Review

Sekiro: Shadows Die Twice

oleh: VolkanKaya

Halaman 3

Shinobi Prosthetic

Selain mengandalkan pengalamannya sebagai shinobi, Sekiro juga dibekali dengan kekuatan barunya yaitu Shinobi Prosthetic. Lebih dari sekedar tangan pengganti, Shinobi Prosthetic memiliki potensi kekuatan yang sangat luas. Kamu bisa menanamkan Shinobi Tool dan menjadikannya sebagai senjata baru mulai dari Loaded Shuriken untuk menyerang musuh dari jarak jauh, Flame Vent untuk menyemburkan bara api yang dapat membakar musuh, Firecracker untuk mengganggu fokus musuh dan melemahkan monster serta binatang, Loaded Umbrella yang dapat menahan serangan kuat musuh dengan perisai menyerupai payung, dan masih banyak lainnya.

Shinobi Prosthetic juga dapat digunakan sebagai Grappling Hook yang memungkinkan kamu untuk mengakses tempat yang lebih tinggi atau jauh dari jangkauan. Alat inilah yang membuat eksplorasi menjadi jauh lebih seru, karena kamu dapat mengontrol karakter dengan lebih bebas tanpa ada batasan ruang yang sempit. Melakukan eksplorasi juga merupakan kunci penting bagi kamu untuk mendapatkan item khusus seperti berbagai macam Trick Tool midsalnya, yang nantinya bisa kamu pasangkan ke Shinobi Prosthetic. Semua area dalam game ini memiliki atmosfer, tipe musuh, rahasia, serta latar belakang berbeda yang unik, jadi kamu tidak akan pernah merasakan momen membosankan saat melakukan eksplorasi.

Semua item penting yang kamu dapatkan nantinya bisa dibawa kembali ke Dilapitated Temple. Homebase utama ini adalah tempat yang memberikan kamu akses ke berbagai fasilitas khusus seperti mengupgrade kemampuan Shinobi Prosthetic atau memasang Trick Tool baru dengan mendatangi sang pengukir, meningkatkan kemampuan Healing Gourd dengan memberikan Gourd Seed ke sang dokter Emma, atau melatih jurus baru dengan berhadapan melawan Undead Soldier.

Kemampuan Shinobi Prosthetic memang sangat berguna dalam membalikan keadaan pada setiap pertempuran sulit, namun kamu tidak bisa selalu menggunakannya setiap saat. Setiap Trick Tool akan mengonsumsi item khusus bernama Spirit Emblem agar bisa digunakan. Item ini bisa didapatkan di beberapa tempat acak, setelah membunuh musuh, atau dengan membelinya lewat Sculptor's Idol atau checkpoint khusus yang mirip dengan "Bonfire" di game ini. Karena bukanlah item yang selalu mudah untuk didapat, kamu tentunya harus memperhitungkan momen paling tepat untuk menggunakannya.

Baca ini juga :

» Judgment
» ROG Zephyrus S GX502GW
» Samurai Shodown
» CTR: Nitro-Fueled
» ASUS TUF Gaming FX505DT

Kematian bukanlah akhir

Mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa menit sebelum kamu disuguhkan dengan tulisan kanji "DEATH" yang terpampang jelas di layar. Kematian adalah sesuatu yang sangat lumrah dalam game Soulsborne, dan Sekiro: Shadows Die Twice juga termasuk salah satunya. Daripada melempar pemain ke checkpoint terakhir, game ini hadir dengan mekanisme uniknya sendiri lewat sistem Resurrection yang memungkinkan karakter untuk kembali hidup satu kali lagi setelah terbunuh. Kekuatan misterius yang berasal dari master Kuro dan mengikat sang shinobi ini memang sangat berguna, namun ada pengaruh negatif yang juga mengikutinya.

Jadi saat karaktermu mati dan kamu terus membangkitkannya secara terus menerus, wilayah Ashina khususnya orang-orang yang memiliki ikatan dengan Sekiro (seperti sang pengukir atau NPC lainnya) akan terkena dampak dari wabah yang dinamai Dragonrot. Penyakit ini muncul saat kekuatan untuk bangkit dari kematian tersebut mengambil energi kehidupan dari seseorang. Karenannya, mereka yang terkena dampaknya akan menjadi semakin lemah dan memperlihatkan tanda-tanda kesehatan buruk seperti batuk yang bercampur darah. Jika sudah muncul, Dragonrot dapat membuat sebagian quest sampingan terhenti sementara dan juga menurunkan kesempatan untuk memperoleh Unseen Aid. Unseen Aid sendiri adalah semacam bantuan yang didapatkan saat karaktermu mati, dimana XP Skill dan mata uang Sen yang kamu dapatkan tidak akan dipotong sebagai penalti. Dragonrot sendiri bisa disembuhkan dengan item khusus bernama Dragon's Blood Droplet, yang nantinya perlu kamu gunakan saat beristirahat di Sculptor's Idol.

Jika Dragonrot bukanlah masalah yang berarti bagimu, kematian secara terus menerus saat berhadapan dengan musuh sulit bisa memberikan perasaan frustasi sekaligus ketagihan. Setidaknya inilah yang Kru KotGa rasakan saat berhadapan dengan beberapa boss seperti Lady Butterfly. Saat berhasil mengalahkan fase pertama dari boss ini, Kru KotGa merasakan sensasi bermain yang sangat seru dan bahkan rela untuk mati lagi agar bisa melawan boss itu lagi. Sensasi ini tidak akan selalu kamu rasakan, karena pasti ada beberapa momen dimana boss yang harus dilawan justru menjadi sangat sulit dan semakin membuat stress. Daripada menurunkan Difficulty, kamu justru bisa membuat game ini semakin sulit dengan membunyikan Demon Bell, yaitu sebuah lonceng raksasa yang dapat melipatgandakan kekuatan musuh.


Kesimpulan

Dibalik perjuangan berat dan banyaknya kematian yang harus ditempuh untuk bisa menikmati Sekiro: Shadows Die Twice, pengalaman bermain yang Kru KotGa dapatkan dari game ini benar-benar sangat mengena. Lebih dari sekedar suksesor Tenchu atau game bertipe Soulsborne yang khas dengan tingkat kesulitannya yang tinggi, Sekiro hadir dengan identitas kuatnya sendiri sebagai game action yang unik, keren, menawan, dan siap menguji skill serta kesabaranmu. Mulai dari pondasi cerita serta gameplay ekspansif yang bisa terus digali hingga akhir, rasanya tidak ada satupun momen dimana game ini absen dari kejutan baru.

Sebagian besar pemain mungkin akan memberikan respon negatif akan tingkat kesulitannya yang tinggi dan tidak ramah dengan pemain baru, namun inilah pendekatan yang sudah menjadi ciri khas dari game besutan From Software, jadi hal tersebut tentunya tidak bisa dikritisi begitu saja. Karena itulah Kru KotGa kesulitan saat mencari kekurangan dari game ini, karena berdasarkan pengalaman bermain dan melihat kualitasnya secara keseluruhan, Sekiro: Shadows Die Twice adalah game yang penuh kesempurnaan. Jadi terlepas apakah kamu penggemar Soulsborne series atau tidak, game yang satu ini wajib kamu mainkan setidaknya satu kali seumur hidup.

Kesimpulan Review: Sekiro: Shadows Die Twice

100KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Jalan cerita yang penuh kejutan
  • Gameplay yang solid dan super keren
  • Setting era Sengoku yang dipresentasikan dengan sempurna
  • Tantangan yang adiktif
  • Segudang opsi gaya bertarung
  • Shinobi Prosthetic dengan seluruh elemen barunya yang unik
  • Soundtrack kelas atas
  • (-) KEKURANGAN
  • Bug yang masih terasa, khususnya dari sudut pandang kamera yang lepas kontrol

(KotakGame)

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview