Review

Judgment

Halaman 2

Kehidupan Detektif Ala Preman

Seperti yang bisa kamu lihat dari penampilannya, Yagami memang sosok detektif yang tidak biasa dan terlihat seperti preman. Penilaian ini memang tidak salah, karena Yagami sendiri memiliki hubungan kuat dengan kelompok yakuza dari keluarga Matsugane, dimana dia merupakan anak angkat sang boss besar Mitsugu Matsugane. Dia memang hidup normal dan tidak berhubungan dengan dunia kriminal, namun dia sudah merasakan kehidupan keras layaknya anggota yakuza. Seorang detektif yang merupakan mantan pengacara berbakat, namun juga ahli bertarung dan memiliki penampilan sangar layaknya preman, inilah yang membuat Yagami sangat menonjol sebagai karakter utama.

Pengenalan cukup dan sekarang mari kita membahas gamenya yang mengambil setting di Kamurocho. Setting tempat ini memang sudah digunakan beberapa kali di seri Yakuza, namun Judgment berhasil merealisasikan distrik hiburan ini dengan atmosfer berbeda. Kamu masih bisa mengunjungi banyak tempat makan, mini-market dan tempat hiburan berbeda. Terkadang saat berjalan-jalan kamu juga bisa terlibat dalam event kecil yang kemudian menjadi quest sampingan, dan tentunya terlibat dalam perkelahian jalanan dengan anggota yakuza dari klan lain yang mengenalimu.

Bicara soal event kecil yang bisa terjadi di penjuru kota, kamu ternyata bisa menjalin pertemanan dengan beberapa NPC yang sebagian besar adalah penjaga rumah makan, toko, atau karakter unik lainnya. Dengan menjalin pertemanan dan menyelesaikan quest yang berhubungan dengan NPC tersebut, kamu akan mendapatkan beragam keuntungan mulai dari meningkatnya reputasi, akses ke menu makanan rahasia (biasanya untuk NPC penjaga rumah makan), serta akses ke lebih banyak side case atau kasus sampingan yang tersedia di kantor pengacara Genda atau markasmu di agensi detektif Yagami. Merasakan kehidupan detektif ala preman inilah yang membuat Judgment terasa unik dan tetap menarik, terlepas apakah kamu sudah memainkan semua seri yakuza sebelumnya atau tidak.

Baca ini juga :

» Tactical RPG Paket Komplit dengan Grafis Super Indah - Review Unicorn Overlord
» Persona 3 Reload Review
» Persona 5 Tactica Review
» Football Manager 24
» Kapan Lagi Main Sonic tapi Bisa Berempat? Cuman di Sonic Superstars!

Gameplay yang Kaya Variasi Unik

Gameplay dalam Judgment dibagi dalam dua segmen yaitu penyelidikan dan terlibat dalam combat. Saat melakukan penyelidikan kasus, biasanya ada banyak skenario atau tugas yang harus kamu jalankan mulai dari mengorek informasi dari berbagai client dan orang penting, melakukan pengamatan lokasi secara manual atau dengan drone, mencari bahan bukti atau foto yang dapat menguatkan dugaan, membuntuti target, melakukan penyamaran, menerobos tempat terlarang, dan masih banyak lainnya. Semua aktivitas ini biasanya juga bisa kamu jumpai di berbagai kasus sampingan yang berhubungan dengan pekerjaan detektif, namun perannya terasa jauh lebih dinamis saat dipadu dengan skenario cerita yang serius di kasus utama.

Walaupun ada beberapa skenario dimana kamu bisa mengambil keputusan seperti pertanyaan apa yang sebaiknya ditanyakan ke target, atau tidak memilih langkah yang seharusnya dilakukan, Judgment sayangnya tidak memberikan konsekuensi berat pada keputusan yang kamu ambil. Cerita akan tetap bergerak secara linear, tidak peduli apakah kamu ingin mendapat kesempatan untuk membuktikan suatu teori. Kebebasan yang dibatasi ini untungnya tidak memberikan pengaruh yang terlalu besar saat Kru KotGa memainkan gamenya, karena alur cerita yang ditawarkan Judgment sangat menarik untuk diikuti dan akan membuatmu semakin penasaran.

Setelah penyelidikan, porsi gameplay kedua dalam Judgment tidak lain adalah combat atau pertarungannya sendiri. Untuk yang satu ini Kru KotGa bisa menemukan banyak persamaan dengan seri Yakuza, dimana kamu selalu berhadapan dengan gerombolan musuh dari berbagai arah dan menghajar mereka secara membabi buta. Walaupun konsep gameplaynya sama, namun Yagami memiliki gaya bertarung unik yang dibagi dalam aliran Crane dan Tiger. Crane adalah aliran bertarung yang mengandalkan serangan kaki yang cocok untuk menghajar gerombolan musuh sekaligus, sementara Tiger adalah aliran bertarung yang lebih kuat dengan tangan kosong, namun lebih cocok untuk berduel.

Kedua aliran bertarung ini dapat diganti secara bebas selama pertarungan berlangsung, jadi kamu bisa menghadapi musuh dengan tipe kekuatan berbeda tanpa masalah. Seiring jalannya permainan, kamu akan mendapatkan SP yang bisa digunakan untuk membuka berbagai skill pasif dan juga teknik bertarung yang baru. Walaupun jalannya pertarungan dalam Judgment cukup mudah, namun kamu tetap akan disuguhkan dengan banyak skenario yang jauh lebih menantang, khususnya saat berhadapan dengan boss yang memiliki HP tebal dan menggunakan senjata asli.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview