Review

Concrete Genie

Halaman 2

Alur Gameplay yang Adiktif

Lalu bagaimana dengan mekanisme melukis dan gameplaynya? Kru KotGa jujur cukup kesulitan untuk membiasakan diri dengan motion control DualShock, namun seiring berjalannya waktu melukis objek menjadi aktivitas yang jauh lebih menyenangkan. Saat mengakses menu melukis dengan menekan L2, kamu akan disuguhkan dengan menu untuk memilih objek apa yang ingin dilukis. Setelah memilih objeknya, kamu hanya perlu memposisikan cursor kuas dan menariknya layaknya menggambar di sebuah kanvas. Objek secara alami akan terbentuk dengan seberapa panjang dan rumitnya tarikan kuas yang kamu eksekusi. Kerennya lagi kamu tidak perlu melakukan tugas ini layaknya seorang perfeksionis, karena hasil lukisan yang keluar akan selalu terlihat menawan. Tapi tentu saja kamu memiliki opsi untuk melukis dengan lebih serius dan menciptakan mahakarya yang lebih menawan lagi.

Selain melukis sebuah pemandangan indah, kamu juga disuguhkan dengan membuat Genie lewat cara melukis juga. Melukis Genie berbeda dari membuat pemandangan biasa, karena kamu hanya dapat melakukannya di beberapa tempat spesifik yang sudah ditandai. Untuk menggambar Genie, kamu akan dibantu oleh rekan Genie kecil yang ada di ransel Ash. Dia akan memberikan Ash akses ke menu utama untuk memilih jenis Genie yang ingin digambar, hingga beragam bagian tubuh lainnya seperti ekor dan antena untuk menghiasi wujudnya.

Melukis tentunya bukan satu-satunya fokus gameplay yang ditawarkan Concrete Genie, karena game ini juga menyuguhkan elemen eksplorasi dan pemecahan puzzle. Untuk eksplorasi kamu bisa menjelajahi seluruh kota Denska dan bahkan mengakses ke berbagai tempat tinggi lewat sistem parkournya yang lumayan solid. Tentu saja kamu tidak selalu bisa bergerak bebas, karena kota ini juga dihuni dengan kelompok remaja pembully yang akan selalu mengejar dan menjahili Ash di setiap kesempatan yang ada. Walaupun terkesan merepotkan, namun keberadaan bully dalam game ini setidaknya memperkuat elemen kehidupan dan perbedaan interaksi yang bisa kamu temukan di dalamnya.

Keseluruhan alur gameplaynya bergerak dengan cukup cepat dan memastikan agar kamu selalu sibuk. Mengejutkannya, game ini juga memiliki semacam sistem combatnya sendiri yang mengharuskan Ash untuk melawan Genie jahat yang mengancam kedamaian dunia lukisan baru yang berusaha diciptakan Ash. Sistem combatnya sendiri cukup unik dan memberikan perubahan alur yang terasa fresh, namun sayangnya Kru KotGa tidak merasakan ancaman atau tantangan yang benar-benar sulit selama berada dalam pertarungan.

Baca ini juga :

» Rise of the Ronin - Review
» Spider-Man: Across the Spider-verse
» The Last of Us Part 1 Remake
» Review realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition
» Morbius

Kesimpulan

Berusaha menawarkan sebuah game petualangan yang dipadu dengan sistem creation unik di dalamnya, Concrete Genie berhasil menawarkan sebuah pengalaman bermain yang magis dan meninggalkan kesan berarti. Game ini memang tidak dibangun dengan fokus jalan cerita dalam ataupun gameplay action yang dominan, namun interaksi antara makhluk hidup dengan lukisan dan bagaimana mereka dapat bersinergi dengan baik rasanya telah melahirkan sebuah harmoni baru yang sulit kamu temui di game manapun.

Mencari kekurangannya juga terasa sulit karena selain dari sistem combat atau aspek gameplay lain yang minim tantangan, Concrete Genie secara keseluruhan sudah terasa solid. Kru KotGa memang tidak bisa merekomendasikannya untuk semua kalangan gamer, namun jika kamu ingin mencari pengalaman yang unik dan berkesan, maka Concrete Genie akan membawamu dalam sebuah petualangan magis yang sulit untuk dilupakan.

Kesimpulan Review: Concrete Genie

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Penyampaian cerita yang solid
  • Sistem melukis yang sangat unik dan seru
  • Pendekatan art style yang menawan
  • Bisa menjadi wadah bagi artis untuk membuat kreasi lukisan dengan bebas
  • (-) KEKURANGAN
  • Combat dan aspek gameplay lain yang minim tantangan
  • Motion control DualShock yang kurang responsif

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview