Review

Devil May Cry 5, SSStylish Comeback!

oleh: VolkanKaya

Halaman 2

3 Jagoan yang Stylish

Memanfaatkan kehadiran karakter lama dan baru yang unik, Devil May Cry 5 kali ini menjadikan Nero, Dante dan V sebagai karakter playable yang mendorong jalannya cerita. Sekarang mari kita melihat lebih dalam dan mengulas tiap karakternya. Pertama adalah Nero, karakter utama yang mulai diperkenalkan di seri Devil May Cry 4 adalah demon hunter yang memiliki sedikit kemiripan dengan Dante. Tidak hanya dari segi penampilan seperti rambut putihnya saja, dia juga menggunakan pedang besar dan pistol sebagai senjata utamanya. Pedang besarnya sendiri diberi nama Red Queen yang memiliki cara kerja unik layaknya sebuah mesin sepeda motor (dapat digas untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatannya). Sementara Blue Rose adalah pistol revolver double barrel bermotif bunga dengan daya hancur besar.

Selain mengandalkan persenjataan utamanya tersebut, Nero awalnya juga diberkati dengan tangan iblis Devil Bringer yang memiliki kekuatan besar untuk menghempaskan musuh sebesar apapun layaknya mainan. Kekuatan ini sayangnya telah dicuri oleh Urizen dan memaksa Nero menggunakan tangan mekanikal buatan artisan Nico yang diberi nama Devil Breaker. Ada 8 jenis Devil Breaker yang dapat kamu akses mulai dari Overture, Gerbera, Punch Line, Helter Skelter, Raw Hide, Tomboy, Rag Time dan Buster Arm. Setiap Devil Breaker memiliki variasi kekuatan yang berbeda seperti Punch Line contohnya yang bekerja layaknya tinju berkekuatan roket atau hoverboard terbang. Walaupun kekuatan yang dimilikinya cukup kuat, Devil Breaker sayangnya mudah hancur dan harus sering diganti dengan yang baru.

Sekarang beralih ke karakter selanjutnya yaitu The Mysterious One - V. Sesuai namanya, karakter baru ini memiliki latar belakang dan hawa misterius yang menyelimutinya, namun jika bicara soal gameplay Capcom telah berhasil mengimplementasikan mekanisme yang sangat unik dan berbeda untuk karakter ini. Jadi seperti yang Kru KotGa singgung sebelumnya, V adalah karakter yang mengandalkan kemampuan summon demon saat bertarung, baik itu dalam menghajar musuh maupun melakukan manuver untuk menghindari serangan. Ada 3 demon yang dimiliki V yaitu Griffon, Shadow dan Nightmare. Griffon adalah demon yang memiliki wujud burung dengan kemampuan sihir jarak jauh maupun dekat yang efektif. Berbeda dari Shadow dan Nightmare, demon yang satu ini dapat berbicara dan memiliki pembawaan sifat yang kocak. Beralih ke Shadow, demon yang memiliki wujud panther hitam ini mengandalkan kemampuan serangan fisik yang sangat kuat dan mencakup area luas. Sementara untuk Nightmare, demon terkuat yang hanya bisa dipanggil dengan mengeksekusi Devil Trigger ini memiliki kombinasi serangan fisik dan magic yang mengerikan.

Ketiga demon yang dimilki V memang memiliki kemampuan bertarung yang handal, namun mereka tidak bisa membunuh musuh dan hanya menempatkan mereka dalam posisi sekarat. Pada momen inilah V berperan sebagai algojo untuk membunuh setiap demon yang sudah lemah dan ditandai dengan warna violet pucat. Selain berperan dalam melancarkan serangan akhir, V juga dapat memberikan perintah langsung kepada Griffon dan Shadow untuk menyerang musuh sesuai command serangan, melancarkan sihir seperti menghujani musuh dengan serangan cane, atau mengaktifkan Devil Trigger kepada demon pilihannya yang ingin diberi efek buff atau serangan otomatis. Sebagai ekstra tantangan selain melakukan manuver untuk menghindari serangan yang ada, para pemain juga harus memperhatikan health bar Griffon dan Shadow yang bisa habis jika menerima terlalu banyak serangan. Jika salah satu diantara mereka berada dalam posisi "mati," kamu bisa menunggunya beberapa saat untuk respawn atau mendekatkan V pada posisi saat mereka sekarat untuk mempercepat proses regenerasi. Secara keseluruhan, V adalah karakter yang sangat unik dan memaksa kamu untuk menggunakan gaya bermain yang lebih strategis.

Baca ini juga :

» ASUS ROG G703GX, Absolutely Monster!
» ASUS ROG Strix Scar II GL704GW
» God Eater 3
» Jump Force
» Apex Legends

Sekarang beralih ke karakter paling ikonik di franchise ini yang tidak lain adalah Dante. Untuk sosok pemburu iblis yang legendaris ini, Kru KotGa berhasil dibuat tercengang dengan banyaknya persenjataan yang dapat dipikulnya. Bayangkan saja, Dante memiliki 5 senjata ranged (Ebony & Ivory, Coyote-A, Dr. Faust, Kalina Ann, Kalina Ann II) dan 6 senjata melle (Rebellion, Balrog, Sparda Sword, Cavaliere, King Cerberus, Devil Sword Dante). Tidak hanya memiliki moveset dan variasi skill yang berbeda, setiap senjata juga dapat diakumulasikan dengan skill yang lebih beragam lewat "Style" yang digunakan oleh Dante. Bagi kamu yang masih asing dengan namanya, Style adalah mekanisme yang dapat digunakan Dante untuk mengganti gaya bertarungnya. Ada 4 style yang dapat digunakan oleh Dante dan bisa diganti kapan saja dalam pertarungan yaitu Trickster (skill untuk bergerak cepat baik dalam menutup gap dengan musuh maupun menghindari serangan), Gunslinger (skill untuk memperkuat daya hancur senjata api dan memberikan variasi gerakan baru), Swordmaster (skill untuk memberikan akses kombo yang lebih kuat dan stylish saat menggunakan senjata melee) dan Royalguard (skill untuk memblock serangan musuh atau menangkisnya dengan efek serangan balik yang destruktif).

Jika variasi senjata dan style terasa masih kurang lengkap, Dante juga dibekali dengan Devil Trigger yang dapat merubah wujudnya menjadi demon dan memperkuat kekuatannya dalam waktu terbatas. Nantinya Dante juga bisa mendapatkan akses ke form yang lebih kuat lagi dengan nama Sin Devil Trigger, form yang ditandai dengan bar berwarna merah ini sangatlah kuat dan merupakan senjata pamungkas untuk melawan boss paling tangguh sekalipun. Dengan kekuatan arsenal yang luar biasa ini, bisa dibilang Dante adalah karakter paling kompleks yang bisa kamu temui di game hack and slash manapun. Poin pengenalan yang Kru KotGa rangkum kali ini memang cukup panjang, namun pembahasan seperti inilah yang terkadang dibutuhkan untuk memahami karakteristik dan gaya bermain seperti apa yang dimiliki setiap karakternya.

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview