobile Royale menyuguhkan kualitas grafis yang sangat menawan. Tidak hanya dari segi visualisasi saja, kamu bahkan bisa melihat atmosfer kerajaan yang lebih hidup dengan beragam efek mendetail seperti Guardian Dragon yang sesekali terbang dan singgah di Chapel, atau sekedar penduduk yang menjalani pekerjaannya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview