Review

Sekiro: Shadows Die Twice

oleh: VolkanKaya

Halaman 2

Seribu jalan untuk menjadi Shinobi

Kesamaan lain yang bisa ditemukan di Sekiro adalah keberadaan homebase yang masih dipertahankan. Kuil awal yang merupakan tempat dari sang pengukir memiliki peran yang sama seperti Firelink Shrine di Dark Souls, dimana kamu bisa kembali ke tempat ini dan mendapatkan akses untuk melakukan berbagai upgrade yang nantinya akan Kru KotGa jelaskan lebih dalam.

Sebelum mengeluh akan gameplaynya yang terlalu sulit, perlu diketahui kalau Sekiro: Shadows Die Twice adalah game yang berbeda dari Soulsborne series. Walaupun ada banyak kesamaan yang bisa dilihat antara keduanya, Sekiro adalah game yang menuntut pemain untuk mendalami mekanismenya secara serius. Dalam game ini kamu berperan sebagai seorang Shinobi dengan kemampuan mobilitas tinggi dan sangat lincah. Berbekal kemampuan tersebut saja, pemain bisa memanfaatkannya untuk mencoba berbagai gaya bermain berbeda, baik itu stealth maupun pertarungan jarak dekat yang memanfaatkan kecepatan gerak tinggi.

Porsi gameplaynya sendiri dibagi dalam pertarungan serta ekplorasi. Untuk pertarungan, kamu akan dibekali dengan Katana pendek bernama Kusabimaru dan berbagai Trick Tool khusus dari Shinobi Prosthetic. Peran elemen stealth dalam game ini cukup esensial, karena kamu bisa membunuh musuh secara diam-diam dengan melancarkan "Death Blow." Jika terlibat dalam pertarungan langsung, maka kamu harus bersiap dalam pertarungan adu pedang yang intens. Setiap musuh dalam Sekiro memiliki pertahanan kuat yang sulit ditembus, jadi memberikan efek stagger untuk melancarkan Death Blow adalah cara paling efektif. Untuk melakukannya, kamu harus mengisi bar "Posture" musuh dengan melancarkan dan menangkis serangan secara konsisten. Posture sendiri adalah indikator yang memperlihatkan daya tahan musuh dalam menahan serangan (mirip dengan stamina), jadi jika bar tersebut penuh, maka ada momen selama sepersekian detik bagi kamu untuk menghabisi mereka.

Posture tidak hanya dimiliki musuh saja, karena karakter yang kamu mainkan juga memiliki Posture sendiri. Kamu bisa menggempur serangan dengan menekan tombol Block, namun Posture dari karaktermu akan bertambah lebih banyak daripada melakukan Deflect sempurna. Menangkis serangan memegang peranan yang sangat penting setiap kali kamu dihadapkan pada pertarungan. Karena selain tidak memakan banyak Posture, tangkisan yang sempurna juga bisa membuat musuh terdorong dan membuka peluang bagi kamu untuk melancarkan counter slash atau meningkatkan posture musuh dengan lebih cepat. Jadi seperti yang bisa dilihat, menahan dan menangkis serangan adalah dua aksi yang sangat berbeda di game ini.

Baca ini juga :

» Judgment
» ROG Zephyrus S GX502GW
» Samurai Shodown
» CTR: Nitro-Fueled
» ASUS TUF Gaming FX505DT

Setiap musuh terkadang juga memiliki tiga serangan berbeda yang tidak bisa ditangkis seperti serangan Thrust, Grab dan Swing. Tipe serangan ini selalu ditandai dengan huruf kanji merah yang muncul tepat sebelum mereka melancarkannya, jadi kamu akan memiliki momen sesaat untuk bereaksi dan mengantisipasi serangan yang ada. Serangan Thrust biasanya dapat diantisipasi dengan melancarkan Mikiri Counter atau parry yang memanfaatkan kaki untuk menginjak senjata musuh, serangan Grab dengan gerakan side-step, dan Swing dengan melompat, setidaknya itulah berbagai cara paling efektif yang bisa kamu praktikan.

Jika semua itu masih terasa belum menantang, game ini memiliki beberapa tipe musuh dengan health bar berlapis dan mekanisme pertahanan yang sangat kuat. Contohnya sendiri bisa dilihat dari banyaknya mini-boss yang akan kamu temui di jalan hingga monster tipe spirit seperti Headless yang kebal dengan serangan fisik. Mempelajari kelemahan musuh dan mendalami gaya bermain layaknya Shinobi adalah dua kunci utama bagi kamu yang ingin bertahan di game ini, jadi walaupun ada satu musuh atau area yang terasa mustahil untuk ditaklukan, pasti selalu ada cara berbeda yang hanya bisa dilakukan oleh seorang shinobi sejati.

Kamu bisa meningkatkan kemampuan bertarung serta efek pasif lainnya dengan mengakses skill tree. Kamu bisa membuka skill baru setelah mendapatkan XP skill yang cukup dari musuh yang berhasil dibunuh. Semakin kuat musuh yang kamu lawan, maka semakin besar pula XP skill yang kamu dapatkan untuk mengakses skill yang lebih mahal lagi. Selain skill biasa, Sekiro juga dibekali dengan kemampuan Ninjutsu yang sangat unik dan efektif, namun kamu hanya bisa menggunakan skill tersebut dengan mengonsumsi Spirit Emblem.

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview